Dari Medan Menuju Pulau Lombok #LoveLombok

  • Whatsapp

Perjalanan Wisata Pulau Lombok tentunya menjadi destinasi yang banyak diidamkan banyak orang. Pulau yang berada di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara ini terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa.

Love Lombok

Read More

Dalam artikel Medan-Lombok kali ini, CeritaMedan akan menceritakan sedikit tips dan informasi dalam perjalanan ke Lombok, baik itu pengalaman sendiri serta informasi dari banyak kawan dan sumber lain yang dianggap penting. Untuk sampai ke Pulau Lombok, dari Medan Anda bisa menaiki pesawat langsung ke Lombok atau menuju Surabaya, kemudian sambung naik pesawat menuju Lombok. Seperti yang telah CeritaMedan.com lakukan saat bersama-sama dengan XL National Media Gathering Lombok 25-27 Februari 2015.

Dari Medan Menuju Pulau Lombok
Pantai Senggigi

CeritaMedan.com berkesempatan mengikuti gathering akbar dari XL tersebut tentunya dengan rasa bahagia yang luar biasa bisa berkunjung ke Pulau Seribu Masjid itu.

Untuk hitungan waktu keberangkatan Medan Lombok membutuhkan waktu tiga jam lebih. Transportasi yang dilalui adalah dari Medan ke Surabaya dengan pesawat Garuda Indonesia estimasi waktu 2 jam 45 menit dan lalu dari Surabaya ke Lombok membutuhkan waktu tidak terlalu lama karena jaraknya yang dekat. Keberangkatan kali ini menggunakan pesawat Bombardier CRJ 700 milik Garuda Indonesia yang ukurannya lebih kecil. Baru kali ini tahu bahwa pesawat Garuda Indonesia ada yang berukuran kecil juga. Namun begitu, setidaknya hal tersebut menjadi informasi tambahan yang berharga dalam perjalanan CeritaMedan Medan-Lombok. Karena banyak informasi lainnya yang akan diinformasikan ditulisan ini.

Sedikit bercerita mengenai destinasi awal ke Lombok berkat ajakan PT XL Axiata kepada CeritaMedan, tentu ini menjadi pengalaman berharga sehingga menjadi suatu apresiasi yang patut untuk dituliskan. Begini cerita selanjutnya..

Perjalanan lebih tiga jam melalui udara tersebut akhirnya membawa kami (wartawan-wartawan dari 73 media seluruh Indonesia, red) menuju Restaurant Ujung Landasan untuk makan siang, selanjutnya diikuti kegiatan SME Lombok Goes Mobile, penandatanganan kerjasama antara XL, Dinas Kebudayaan & Pariwisata NTB dalam hal pengembangan ekonomi lokal lombok barat. Sampai di sore harinya menuju Sheraton Hotel untuk beristirahat.

Dipandu oleh MC hebat duet Jodi dan Edwin tak menjadikan malam itu sepi, malah tawa dan kekocakan mereka menjadikan malam seru di Senggigi Beach semakin wah!

Hingga acara malam harinya yakni tentang Outlook 2015 XL dengan visi lanjutan mengenai upaya untuk memacu penyediaan internet cepat ke pelosok negeri. Yang mana CeritaMedan berkesempatan ikut dalam program XL #LoveLombok bersama jajaran Direksi XL Axiata di hamparan Sheraton Senggigi Beach hingga malam menutup kebersamaan yang ada. 

Jajaran Direksi XL @ Lombok

Hari kedua XL National Media Gathering 25-27 Februari 2015, pagi hari CeritaMedan serta tim wartawan lainnya menuju Kp. Nelayan Pondok Perasi, Ampenan terkait XL Luncurkan Layanan mFish untuk nelayan yang juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, Wakil Gubernur Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) H. Muh Amin dan Wakil Presiden Direktur XL, Dian Siswarini.

Banyak kegiatan lainnya seperti XL Dukung Pemda NTB untuk pengembangan kota pintar Xmart City, Amazing Race yakni game yang dibuat sebagai syarat terbentuknya keakraban sesama wartawan. ‘Water Tubing’ menyusuri arus air dengan sebuah ban dalam bekas sebagai pelampung yang dilakukan disaat hari gelap, dingin, sendiri, jarak antar kawan berjauhan. Nyali sangat tertantang selama menjalani arus yang bergelombang ditemani kunang-kunang yang menerangi dalam perjalanan. Ada yang terbalek-balek, mungkin karena keseimbangan yang tidak terjaga, atau karena ketakutan yang begitu tinggi dan mungkin juga karena arusnya yang deras. Bisa dibayangkan betapa amazingnya acara itu..

Malam harinya, berkesempatan berkunjung ke Museum Lombok. Yang serunya adalah, museum tersebut buka pada malam hari untuk kali pertama sebagai penghormatan atas kedatangan para kawan-kawan media yang membantu penyebaran informasi tentang Wisata Lombok, Nusa Tenggara Barat tentunya.

Dari beberapa destinasi di Lombok, selama dua hari ternyata belum bisa untuk merasakan semua tempat wisata di Lombok. Untuk itu, disini CeritaMedan akan menambahkan informasi yang menarik dimana saja destinasi Wisata Lombok.

Destinasi Wisata di Lombok

Tak kalah dengan Pulau Bali, Pulau Lombok kini semakin dikenal sebagai destinasi pariwisata yang menjanjikan. Kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat, menyimpan banyak pesona. Potensi pasar pulau yang menjadi ikon Nusa Tenggara Barat inipun tak dapat dipandang sebelah mata. Maklum, karena Lombok adalah tujuan utama wisata di Indonesia, setelah Bali tentunya. Banyak lokasi yang sangat menarik untuk dikunjungi, di antaranya pesona pantai yang menawan, mata air awet muda yang konon cuma dipakai raja-raja, atau sentra kerajinan perhiasan mutiara. Sebagai destinasi yang banyak dilirik wisatawan domestik dan mancanegara, Lombok semakin memiliki daya tarik tinggi tak hanya bagi wisatawan, juga para investor.

Di Lombok, Anda bisa menemukan budaya Bali, tapi tidak ada budaya Lombok di Bali. Warna alam Lombok yang memanjakan setiap mata yang hadir melihatnya, sering dijadikan sebagai tempat wisata alternatif dari Bali, yang menawarkan tempat wisata yang tidak kalah bagus dari Bali. 

Saat berada di Lombok, ada beberapa tempat yang harus Anda kunjungi.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah ikon wisata sekaligus tempat wisata di Lombok yang paling terkenal. Dengan ketinggian lebih dari 3,700 meter, Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Gunung Rinjani juga mempunyai nilai spiritual tersendiri, karena dianggap tempat tinggal dari pada dewa, oleh masyarakat penganut agama Hindu.

Taman Narmada

Taman Narmada adalah replika mini dari Gunung Rinjani. Taman Narmada berlokasi di Desa Lembuak, sekitar 10 KM di sebelah timur kota Mataram, yang dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727. Taman Narmada memiliki sumber mata air dari Gunung Rinjani yang dipercaya dapat membuat  awet muda bila Anda membasuh muka dan meminumnya.

TETEBATU, LOANGGALI, TIMBENUH DAN LEMOR. 

Tempat peristirahatan pegunungan ini terletak di Lombok Timur yang menampilkan pemandang hijau mempesona. Di Tetebatu terdapat jalur jalan yang melintasi persawahan dan ladang menuju hutan lindung dimana komunitas monyet hitam dan spesies burung langka dapat dilihat.  Penampilan seni tari tradisional yang diperankan masyarakat setempat juga sangat mengesankan. Dataran tinggi Timbenuh menjadi tempat yang paling tepat untuk menyaksikah setengah Pulau Lombok dengan panorama pemandangannya yang indah dan juga hamparan Selat Alas sampai Pulau Sumbawa. Dalam perjalanan menuju Lemor Anda akan melewati makam Raja Selaparang, Raja kerajaan Muslim pertama di Lombok.

Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong mempunyai latar belakang pemandangan Gunung Agung dan Selat Lombok yang sangat indah, terutama pada saat matahari tenggelam. Pura Batu Bolong terletak di daerah Senggigi, Lombok. Pura Batu Bolong berada di atas sebuah batu karang berwarna hitam yang menjorok ke arah laut. Di bagian tengah batu karang ini terdapat sebuah lubang, sehingga pura ini dinamakan Pura Batu Bolong. 

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi berlokasi di bagian barat Pulau Lombok. Pantai Senggigi mempunyai suasana yang mirip dengan Pantai Kuta di Bali, namun mempunyai ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk kegiatan berenang dan snorkeling. Pantai Senggigi mempunyai fasilitas penunjang wisata, seperti restoran, hotel, bar, sarana transportasi, penjual pulsa, dan lain-lain yang sangat lengkap.

Bergaya Foto di Senggigi Beach – Sheraton Hotel

Seperti di Sheraton Hotel tepatnya hamparan pantai dengan lautnya yang biru, sangat cocok untuk Anda berlibur dan berfoto-foto selfie.

Pantai Kuta Lombok

Tidak hanya ada di Bali, melainkan juga ada di Lombok. Wisata utama di pantai ini adalah selancar karena ombaknya yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Wisata lain yang dapat dilakukan di Pantai Kuta Lombok di antaranya: memancing, menyelam, snorkeling, berkuda, dan lain-lain.

Pantai Sire

Pantai Sire berjarak kurang lebih 35 KM dari kota Mataram. Pantai Sire menawarkan aktifitas wisata yang cukup beragam, seperti berenang, snorkeling, bermain kano, dan memancing. 

Gili Trawangan

Gili Trawangan sebuah pulau yang masih terjaga habitatnya. Tidak ada transportasi mesin apapun di pulau ini, tidak ada motor, apalagi mobil. Juga tidak ada anjing-anjing liar yang berkeliaran di jalanan seperti di Bali. Benar-benar bebas polusi. Kegiatan wisata yang paling favorit di Gili Trawangan adalah wisata menyelam, snorkeling, selancar, dan yoga.

Yang menjadi perhatian CeritaMedan adalah Gili Trawangan untuk sampai ke Gili Trawangan, dari Medan Anda bisa menaiki pesawat langsung ke Lombok, atau menuju Jakarta, kemudian mengambil transportasi menuju Denpasar, Bali. Para backpaker biasanya mencapai Lombok melalui Bali. Anda bisa menuju Denpasar, Bali dengan menumpang KA ekonomi. Dari Jakarta, Anda bisa memulai rute di Stasiun Pasar Senen. Ada dua jalur yang bisa ditempuh, yakni jalur utara dan selatan. Jalur utara bisa ditempuh dengan KA Kertajaya yang berangkat dari Stasiun Tanjung Priok sekitar pukul 15.20 Wib menuju Stasiun Pasar Turi. Sedangkan untuk jalur selatan, Anda bisa menggunakan KA Gaya Baru Malam dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Surabaya Gubeng.

Perjalanan Jakarta-Surabaya dengan kereta api ekonomi membutuhkan waktu sekitar 16 jam. Jika naik KA Kertajaya, Anda harus meneruskan perjalanan menuju Denpasar dari Stasiun Gubeng. Dari Stasiun Pasar Turi ke Stasiun Gubeng naiklah angkutan umum berwarna hijau dengan tarif Rp. 4000. Jika naik KA Gaya Baru Malam, Anda harus bermalam di Surabaya karena kereta ini tiba pada dini hari, sehingga ada waktu luang beberapa saat selagi menunggu KA Mutiara Timur. Kereta ini akan membawamu ke Banyuwangi dan menyediakan bus ke Denpasar dengan biaya sekitar Rp150 ribu. 

Alternatif lainnya adalah dengan menumpang KA Ekonomi Sri Tanjung yang berangkat dari Jogjakarta pukul 07.30 WIB menuju Banyuwangi. Sesampainya di Stasiun Banyuwangi Baru kira-kira pukul 23.30 Wib, Anda bisa berjalan kaki ke Pelabuhan Ketapang dan berangkat dengan kapal Feri dengan biaya Rp6 ribu per orang. Penyebarangan Ketapang – Gilimanuk tetap buka hingga malam, jadi Anda tidak perlu khawatir harus menunggu lama. Sesampainya di Pelabuhan Gilimanuk, Anda harus meneruskan perjalanan menuju Terminal Ubung Denpasar dengan bus bertarif mulai Rp. 15 ribu hingga 25 ribu tergantung jenis bus, berAC atau tidak. Sesampainya di Denpasar, Anda harus menuju Pelabuhan Padang Bai. Atau jika ingin cepat, Anda bisa menumpang bus langsung dari Gilimanuk ke Padang Bai dengan tarif Rp40 ribu. Perjalanan selanjutnya adalah menyeberang dengan kapal feri dari Padang Bai ke Mataram via Pelabuhan Lembar Lombok dengan waktu tempuh sekitar 5 jam.

Ketika sampai di Mataram, supaya menghemat, Anda bisa menyewa motor di Mataram untuk melakukan perjalanan selanjutnya menjelajahi objek wisata di Lombok. Anda bisa menempuh perjalanan dari Mataram menuju Gili Trawangan via Pelabuhan Bangsal Lombok Utara. Penyebarangan dari pelabuhan bangsal ke Gili Trawangan membutuhkan waktu sekitar 40 menit dengan menumpang boat bertarif Rp.10 ribu per orang. Di situ, jangan lupa, titipkan motormu di pelabuhan Bangsal, karena Gili Trawangan bebas dari kendaraan bermotor.

Sesampainya di pulau paling esksotis di Lombok ini,  ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan disini. Snorkling, diving, bersantai di bibir pantai, mengelilingi pulau dengan sepeda atau cidomo, menikmati wisata kuliner atau hiburan malam disini. Semuanya patut di coba jika Anda ingin merasakan sudut “surga” di pulau ini. 

Sebenarnya, ada banyak sekali gili-gili yang tersebar di sekeliling pulau besar ini. Tapi yang paling terkenal adalah tiga gili yang berada di wilayah Lombok Utara yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Anda bisa mencoba menyusuri ke tiga pulai nan indah ini. Panorama laut dan pantainya begitu memukau. 

Banyak sekali pantai-pantai dengan pemandangan menakjubkan terutama di bagian utara – timur pulau. Pasir putih yang lembut (kadang kita juga bisa menemui pasir berwarna pink), air laut yang benar-benar sangat biru seperti di-photoshopped dan pecahan karang-karang kecil yang unik tergerus dibawa ombak ke bibir pantai adalah privilege yang memanjakan untuk terus main berlama-lama di pinggir pantai, walaupun sinar  matahari juga semakin terik memanggang kulit. Di sisi barat pulau, kondisinya agak kontras. Lautan pasir menghampar di sepanjang jalan. Tanah di sisi ini memang kering, abrasi terlihat di hampir sepanjang pesisir pantainya. 

Gili Trawangan juga memiliki beberapa spot yang bisa dijadikan tempat snorkeling. Di dekat spot ini biasanya terdapat pos-pos penyewaan alat-alat snorkel dan life vest. Kalau mau paket “murah meriah” kita bisa ikut tur snorkeling. Hanya membayar sekitar Rp. 100 ribu kita sudah bisa snorkeling dan mengelilingi tiga gili, termasuk Gili Meno dan Gili Air.

Makanan khas di Lombok

Di Lombok, tidak hanya kaya akan panorama pantai yang indah, tapi juga kaya akan kekhasan kulinernya. Lombok juga adalah surga pagi pecinta makanan. Jika Anda kebetulan ke lombok, tidak ada salahnya mencoba beberapa khas kuliner berikut ini.

Ayam Taliwang

Kelezatan ayam taliwang juga terletak di bumbu yang super pedas. Ayam taliwang biasanya dimasak dengan beberapa pilihan yakni digoreng, dipanggang atau dibakar. 

Beberuk Terong

Beberuk terong adalah makanan sejenis lalapan yang menjadi teman santapan ayam taliwang. Makanan ini sangat mudah diolah. Hanya berbekal terong ungu yang dipotong dadu dan tomat. Bumbu halusnya terdiri dari cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi bakar, gula pasir, garam dan minyak goreng. Siram bumbu diatas terong plus perasan jeruk limau diatasnya. Rasanya manis, pedas, asam dan segar. 

Plecing Kangkung

Makanan ini terdiri dari kangkung yang direbus plus sambal tomat yang terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi dan tomat. Yang membuat enak adalah kangkung khas Lombok yang berbeda dengan yang tumbuh di daerah lain. Oya, didalam plecing kangkung biasanya ditambahkan tauge dan kacang goreng untuk menetralisir rasa pedas. Plecing kangkung bisa Anda temui di hampir semua rumah makan. 

Nasi Balap Pucung

Nasi balap pucung berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburang udang kering, abon serta belut goreng. Di Lombok, yang paling terkenal adalah nasi balap pucung cap Inaq Esun yang berada di Desa Puyung, Lombok Tengah. 

Sate Bulayak

Bulayak adalah sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren dengan bentuk memanjang seperti spiral. Untuk membukanya, harus dengan gerakan memutar. Satenya terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas Sasak. 

Sate Rembiga

Sate Rembiga adalah sate yang berbahan utama sapi yang memiliki perpaduan rasa gurih, manis, dan pedas. 

Sate Tanjung

Sate tanjung berasal dari ikan Cakalang atau ikan Langoan. Rasa gurih dari daging dan santan serta pedas dari rempah-rempah sangat terasa. Campuran rempah-rempah dan ikan yang dibakar inilah yang membuat badan terasa hangat dan bugar. 

Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Poteng jaje tujak dan iwel adalah makanan khas Lombok saat lebaran, yang kini bisa Anda santap kapan saja di Lombok. Hidangan ini terdiri dari 2 makanan yakni poteng atau tapai dan jaje tujak atau tetel. Selain poteng jaje tujak, ada iwel yang merupakan jajanan khas masyarakat setempat. Iwel adalah kue berbahan baku ketan hitam yang biasanya disajikan saat upacara tradisi masyarakat setempat. Berbeda dengan makanan khas Lombok yang pedas, iwel justru manis dan legit. 

Ares

Ares adalah sayuran khas Lombok yang bahan utamanya berasal dari pelepah pisang yang masih muda. Rasanya manis dan gurih. Ares lebih nikmat jika dimakan saat masih hangat dengan sepiring nasi putih. 

Bebalung

Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit plus jahe. Bebalung bisanya disajikan ke dalam mangkok dengan taburan bawang merah goreng. 

Begitu banyaknya destinasi seru baik tempat wisata dan kuliner yang ditawarkan oleh Pulau Lombok, semoga artikel ini menjadi informasi yang berharga bagi Anda pembaca CeritaMedan bila ingin menuju pulau yang eksotis itu. #LoveLombok

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *