Lakukan Ini Sebelum Tidur Malam

  • Whatsapp

Tidur adalah kegiatan rutinitas dalam kehidupan manusia. Setelah beraktivitas penuh dalam satu hari, malam hari merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah.  Namun ada banyak hal yang dapat mengganggu tidur, yang mengakibatkan seseorang masih merasa lelah dan mengantuk saat bangun di pagi hari.

Lakukan Ini Sebelum Tidur Malam

Tips Sebelum Tidur Malam

Supaya kamu tidak mengalami tidur  malam yang sia-sia, maka dihindari beberapa hal berikut agar kamu bisa bangun dalam keadaan segar di pagi harinya. 

Matikan semua perangkat elektronik

jika kamu termasuk orang yang terhubung dengan alat elektronik seperti televisi, laptop, atau ponsel sebelum tidur, maka segera tinggalkan kebiasaan buruk ini. Kebiasaan tersebut tidak baik, karena cahaya dari layar dapat menghentikan perkembangan melatonin dalam tubuh kamu. Melatonin adalah hormon yang membantumu tertidur di malam hari. 

Kurangi minum

Bahkan air putih yang baik untuk tubuhmu sekalipun, sebaiknya tidak dilakukan sebelum tidur, karena akan menyebabkan kamu harus ke kamar mandi saat akan tertidur, atau tengah terlelap di malam hari. Ini tentu akan merusak ketenangan tidurmu.

Membaca buku 

bagi sebagian orang, kegiatan membaca sebelum tidur, justru membuat otaknya terus bekerja saat ia terlelap. Otak akan terus bekrja mengolah informasi yang di dapat dari kegiatan membaca sebelum tidur. Ini tentu akan membuat tidur menjadi terganggu dan mengakibatkan kamu mengantuk, meski baru terbangun di pagi harinya.

Bekerja

sama seperti membaca, bekerja sebelum tidur dapat merangsang otak. Hal ini juga menyebabkan kamu stres. Dan kamu pun akan kesulitan untuk tidur.

Jangan berolah raga

Kegiatan olah tubuh sebelum tidur akan meningkatkan suhu tubuh. Ini membuatmu menjadi lebih sulit tidur. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari atau di sore hari.

Jangan mandi air panas 

Mandi air panas atau mandi bakal menaikkan suhu tubuh. Mandi dengan air panas atau dengan air biasa dapat membuat dirimu lebih beristirahat dan bersantai. Namun, seperti olahraga, suhu tubuhmu akan meningkat. Meningkatnya suhu tubuh, akan membuat kamu merasa terlalu panas atau berkeringat. 

Nah, berikut ini kebiasaan sehat yang dapat kamu lakukan sebelum tidur:

Rapikan Kembali Tempat Tidur Kamu

Merapikan sprei dan menghilangkan debu pada sprei sebelum berangkat tidur tentu sangat dianjurkan. Butiran debu lembut yang menempel di sprei tentu tidak baik untuk pernafasan kamu. 

Rilekskan Tubuh Dan Pikiran Lebih Awal

Sebelum kamu tertidur, ada baiknya baringkan dulu tubuhmu setengaj jam sebelum waktu tidurmu, untuk membuat tubuhmu menjadi rileks. Bila kamu biasanya tidur di jam 21.00, kamu bisa mulai berbaring di atas tempat tidur mulai jam 20.30.

Aktifkan Alarm Untuk Bangun Pagi

Agar kamu tidak terlambat bangun dan bisa memulai hidup sehat, seperti berolahraga pagi dan mandi pagi.

Matikan Atau Redupkan Lampu Kamar Kamu

Menggunakan lampu yang redup sangat baik untuk kesehatan tubuh dan membuat tidur malam kamu lebih pulas dan nyenyak. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *