Jenis Makanan Yang Dibutuhkan Perokok

  • Whatsapp

Nikotin merupakan zat kimia yang terdapat dalam daun tembakau. Zat potent nerve poison atau toksin dalam nikotin biasa dipakai produsen untuk membuat obat pembunuh serangga. Zat nikotin jugalah yang menyebabkan kecanduan bagi perokok aktif.

Jenis Makanan Yang Dibutuhkan Perokok

Read More

Nikotin di dalam darah tidak betul-betul hilang walau perokok itu sudah berhenti. Pemulihan jantung pada mantan perokok dapat mengambil waktu selama 1 dekade, agar jantung dapat kembali normal. Ini merupakan waktu yang diperlukan agar kerusakan yang terjadi akibat inflamasi, dan kembalinya pembuluh darah ke keadaan elastisitas semula, dan tubuh betul-betul bersih dari nikotin.

Jika kamu sulit untuk berhenti merokok, setidaknya konsumsi makanan yang mengandung vitamin C lebih banyak dan makanan yang mengandung antioksidan tinggi untuk mengurangi bahaya racun dari rokok yang dihisap.

Beberapa makanan menyehatkan yang secara medis terbukti ampuh membantu membersihkan darah dari zat nikotin adalah sebagai berikut ini.

Buah Delima

Buah delima mengandung antioksidan yang tinggi. Rasa asam dari buah delima yang mengandung vitamin C ini, dapat membantu membersihkan nikotin yang nempel di gigi dan mulut, membantu membuang racun rokok yang tersimpan dalam tubuh, dan lain sebagainya. Buah delima juga dapat meningkatkan aliran darah, serta beberapa sel darah pada badan.

Buah Kiwi

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin A, C serta E yang sangat banyak, yang mampu menetralkan nikotin pada tubuh perokok. Mengonsumsi buah kiwi yang memiliki kandungan anti-oksidan tinggi, akan menjaga kesehatan jantungmu.

Buah Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buha jeruk dikenal sangat tinggi. Dengan mengonsumsi buah jeruk, metabolisme badan akan pulih dan mampu menurukan stres, dan menetralisir dampak nikotin dalam tubuh. Air dari jeruk nipis mampu mengurangi kadar nikotin yang berada pada asap rokok sebesar 70,65%.

Wortel

Wortel kaya vitamin A, C, K, serta B yang efisien melawan nikotin pada badan serta melawan kulit kusam disebabkan merokok. Vitamin A dalam wartel juga bertugas melindungi paru-paru dari infeksi. Mengkonsumsi vitamin A mungkin bisa membantu kamu terhindar dari kerusakan paru-paru yang dapat memicu terjadinya kanker.

Brokoli

Brokoli memiliki kandungan vitamin C serta B5. Dengan mengonsumsi brokoli sehari-hari, konsentrasi nikotin dalam darah bakal terurai.

Sayuran Berdaun Hijau

Zat klorofil dalam sayuran hijau memiliki kandungan vitamin serta asam folat. Sayuran seperti bayam sangat ampuh menolong menetralkan konsentrasi nikotin pada tubuh seseorang.

Buah Beri

Kaya akan antioksidan, vitamin C, potasium, sodium, zinc, dan zat besi. Kandungan vitamin dalam buah beri ini juga sangat efektif membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh.

Air Putih

Minum air putih di pagi hari saat perut kosong atau saat terbangun di pagi hari, sangat efektif membuang dan membersihkan racun yang berada di darah melalui keringat dan urine. Air putih juga memiliki proses detoksifikasi yang mampu membersihkan racun dan lemak lainnya di kulit. Selain itu, zat nikotin dalam tubuh bisa memicu dehidrasi. Untuk itulah perokok pasif maupun aktif harus mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan.

Makanan Laut

Makanan laut kaya akan omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru dan otak. Omega 3 yang terdapat pada Makanan laut mampu memperbaiki fungsi dari paru-paru. Makanan yang mengandung omega 3 adalah Salmon, teri, tuna, sarden, kepiting, kerang, lobster, udang dan lain sebagainya.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai kaya akan vitamin E yang dapat memperbaiki fungsi paru-paru serta menghilangkan rasa sesak nafas kronis. Kedelai mengandung Flavonoid, yang akan berfungsi sebagai anti peradangan pada paru-paru, serta menjaga paru-paru dari racun asap rokok yang kamu hirup.

Zat nikotin dari sebatang rokok dapat bertahan dalam darah selama 3 hari dalam tubuh orang yang merokok atau menghirup asap rokok. Untuk itu, perlu berbagai jenis makanan seperti sayur dan buah untuk menetralisi racun yang disebabkan nikotin tersebut. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *