Cara Melakukan Yoga Untuk Pemula

  • Whatsapp

Cara Melakukan Yoga Untuk Pemula – Yoga sudah menjadi salah satu metode belajar fitnes yang diajarkan di pusat-pusat kebugaran. Yoga dipercaya mampu menjaga kesehatan dan juga menurunkan berat badan. Sayangnya, banyak orang salah mempraktekan yoga, sehingga hasil yang didapat tidak maksimal. 

Cara Melakukan Yoga Untuk Pemula

Read More

Yoga berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “Persatuan antara pikiran dan tubuh”. Yoga adalah ilmu yang memungkinkan seseorang menjalani kehidupan yang harmonis melalui pengendalian pikiran dan tubuh.

Ada beberapa pelajaran dasar yang harus dipahami dalam yoga, yaitu:

  1. Sikap Tubuh. Sikap tubuh terbagi menjadi beberapa gerakan, seperti berdiri tegak sempurna, duduk bersila, dan duduk dengan bokong bertumpu di atas tumit.
  2. Pernapasan. Teknik pernapasan merupakan bagian penting dari yoga, sehingga kamu akan dituntun untuk melakukan beberapa gerakan bernafas yang benar sesuai dengan gerakan latihannya.
  3. Pemanasan. Gerakan pemanasan berguna untuk mencegah terjadinya cedera pada kaki, urat daging, dan otot. Pemanasan ini memisahkan bagian-bagian tubuh yang berbeda dan secara perlahan meregangkan kekakuan. Pada tahap latihan pemanasan, biasanya orang sudah langsung berkeringat, tanda bahwa gerakan yang kamu lakukan mulai diterima oleh tubuh dan terjadi proses metabolisme.

Contoh gerakan yoga untuk kesehatan dan menurunkan berat 

Child’s Pose. Peregangan pinggul, paha depan, punggung. 

Gerakan Child’s Pose :

Pertama, berlutut di lantai dengan posisi kaki saling bersentuhan dan lutut dibuka selebar pinggul. Duduklah di tumit kamu.

Kedua, baringkan tubuh diantara paha dan bawa dahi kamu ke matras. Luruskan lengan ke depan hingga telapak tangan menyentuh lantai. Tutup mata dan tarik napas panjang. Tahan selama minimal satu menit. Pose seperti hendak tidur ini membuka pinggul dan membantu mengurangi sesak.

Downward Facing Dog. Peregangan tulang belakang, paha belakang, glutes, betis, memperkuat deltoids, triceps. 

Gerakannya Downward Facing Dog:

Pertama, mulai dengan posisi merangkak, kaki dan lutut selebar pinggul. Posisi tangan selebar bahu dan jari-jari menyebar luas.

Kedua, menekan tangan kamu kuat-kuat, angkat lutut dari lantai dan luruskan kaki. Pindahkan tangan kamu ke depan beberapa inci, pindahkan kaki kamu ke belakang beberapa inci untuk memperpanjang pose. Tekan paha seperti kamu menekan mereka ke dinding belakang. Tekan tumit ke belakang dan ke arah lantai (meskipun tidak mungkin mencapai matras).

Ketiga, Rilekskan kepalaserta leher dan biarkan bahu kamu meluncur kembali ke arah kaki. Tarik napas panjang. Tahan selama setidaknya satu menit. Pose downward Facing Dog adalah taktik penguat tubuh bagian atas. Dan sebagai pembalik (artinya pinggul lebih tinggi daripada hati kamu), sehingga meningkatkan sirkulasi.

Warrior II. Peregangan pinggul, paha bagian dalam, dada, menguatkan quadriceps, perut, bahu. 

Gerakan Warrior II :

Pertama, berdiri tegak dengan kaki terbuka. Putar kaki kanan sehingga jari-jari kaki menunjuk ke arah bagian depan matras. Belok kaki kiri Kamu di 30 derajat.

Kedua, angkat lengan setinggi bahu, sejajar dengan lantai, telapak tangan menghadap ke bawah. Tekuk lutut kanan Kamu sehinggatulang kering dan paha membentuk sudut 90 derajat.

Ketiga, kerutkan tulang ekor dengan lembut seperti kamu menarik perut, tahan napas selama 5 hembusan dan keluarkan melalui hidung. Luruskan kaki kanan dan ulangi pada sisi yang berlawanan. 

Pose yang kuat ini akan membuat kamu bertambah tinggi, ramping, lengan kencang dan kaki lebih tegas.

Plank Pose. Menguatkan lengan, punggung, bahu, inti, quadriceps.

Gerakan Plank Pose :

Pertama, dari posisi Downward facing dog diatas, tekan ke telapak tangan dan bawa dada ke depan sehingga bahu berada di atas pergelangan tangan dan Kamu berada di puncak posisi push-up.

Kedua, tekan tumit kamu ke dinding di belakang Kamu dan tegakkan kepala ke depan hingga membentuk sebuah garis lurus dari atas kepala sampai ke tumit Kamu. Tahan selama setidaknya 1 menit. Plank adalah cara yang sederhana namun menantang untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas, banyak otot yang bekerja sama seperti otot di lengan, punggung. 

Demikian informasi mengenai bagaimana belajar cara melakukan gerakan yoga untuk pemula, semoga bermanfaat ya! (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *