Tips Mempersiapkan Dana Naik Haji

  • Whatsapp

Mempersiapkan dana untuk naik haji adalah suatu yang lumrah bagi kaum muslimin, karena haji merupakan kewajiban bagi kaum muslim yang mampu. Selain karena kewajiban, haji juga merupakan wisata ruhani yang nikmatnya tiada tara. Banyak kaum muslimin mencita-citakan agar bisa mengunjungi tanah suci mekah dan madinah. 

Tips Mempersiapkan Dana Naik Haji

Bila kamu ingin menyiapkan dana haji atau umroh sejak dini, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai pelaksanaannya, adalah sebagai berikut: 

Pertama, ingat bahwa Haji adalah ibadah bagi yang mampu, baik secara finansial, kesehatan, mengerti ilmunya, serta mempersiapkan biaya bagi yang ditinggalkan (pasangan, anak, dan keluarga). Jika sudah mampu secara finansial dan ada dananya, janganlah ditunda-tunda karena wajib hukumnya. 

Kedua, ongkos Naik Haji (ONH) biasa melalui pemerintah sekitar Rp45juta. Hal ini tergantung nilai tukar mata uang dolar yang berlaku juga termasuk Rp2-5juta untuk biaya Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) sekitar 40 hari ibadah. ONH melalui swasta sekitar Rp60-120juta untuk 21 sampai 27 hari ibadah. 

Ketiga, uang pendaftaran untuk ONH biasa mencapai Rp25juta. Setelah mendaftar, maka kamu harus menunggu kuota. Kuota haji hanya sekitar 210.000 kursi setiap tahunnya dengan 9 embarkasi (embarkasi= tempat pemberangkatan jama’ah haji).

Keempat, Masa tunggu untuk Haji ONH biasa sekitar 9 sampai 12 tahun. Sementara untuk ONH Swasta sekitar 2 sampai 4 tahun.

Memilih Jenis Paket Haji. Saat ini, di Indonesia terdapat dua jenis pake haji, yaitu haji reguler dan haji khusus. Kamu dapat memilih mendaftar paket Haji Reguler atau Haji Khusus. Kedua jenis paket ini tetap menggunakan kuota dari pemerintah. Perbedaa hanya terletak pada fasilitas jamaah Haji selama di Tanah Suci dan konsekuensi biayanya.

Mempersiapkan dana pendaftaran awal. Tentukan pada tahun berapa kamu akan berangkat haji. Jika mau berangkat dengan ONH biasa, kamu harus mempersiapkan dana Rp25juta sebagai uang pendaftaran pada 1 tahun mendatang dengan masa tunggu selama kurang lebih 9 tahun. Dan bila ingin berangkat dengan ONH Plus, maka kamu harus mempersiapkan dana Rp60-120juta pada 8 tahun mendatang. Untuk mempersiapakan dananya, apabila kamu berencana untuk melakukan pendaftaran 3 tahun lagi, maka setiap bulan kamu harus menyetor sekitar Rp750 ribu agar terkumpul saldo awal untuk pendaftaran.

Mengelola dana untuk pelunasan. Setelah nantinya kamu mendapatkan nomor porsi, kamu akan mengetahui estimasi tahun keberangkatan. Jika masih di atas 5 tahun, maka investasi adalah jalan terbaik. Kamu bisa gunakan emas ataupun reksa dana campuran syariah sebagai sarana berinvestasi. Apabila kamu memilih Haji Khusus, cobalah untuk menyimpan dana dalam mata uang USD agar fluktuasi nilai tukar tidak terlalu mempengaruhi kebutuhan biaya Hajimu.

Biaya haji setiap tahunnya akan bervariasi, tergantung pada keputusan pemerintah dan kurs mata uang dolar. Untuk menghitung berapa biaya haji yang dibutuhkan, maka kamu bisa gunakan inflasi standar di angka 10%, agar keuanganmu aman nantinya. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *