PT Inalum (Persero) Perbaiki Jalan di Desa Silalahi III Kabupaten Dairi

  • Whatsapp

PT Inalum (Persero) selaku BUMN termuda di tanah air kembali memberikan bantuan kepada masyarakat di kabupaten/kota sekitar perusahaan. Kali ini bantuan berupa perbaikan jalan di Desa Silalahi III Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi. Jalan yang diperbaiki tidak panjang, namun manfaatnya sangat dirasakan masyarakat sekitar.

Perbaikan jalan tersebut diserahterimakan oleh PT Inalum kepada Camat Silahisabungan, Edison Siringoringo disaksikan kepada desa dan warga setempat pada Jumat (13/2) lalu. Acara itu digelar sederhana di Kantor Camat Silahisabungan yang terletak di atas bukti. Dari PT Inalum hadir Deputy GM Umum dan CSR, Djoko Laksono bersama Manajer Pemberdayaan Masyarakat, Arfan Iqbal Harahap dan Junior Manajer Internal Audit, Arif Wibowo.

Read More

Gambar : Pihak PT Inalum dan pihak kecamatan Silahisabungan bersama masyarakat berfoto bersama di sela-sela penyerahan bantuan perbaikan jalan

Jalan yang diperbaiki adalah jalan setapak yang panjangnya kurang lebih 750 meter ke arah Kantor Camat Silahisabungan. Nah, di samping kanan dan kiri jalan itulah masyarakat setempat banyak bertanam bawang. Dulu, sebelum diperbaiki, jalan tersebut begitu terjal sehingga sulit dilalui. Bahkan kendaraan tidak bisa melintasi jalan tersebut.  

Kondisi itu membuat petani bawang kesulitan membawa hasil panen ke bawah. Maka itu, pihak kecamatan meminta PT Inalum untuk membantu perbaiki. Pihak Inalum lantas menyerahkan bantuan untuk perbaikan jalan itu dengan dana Rp100 juta yang dikucurkan tiga tahap. Pengerjaan dilakukan sejak November 2014 dan selesai Januari lalu sehingga bisa dimanfaatkan oleh para petani bawang.

“Syukur sekarang masyarakat senang bisa kembali bertani. Di sini memang yang cocok ditanami bawang. Kini dengan kondisi jalan yang bisa dilalui, para petani semangat untuk membawa hasil panennya ke luar,” terang Camat Silahisabungan, Edison Siringoringo.

Puluhan lebih yang bertani bawang di sekitar jalan ini, lanjut Edison, karena sifatnya tanah warisan, mereka menanam setapak-setapak, namun mayoritas memang menanam bawang.

Kepala Desa Silalahi III, Rincon Situngkir juga menjelaskan bahwa bantuan ini memang bermanfaat banyak bagi masyarakat sekitar. “Kami memang sangat merasakan efek dari bantuan jalan ini. Namun ke depan kami harap PT Inalum tak berhenti membantu jalan saja, karena masih ada pembangunan yang butuh bantuan,” harap Rincon.

Deputy GM Umum dan CSR, Djoko Laksono mengatakan kepada Camat Silahisabungan agar tak sungkan menyampaikan jika ada yang butuh uluran bantuan. Ke depan, bantuan dari perusahaan penghasil aluminium tersebut bisa dikembangkan sesuai kebutuhan masyarakat dan ketersediaan dana perusahaan.

“Kami harap apa yang kami berikan ini walaupun sedikit bisa bermanfaat. Karena memang itulah harapan kami dari perusahaan,” kata Djoko Laksono.

Arfan Iqbal Harahap menambahkan, pelaksanaan perbaikan jalan ini diserahkan sepenuhnya oleh pihak kecamatan. Selanjutnya pihak kecamatan memperbaiki dengan memberdayakan masyarakat sekitar. Jenis perbaikannya adalah penimbunan, pengaspalan serta pelebaran jalan.

“Pengerjaan perbaikan jalan dilaksanakan oleh kecamatan dibantu masyarakat setempat. Bantuan ini adalah salah satu program pemberdayaan masyarakat PT inalum di sekitar Danau Toba. Mudah-mudahan benar-benar bermanfaat,” timpal Arfan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *