Langkah Jitu Mengatasi Insomnia

  • Whatsapp

Insomnia atau susah tidur dapat menjangkiti siapa saja. Penyakit ini dapat menyebabkan fungsi tubuh kurang bekerja secara optimal karena waktu tidur yang kurang. Manusia pada umumnya membutuhkan waktu tidur 8 jam per hari atau miimal 6 jam setiap harinya. Jika waktu tidur tidak cukup maka akan timbul beberapa masalah kesehatan yang mengganggu kinerja tubuh. Misalnya fungsi jantung, paru-paru, dan ginjal yang kurang optimal. Hal ini sangat membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena itu harus diketahui sejak dini apa penyebab insomnia agar dapat segera mencari solusinya.

Langkah Jitu Mengatasi Insomnia
Foto : herbal-id.com

Salah satu gejala yang muncul dari insomnia adalah susah tidur pada jam-jam tertentu, tepatnya pada saat jam tidur. Rata-rata manusia akan mulai mengantuk pada jam 11 malam keatas, namun berbeda dengan orang yang terkena insomnia. Mereka sama sekali tidak mengantuk pada jam-jam tersebut, bahkan badan terasa sangat segar seperti pada siang hari. Dipaksa untuk tidur pun tidak bisa, karena sudah terjangkit insomnia. Dan yang lebih parah, keadaan ini berlangsung selama beberapa hari, tidak hanya 1 hari saja. Bahkan untuk insomnia berat, keadaan ini dialami setiap hari.

Penyebab insomnia ada bermacam-macam, antara lain faktor psikologi seperti stress, banyak pikiran, dan kurang fokus terhadap sesuatu. Selain psikologis, penyebab lain dapat berupa kebiasaan, terlalu sering begadang, atau mengkonsumsi minuman berkafein sebelum jam tidur. Terdapat juga beberapa penyakit yang megakibatkan terjadinya insomnia ini.

Meskipun insomnia sulit diatasi juka sudah terlalu berat, terdapat langkah jitu untuk mengatasi insomnia. Simak beberapa tips berikut.

1. Ubah kebiasaan dan pola hidup

Kebiasaan begadang di malam hari membuat tubuh menyesuaikan diri dengan memberi rasa kantuk di siang hari dan rasa segar di malam hari. Tubuh manusia memang fleksibel, jika dibiasakan pola hidup tidak sehat seperti ini, maka tubuh akan mengeluarkan alarm untuk membuat kebiasaan seperti diatas. Akibatya pola tidur menjadi berubah. Oleh karea itu stop begadang dan ubah kebiasa tidur di pagi hari. Anda dapat menjadwalkan tidur pukul 10 malam dan bangun pukul 5 pagi setiap harinya. Lama-lama tubuh akan merespon dan memberikan sinyal terhadap kebiasaa baru tersebut.

2. Makanan bermagesium

Konsumsi makanan magnesium tinggi seperti pisag dapat membuat Anda tidur lebh cepat. Rasa kenyang yang diberikan oleh pisang akan membawa Ada pergi ke alam mimpi lebih cepat dan pulas.

3. Dengarkan musik lembut

Musik yang berirama lembut dapat membuat rasa kantuk lebih cepat datang. Anda perlu membuat suasana kamar tenang, nyaman dan damai. Lalu pasang aromaterapi yang memberikan efek tenang dan dengarkan musik lembut. Anda dijamin akan pulas tertidur karena kenyamanan yag Anda buat.

Dengan menerapkan langkah jitu diatas, Anda sudah membuat perubahan baru dalam hidup. Yaitu kebiasaan untuk tidur cukup dan pulas. Jika hal ini terus berlajut, kesehatan Anda akan lebih terjamin dari sebelumya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *