Jenis-Jenis Rasa Lapar

  • Whatsapp

Rasa lapar merupakan mekanisme tubuh untuk memberitahu bahwa tubuh membutuhkan makanan untuk menjalankan fungsinya. Rasa lapar menjadi sinyal yang dikirim dari otak untuk menunjukkan waktu makan telah tiba. Sedangkan nafsu makan merupakan suatu keinginan untuk makan, baik saat kamu merasa lapar atau tidak. Sulit memang membedakan mana lapar yang karena memang butuh makan dan mana yang karena hanya nafsu saja. Seringkali rasa lapar timbul hanya karena ingin makan. 

Jenis-Jenis Rasa Lapar

Read More

Kenali mana rasa lapar yang sebenarnya dan mana yang hanya hasrat sesaat, sebab ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kamu merasa lapar, walaupun asupan energi dan kalori dalam tubuh sudah cukup.

Rasa lapar yang sebenarnya. Tanda-tanda dari kelaparan ini adalah gemetar karena gula darah yang rendah, sakit kepala, lemas, atau perut berbunyi. Saat rasa lapar jenis ini muncul, jangan ditunda-tunda, tapi segeralah makan agar tubuhmu dapat menjalankan fungsinya kembali.

Lapar saat menonton TV. Terkadang, makan sambil melakukan hal lain membuat orang mengasup kalori lebih banyak tanpa disadari dan tanpa tahu bahwa tubuh telah kenyang. 

Lapar karena bosan. Saat seseorang bosan, seringkali kultas adalah incaran target utama. Yang harus bisa kita lakukan adalah menoleransi kebosanan dan tidak buru-buru melakukan sesuatu untuk mengisi kebosanan itu.

Rasa lapar karena marah. Bagi sebagian orang, makanan bisa jadi pelanpiasan paling mujarab untuk meluapkan emosi. Ini mungkin lebih baik ketimbang kamu harus meluapkan emosi pada seseorang. Namun kamu juga harus pikirkan timbangan berat badanmu. Jangan sampai setelahnya kamu harus diet dengan sangat ketat.

Rasa lapar saat sindrom pramenstruasi (PMS). Perubahan hormon menjelang periode ini akan meningkatkan nafsu makan, meski sifatnya sementara. Perhatikan tanda-tanda kelaparan dan makan sedikit lebih banyak ketika muncul.

Rasa lapar di sore hari. Kelelahan setelah beraktivitas di siang hari mungkin akan membuat seseorang lapar di sore harinya. Kamu bisa menyiapkan cemilan ringan untuk mengganjal perutmu agar tidak keroncongan menunggu makan malam.

Lapar karena stres. Orang yang makan karena stres dapat memiliki porsi makan yang lebih banyak saat stres, dan memiliki porsi makan yang lebih sedikit saat tidak lagi merasa stres. Melakukan berbagai teknik rileksasi, seperti olahraga, biasanya akan membantu. Berolahraga juga salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres dan mencegah kamu makan berlebihan.

Rasa lapar karena melihat. Ini seringkali disebut denganlapar mata. Lapar mata merupakan rasa lapar yang timbul karena kamu melihat suatu makanan dan menjadi ingin mengkonsumsi makanan tersebut.

Rasa lapar saat perayaan. Banyaknya makanan saat adanya perayaan mungkim membuatmu ingin menikmatinya, meski kamu sedang tidak lapar. Hal ini seringkali membuat kamu mengkonsumsi lebih banyak makanan daripada biasanya.

Rasa lapar yang sebenarnya adalah saat perut kamu keroncongan. Disaat semua makanan telah dicerna di dalam usus, makan hanya akan tertinggal udara yang akan lebih aktif saat kamu benar-benar merasa lapar. Perut keroncongan adalah tanda bahwa ususmu telah kosong dari makanan. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *