Makanan dan Minuman Yang Baik Dikonsumsi Saat Demam

  • Whatsapp

Saat kondisi tubuh sedang tidak fit, perubahan cuaca atau perbedaan iklim adalah hal yang signifikan yang memicu beberapa penyakit seperti, demam, batuk, dan pilek. Saat terserang flu, pilek, demam, atau diare, tidak hanya obat dan istirahat cukup saja yang kamu butuhkan, karena kamu juga memerlukan makanan sehat yang akan membantu memberikan nutrisi dan mengembalikan metabolisme tubuhmu.

Makanan dan Minuman Yang Baik Dikonsumsi Saat Demam

Read More

Makanan dan Minuman Yang Baik Dikonsumsi Saat Demam

Makanan apa sajakah yang baik kamu konsumsi saat terserang flu, pilek, demam, atau diare?

Teh Hangat

Minuman hangat bisa menyamankan tenggorokan yang sakit dan memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu. Selain itu, the juga mengandung banyak antioksidan untuk melawan infeksi, sekaligus menguatkan daya tahan tubuh dan melegakan hidung tersumbat. 

Air Hangat

Jika kamu tidak terlalu suka teh, kamu bisa menggantinya dengan meminum air hangat, dan bisa kamu tambah dengan perasan lemon. Lemon mengandung vitamin C yang juga memperkuat sistem imun.

Sup Kaldu Ayam

Ayam mengandung asam amino yang membantu mencairkan lendir di paru-paru, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sejak zaman dahulu, sup ayam dipercaya sangat baik untuk penyembuhan sakit pilek maupun demam. Sup ayam juga membantu saluran pernapasan lebih lega, mencegah dehidrasi, dan mengatasi peradangan di tenggorokan. 

Pisang

selain karena buah ini mudah dicerna, pisang juga kaya akan potassium yang bisa menstabilkan pencernaan setelah muntah atau diare, dan membantu menurunkan temperatur tubuh, serta menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare atau muntah-muntah. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin A, B1, B2 dan C, membantu mengurangi asam lambung, pisang bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh, dan mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan.

Buah Citrus

Kelompok buah citrus seperti jeruk oranye, lemon atau jeruk nipis kaya akan vitamin C yang terkenal akan khasiatnya menyembuhkan flu. Lapisan putih tipis seperti jaring, yang biasa melapisi buah oranye, lemon atau jeruk Bali saat dikupas ternyata punya kandungan flavonoid yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan.

Makanan Pedas

Saat terserang pilek, kamu bisa memakan makanan pedas. Efek decongestan dalam makanan pedas, dapat meredakan pembengkakan maupun rasa sakit. Makanan pedas yang bisa kamu makan adalah yang mengandung bubuk cabai, potongan cabai rawit, wasabi, atau makanan pedas lainnya, untuk membantu meredakan gejala pilek dan hidung tersumbat.

Jahe

Jahe sangat efektif mencegah dan meredakan mual, dan gangguan lainnya pada perut. Meminum teh jahe saat sembelit, perut kembung, atau muntah-muntah, bisa membantu menyamankan perut yang bermasalah.

Makanan Sereal

Saat terkena masalah pencernaan, baik itu maag, mual atau diare, konsumsilah makanan ringan yang sehat. Makanan berkarbohidrat ini bisa mengurangi rasa mual dan membantu menstabilkan pencernaan. Makanan sereal juga akan nyaman di perutmu saat kamu muntah ataupun diare. 

Buah Pepaya 

Pepaya mengandung vitamin C dan provitamin A. pepaya juga dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan, melancarkan saluran pencernaan makanan, dan menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan.pepaya juga berkhasiat menyembuhkan luka, menghilangkan infeksi, dan menghilangkan alergi.

Buah Pir

Buah pir dapat mempercepat penyembuhan saat sedang sakit. Buah pir juga berfungsi mencegah peradangan, problem saluran pernapasan dan melembabkan paru-paru. 

Selain meminum obatan-obatan, makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat demam seperti di atas juga bisa kamu coba untuk mencegah atau mempercepat penyembuhan saat demam. Yang terpenting adalah menjaga pola hidup sehat untuk menghindari berbagai macam penyakit tersebut. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *