Tips Memilih Sepatu Futsal yang Baik

  • Whatsapp

Tips Memilih Sepatu Futsal – Belakangan ini, futsal menjadi salah satu kegiatan olahraga favorit sebagian orang, khususnya kaum adam. Dengan merebaknya hobi tersebut, penjualan sepatu futsal pun turut mewarnai pasar. Berbagai jenis sepatu yang ada mungkin membuat kamu bingung memilihnya.

Tips Memilih Sepatu Futsal yang Baik
Gambar : chexosnews.com

Untuk mempermudah kamu dalam memilih sepatu yang tepat, berikut beberapa tips yang harus kamu perhatikan, sebelum memutuskan untuk membeli sepatu untuk bermain futsal.

Budget

Keterbatasan budget bukan berarti kamu harus memilih sepatu KW. Selain masalah kenyamanan, sepatu KW juga berpengaruh masalah keawetan sepatu. Kamu akan rugi kalau membeli sepatu KW dengan perbedaan harga yang tipis, namun barang yang kamu beli tidak awet. Sesuaikan dengan budget, pilih sepatu lokal atau sepatu impor. Bila kamu memiliki sedikit budget, sepatu lokal adalah rekomendasi tepat.

Sesuaikan dengan bentuk kaki

Beberapa orang mempunyai bentuk kaki melancip ke depan, sedangkan lainnya memiliki bentuk kaki melebar di bagian depan, sesuaikan sepatu yang akan kamu beli dengan bentuk kaki, agar nyaman saat dipakai.

Bobot

Sepatu futsal yang baik haruslah terasa ringan saat dipakai, hal ini ditentukan oleh material bahan sepatu futsal yang akan kamu beli.

Material

Sepatu futsal bisa terbuat dari beberapa bahan, seperti kulit, kain (tekstil), bahan imitasi, dan serat karbon.

Kulit

Meskipun cukup banyak bahan dasar pembuatan sepatu futsal, bahan dasar kulit, masih dianggap sebagai bahan sepatu terbaik. Kelebihan kulit kangguru adalah kekuatan dan kelenturannya yang sangat baik sehingga nyaman digunakan. Selain kulit kangguru, kulit kerbau banyak digunakan untuk membuat sepatu futsal. Namun, kualitas kulit kerbau masih kalah dengan kulit kangguru.

Kain 

Bahan kain memiliki beberapa keunggulan, yaitu lebih ringan, mudah menyerap keringat, dan mudah mengeluarkan panas. Mudahnya pengeluaran panas didukung oleh teksturnya yang berpori.

Imitasi 

Dibanding bahan kulit dan kain, bahan imitasi cenderung kurang baik durabilitasnya. Bahan imitasi pun mudah sobek, terutama bagian jahitan. Perbedaan yang paling mencolok dibanding bahan kulit dan bahan kain adalah kekakuan bahannya.

Serat karbon

Bahan paling baik adalah dari bahan serat karbon karena membuat pengguna merasa nyaman, ringan, dan juga kuat.

Ukuran

Cari ukuran sepatu yang pas dengan kaki kamu, jangan pilih yang terlalu longgar maupun sempit.

Bahan sol

Sepatu yang baik menggunakan pelapis untuk telapak kaki menggunakan bahan lembut, kuat, dan mampu menyerap keringat. Sol juga harus cukup tebal untuk meredam benturan saat kaki bergerak agar terhindar dari cedera. Jahitan juga harus terlihat rapi dan kuat karena jika tidak akan membuat sepatu cepat rusak. Jadi, perhatikan bahan pada bagian sol atau alas sepatu, jangan memilih bahan yang keras, tidak lentur, atau akan licin saat dipakai.

Jenis sol

Sol sepatu harus disesuaikan dengan jenis lapangan yang akan digunakan saat bermain futsal. Mayoritas di Indonesia lapangannya masih menggunakan rumput sintetis. Untuk rumput sintetis pilihlah sepatu yang memiliki pull atau bisa juga yang menggunakan material lebih kasar dari sepatu futsal biasa.

Demikianlah informasi mengenai tips memilih sepatu futsal yang baik untuk diperhatikan. Semoga artikel yang ada bermanfaat bagi Pembaca Cerita Medan dimanapun berada. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *