Minuman Yang Harus Dihindari Saat Dehidrasi

  • Whatsapp

Pernahkah kamu mengalami dehidrasi? Atau kamu pernah, namun tidak sadar telah mengalaminya? Dehidrasi adalah kondisi dimana kamu merasa sangat haus dahaga, bahkan saat kamu minum sangat banyak pun tenggorokan kamu tetap terasa kering. Kondisi ini biasa terjadi saat cuaca panas, atau saat tubuh kamu terasa panas, dan kamu kurang mengonsumsi air putih. Nah, ketika cairan tubuh menurun drastis, berbagai organ, sel, serta jaringan tubuh gagal berfungsi dengan semestinya, dan akhirnya bisa mengarah pada komplikasi fatal. Apabila kondisi itu tidak segera diperbaiki, tubuhmu dapat mengalami shock. Kondisi ini lah yang membuat tubuh semakin lemah, bahkan berujung pada kematian.

Read More

Minuman Yang Harus Dihindari Saat Dehidrasi

Beberapa kondisi yang membuat tubuh dehidrasi adalah:

Berkeringat

Saat cuaca sedang panas, kelenjar keringat menjadi aktif dalam mengeluarkan cairan dari tubuh sebagai upaya untuk mendinginkan kembali suhu tubuh. Semakin banyak keringat yang dikeluarkan, semakin banyak pula penguapan suhu panas yang terjadi sehingga suhu tubuh menurun, dan beresiko mengalami dehidrasi. Istilah medis bagi kondisi berkeringat berlebihan adalah hyperhidrosis.

Penyakit

Penyakit apapun yang menyebabkan muntah-muntah atau diare dapat menjadi penyebab dehidrasi. Ini dikarenakan muntah dan diare membuat banyak cairan serta elektrolit penting dalam tubuh terbuang. Elektrolit merupakan mineral yang berguna untuk mengontrol otot, kimia darah, dan fungsi organ. Mineral ini terdapat pada darah, urin, maupun cairan lain di tubuh yang sangat mungkin menghilang akibat muntah-muntah dan diare.

Demam

Apabila demam, Anda akan kehilangan cairan melalui permukaan kulit sebagai upaya menurunkan temperature tubuh. Sering kali, demam membuat Anda berkeringat berlebihan yang mengarah pada dehidrasi jika cairan tubuh tidak segera diganti.

Buang Air Kecil

Membuang urin adalah proses alami tubuh untuk melepaskan racun-racun dari dalam tubuh. Ada beberapa kondisi yang mempengaruhi keseimbangan kimiawi tubuh dapat membuat pengeluaran urin jadi lebih dari biasanya. Apabila tidak cukup banyak minum air, Anda sangat mungkin mengalami dehidrasi.


Jika merasa haus berlebihan alias dehidrasi, lebih baik jangan langsung mengonsumsi cairan untuk mengembalikan kebugaranmu.Beberapa minuman mungkin dapat mengatasi rasa haus dengan cepat, namun juga lebih banyak memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Berikut jenis minuman yang buruk jika dikonsumsi saat kamu sedang dehidrasi:

1. Minuman manis

Kamu mungkin tidak lagi merasa haus setelah minum minuman manis, seperti sari buah, soda, atau sirup. Tetapi minuman tersebut sarat dengan kalori.


Cobalah tambahkan rasa yang alami pada air putih. Misalnya menambahkan perasan air sari lemon atau jeruk nipis ke dalam air putih, selain membuat rasanya lebih enak, kamu juga dapat segera mengobati dehidrasimu.

2. Jus buah dan sayuran

Jus buah dan sayuran memang dapat menyegarkan kembali tenggorokan yang kering karena dehidrasi, ditambah dengan manfaat vitamin dan mineral. Tetapi jus juga mungkin menyumbangkan kalori yang berlebihan bila ditambahkan dengan gula. Akan lebih baik jika kamu makan buah-buahan tersebut secara utuh, misalnya tomat, semangka, dan jeruk yang kaya akan kandungan air dan serat yang penting

3. Minuman energi

Minuman energi mengandung gula dalam jumlah besar dan tinggi kandungan kafein, yang mungkin menimbulkan risiko kesehatan. Daripada mengusir haus dengan minuman energi, kamu dapat memilih susu sebagai gantinya. 

4. Alkohol

Alkohol memang dapat mengobati rasa haus, tetapi bukannya mengusir dehidrasi, alkohol dapat menyebabkan rasa haus setelahnya.

Demikian artikel mengenai Minuman Yang Harus Dihindari Saat Dehidrasi, semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda pembaca Cerita Medan dimanapun berada.(CM01/HindahSumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *