Mudahkan Kerja Petani, PT Inalum Beri Mesin Semprot Hama

  • Whatsapp

PT Inalum (Persero) kembali datang ke Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi, Rabu (18/2) lalu. Setelah membantu perbaikan jalan di daerah tersebut, PT Inalum kembali datang untuk membantu petani bawang. Kali ini dengan menyumbangkan mesin semprot.

Bertempat di Kantor Camat Silahisabungan Desa Silalahi 3 Kabupaten Dairi, sebanyak 30 petani hadir. Sebanyak 30 petani ini mendapat bantuan mesin semprot hama sumbangan PT Inalum.

Read More

Sebelum memutuskan memberi alat semprot ini, pihak PT Inalum menyerahkan sepenuhnya pengadaan kepada pihak kecamatan. Lantas Camat Silahisabungan Edison Siringoringo berembuk dengan kelompok tani setempat untuk menentukan alat pertanian apa yang paling dibutuhkan. Dari hasil musyawarah itulah dipilih untuk memberi alat semprot hama bermesin. Selama ini mayoritas petani bawang di daerah Silahisabungan masih menggunakan mesin semprot hama manual.

“Kalau dulu pakai yang manual, cepat sakit bahu kalau lama kita pakai. Dibantu alat semprot mesin seperti ini jelas sangat membantu. Terimakasih dan syukur kepada PT Inalum atas bantuan ini,” kata Jonipar Sitanggang, salah satu petani.

Petani yang dibantu datang dari Desa Silalahi 3 hingga Desa Paropo. Delmawati, salah satu petani dari Paropo juga menyampaikan terimakasihnya. “Memang kebutuhan kami para petani adalah mesin semprot ini. Jadi apa yang diberi Inalum sesuai dengan kebutuhan kami. Kini pekerjaan kami lebih mudah,” katanya.

Camat Silahisabungan, Edison Siringoringo membenarkan bahwa bantuan alat pertanian berupa mesin semprot hama ini tepat sasaran. “Kita tanya dulu kepada para petani, apa yang saat ini paling dibutuhkan. Kita juga mendata petani mana saja yang layak diberi bantuan terutama yang petani kecil. Setelah didata kita rembukkan apa yang dibutuhkan. Dan inilah hasilnya,” kata Edison.

Kepada para petani yang diberi bantuan, Edison berpesan agar mesin tersebut dirawat dan dipakai sebaik-baiknya. “Jangan dijual. Karena ini bantuan yang diberikan untuk meningkatkan penghasilan petani. Apa yang kita lakukan ini sesuai dengan arahan Bupati untuk bekerja kepada rakyat dan meningkatkan kesejahteraan kita semua,” lanjut Camat.

Deputy GM Umum dan CSR Djoko Laksono yang diwakili Manajer Pemberayaan Masyarakat, Arfan Iqbal Harahap, Comdev Official dan operator, M Iqbal dan Fahmi Hidayat menjelaskan dalam sambutannya, program ini merupakan salah satu kerja di unit Pemberdayaan Masyarakat Inalum. dan program CSR ini ditujukan kepada masyarakat yang berada di sekitar Danau Toba.

“Bantuan yang kita berikan selalu melalui survei apa yang paling dibutuhkan. Dan untuk pengerjaannya, bantuan alat pertanian ini kita serahkan kepada pihak Kecamatan. Karena mereka yang memahami setelah sebelumnya berdiskusi juga dengan petani,” kata Arfan.

Sebelumnya, PT Inalum juga memperbaiki jalan di sekitar Kantor Camat sepanjang 750 meter. Perbaikan jalan itu sangat penting bagi petani bawang setempat. Sebelum diperbaiki jalan tersebut sulit dilalui kendaraan. Sehingga petani kesulitan bercocok tanam dan membawa hasil panennya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *