Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

  • Whatsapp

Ketika bekerja di sebuah perusahaan, suatu saat pasti kita akan ditunjukn sebagai pemimpin, entah pemimpin kelompok, divisi ataupun perusahaan. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi kita untuk mempersiapkan diri dengan membekali diri bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik. Dalam hidup kita memang harus siap dipimpin dan siap memimpin. Ada kalanya kita menjadi bawahan dan dipimpin atasan, tapi ada masanya juga ketika kita menjadi atasan dan memimpin teman-teman kita.

Sosok pemimpin seperti apa sih yang kita sukai? Tentunya pemimpin yang dapat mengayomi anak buahnya, menjadi panutan dan dicintai semua orang. Itulah sosok pemimpin ideal yang diinginkan banyak orang. Pemimpin dengan kepribadian seperti itu, tentunya akan membawa dampak baik bagi bawahannya. Pekerjaan akan dengan mudah selesai, serta anak buah akan mengerjakan dengan suka cita tanpa ada beban berat yang mengambat semangat mereka.

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

Menjadi seorang pemimpin sepertinya semua orang dapat melaksanakannya. Tapi menjadi pemimpin yang baik dan dicintai anak buah, itu yang lumayan sulit dilakukan. Ingin menjadi pemimpin yang baik dan dicintai bawahannya? Cobalah beberapa cara menjadi pemimpin yang baik di bawah ini.

Menentukan Tujuan

Ketika pertama kali menjadi seorang pemimpin, buatlah sebuah tujuan utama dari kelompok atau divisi itu. Satukan tujuan dengan seluruh anggota kelompok, sehingga pekerjaan yang dilakukan akan menuju ke tujuan tersebut. Itulah mengapa ada yang mengatakan tujuan adalah kekuatan dari sebuah tim dan pimpinanlah yang merumuskan tujuan itu berdasarkan musyawarah bersama dengan anggotanya.

Mendengarkan Mereka

Pemimpin yang baik itu tidak hanya meminta didengarkan saja apa yang menjadi pemikirannya. Anak buah juga ingin didengarkan ide yang mereka miliki. Dengan komunikasi dua arah ini, maka anak buah akan merasa dihargai. Mendengarkan apa yang mereka inginkan serta ide yang mereka miliki adalah motivasi terbesar dalam sebuah tim. Dengan keinginan untuk mendengarkan serta mengesampingkan ego kita, akan membuat anggota tim merasa nyaman. Kalau sudah nyaman, pastinya tim akan menjadi lebih solid.

Mempererat Kedekatan Antar Tim

Idealnya sebuah tim harus menyatu antar anggotanya. Tanpa ada ikatan yang kuat antar tim maka akan sulit untuk membangun kerjasama antar sesame anggota. Kalau tidak ada kerjasama di antara mereka, akan sangat sulit menyelesaikan pekerjaan itu. Jadi seorang pemimpin harus dapat mencairkan suaasana di dalam kelompok agar sebuah tim akan solid.

Feedback

Feedback atau timbal balik adalah salah satu hal penting dalam sebuah tim. Dengan feedback ini kekurangan tim akan dapat dievaluasi. Tidak hanya kepada anggotanya, seorang pemimpin yang baik harus meminta masukan kepada anggotanya memberikan feedback. Dengan begitu, maka perbaikan demi perbaikan akan terus berjalan. Tidak ada kata sempurna jadi dengan feedback ini sedikit demi sedikit kita dapat mendekati kesempurnaan itu.

Itulah beberapa cara menjadi pemimpin yang baik. Menjadi pemimpin yang baik akan membuat kita dicintai bawahan dan membuat pekerjaan dapat berjalan dengan lancar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *