Cara Mengurangi Kebiasaan Makan Gula

  • Whatsapp

Cara Mengurangi Kebiasaan Makan Gula – Untuk memiliki tubuh yang sehat, diperlukan pengetahuan mengenai kesehatan yang memadai. Salah satu  cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menghindari dan membatasi asupan gula ke tubuh kita. Gula memang komponen yang dibutuhkan oleh tubuh kita, namun tidak berlebihan. Gula yang berlebihan justru akan menjadi racun dalam tubuh dan meyebabaka penyakit. Salah satu penyakit yang paling sering muncul dari asupan gula yng berlebih ini adalah penyakit gula atau dibetes. Diabetes sangat berbahaya jika tidak diatasi. Oleh karena itu penting untuk menghindari penyakit diabetes dengan menguramgi jumlah gula yang masuk ke tubuh kita.

Cara Mengurangi Kebiasaan Makan Gula

Read More

Gula memang salah satu bahan makanan yang digemari oleh sebagian besar orang. Selain rasanya yang manis, gula juga terbukti dapat memberi efek bahagia. Namun mengigat bahayanya jika dikonsumsi terlalu berlebihan, maka perlu dilakuakan pembatasan terhadap kebiasaan makan gula tersebut. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan demi mengurangi kebiasaa makan gula.

Pertama, Anda harus sadar terlebih dahulu mengenai bahaya makan gula jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika kesadaran sudah ada maka secara otomatis gula berlebihan akan Anda hindari. Namun jika Anda belum menyadari mengenai dampak bahayanya, Anda akan terus megkonsumsinya.

Kedua, Anda harus menyingkirkan semua makanan bergula seperti permen, coklat, manisan, dan lai-lain dari dapur dan almari makan Anda. Melihat makanan-makanan tersebut masih berserakan di sekitar Anda membuat Anda akan tergoda untuk memakannya. Alhasil diet makan gula Anda tidak akan berhasil.

Ketiga, jika Anda menginginkan makanan manis untuk menambah selera maka Anda, Anda bisa menambahkan pemanis alami pada makanan atau minuman Anda. Madu merupakan pemanis alami yang dapat Anda gunakan untuk mengganti produk gula. Mengkonsumsi madu malah akan membuat tubuh Anda sehat. Selain rasanya manis, Anda juga akan mendapatkan manfaat dari konsumsi madu tersebut.

Keempat, Anda harus makan secara teratur untuk menahan keinginan Anda maka gula. Gula memang membuat Anda kenyang karena rasanya manis. Namun jika Anda makan secara teratur dengan gizi seimbang akan mengurangi keinginan Ada memakan kudapan yang rasanya manis. Makan secara teratur membuat perut Anda merasa kenyang pada waktunya sehingga tidak perlu menambah asupan lain seperti kue-kue manis dan permen.

Kelima, ganti camilan Anda dengan buah-buahan atau jus buah yang sehat. Buah juga mengandung gula, namun gula yang dihasilkan dari buah nerupakan gula alami yang menyehatkan tubuh Anda. Tak perlu khawatir jika maka banyak buah karena tidak akan mengganggu kesehatan Anda.

Keenam, Anda dapat menjadwalkan makan makanan manis untuk mencukupi keiginan Anda. Misalnya setiap seminggu sekali Anda memperbolehkan diri untuk makan eskrim, kue, coklat, dll. Namun Anda harus mematuhi aturan bahwa makanan tersebut memang dikosumsi cukup seminggu sekali. Dengan memenuhi konsekuesi dan aturan tersebut maka keinginan Anda untuk makan gula akan berkurang karena Anda tidak penasaran lagi. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *