Desi Trinanda Ginting : Penari Tradisional Melayu

  • Whatsapp

Desi Trinanda Ginting, Seorang Penari Tradisional Melayu dengan segala keunikan Fisik dan Prestasinya. Berwajah Oriental (Chinese), berparas cantik, seorang muslimah, berasal dari suku batak karo, namun seorang penari melayu. Begitulah keunikan yang langsung terpapar saat berkenalan dengan Desi Trinanda Ginting yang merupakan seorang mahasiswi Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Sumatra Utara. 

Penari Tradisional Melayu ini merupakan dara kelahiran Brastagi, 21 Januari 1994 adalah seorang penari Melayu yang telah memiliki jam terbang yang cukup membanggakan. Di usianya yang masih muda, Desi sering bepergian ke banyak tempat di Indonesia sampai luar negeri untuk menari, diantaranya adalah Medan, Padang,Jakarta,Jawa, Manado, Sulawesi, Kalimantandan bahkan sampai ke Selat Malaka, Malaysia dan Singapore. Ia mengaku bahwa dari kecil menggemari Seni Teatre, Drama, dan Tari.

Read More

Anak Muda pada zaman sekarang ini yang lebih menggemari tarian modern daripada tarian tradisional tidak membuat desi merasa malu, justru ia semakin menggeluti tarian melayu yang sangat ia gemari tersebut, “Ya karena memang udah hobby juga, lagian dari belajar tarian tradisional ini, Desi malah udah pergi kemana-mana. Jadi ga ada alasan buat malu, malah harus makin semangat jalani hobby itu” Sahutnya. 

Terbukti dengan keseriusannya menjalani hobby itu Desi telah berhasil menyabet beberapa gelar bergengsi dibidang seni tari tradisional, seperti Juara I tari zapin kreasi nasional tahun 2010, Juara I tari melayu se Indonesia 2011, Juara III tari zapin kreasi nasional tahun 2013. 

Penari Tradisional Melayu

Berikut Profil Desi Trinanda Ginting

Nama Panggilan : Desi

Tempat/Tgl lahir: Brastagi/21 Januari 1994

Alamat : Jalan Pasundan No.43 Medan

Agama : Islam

Pendidikan : Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Departemen Ilmu Komunikasi (USU) Tahun Ajaran : 2011

Nama sanggar : Sumatera Ethnic

Prestasi Desi Trinanda Ginting

  • Juara 1 Tari Zapin Kreasi tahun 2010
  • Juara 1 Tari Melayu tingkat Sumatera Utara tahun 2011
  • Juara 3 Tari Zapin Kreasi tingkat sumatera Utara tahun 2014

Desi Trinanda Ginting

Selain tari melayu desi juga piawai dalam tari tor-tor (Batak Toba), tarian Simalungun, Karo, Pak-pak, dan Jawa, namun saat ditanya mengapa lebih memilih menggeluti tarian melayu, ia tersenyum dan berkata bahwa tarian melayu lebih rumit dibanding tarian tradisional lainnya. “Merasa tertantang aja karena tarian melayu gerakannya lebih sulit dibanding tarian tor-tor, jawa, simalungun. Jadi Desi merasa harus bisa nguasain tarian ini.”

Untuk cita-citanya kedepan desi ingin tarian tradisional tetap dipertahankan agar tidak punah ditelan zaman. “Ya kedepannya Desi mau buat sanggar tari terus ngajarin anak-anak nari melayu sekalian juga buat anak muda zaman sekarang jangan sungkan nekuni hobby nya karena dari hobby bisa jadi penghasilan juga,” ungkapnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *