10 Cara Menghilangkan Noda Darah di Pakaianmu

  • Whatsapp

Saat terjatuh atau terluka, noda darah bisa saja mengotori pakaian kamu. Sulitnya mengilangkan noda darah di pakaian ini, memang kerap membuat para wanita kesal saat mencuci, apalagi kejadian seperti ini sering terjadi saat datang bulan. Nah, jika tidak tahu cara yang tepat menghilangkan noda ini, bisa-bisa kamu akan dibuat makin kesal mendapati noda itu lagi setelah dicuci.

Cara Menghilangkan Noda Darah

Cara Menghilangkan Noda Darah

Sebenarnya, ada banyak cara untuk menghilangkan noda yang membandel ini, berikut beberapa triknya:

1. Air Dingin

Jika darah yang menempel masih segar, kamu bisa menggunakan air dingin dengan menyiramkannya langsung pada noda atau merendamnya. Kemudian gosok bagian bernoda dengan garam dapur. Air dingin juga dipercaya mampu mempertahankan kualitas kain pada pakaian kamu lho.

2. Air Panas

Untuk menghilangkan noda yang telah mengering, gunakanlah air panas. Rendam pakaian kamu dengan air panas, tambahkan sedikit deterjen. Tunggu beberapa menit, dan lihatlah noda darah akan luntur dengan sendirinya. Trik ini juga bisa kamu gunakan pada noda permen karet di pakaian kesayanganmu.

3. Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis merupakan pembersih alami dan pemutih pakaian. Tuang air perasan jeruk nipis pada noda, lalu gosok dengan garam.

4. Baking Soda

Jika pakaian yang terkena noda berjenis jeans atau satin, maka gunakanlah baking soda. Baking soda juga mampu mempertahankan elastisitas jeans, atau pakaian berjenis denim.

5. Cuka

Rendam pakaian kamu dengan cuka semalaman, kemudian cucilah dengan deterjen.

6. Sabun Batangan

Basahi pakaianmu dengan air, lalu gosoklah sabun batangan pada noda darah. Diamkan selama kurang lebih 1 jam, dan bilaslah.

7. Cola

Jika persediaan terbatas dalam kondisi yang sulit, atau misalnya kamu sedang tidak berada di rumah, kamu bisa menggunakan minuman Cola. Segera rendam pakaianmu yang terkena noda darah dengan Cola selama semalam.

8. Garam

Garam dapur dipercaya mampu menghilangkan noda di pakaian. Caranya, rendamlah pakaianmu dengan larutan air garam. Untuk hasil yang lebih maksimal, campur garam dapur, air panas, dan deterjen pada rendaman pakaian yang terkena noda.

9. Hidrogen Peroksida

Untuk kain berjenis denim, selain menggunakan baking soda, kamu juga bisa memanfaatkan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida merupakan pembersih yang tangguh untuk merontokkan segala jenis noda di pakaian tebalmu. Rendam pakaian sejenis denim dengan hidrogen peroksida, dan tunggulah beberapa saat.

10. Sabun Bekas

Jangan sia-siakan sisa sabun mandimu. Kamu bisa mengumpulkan sisa-sisa sabun mandi batangan untuk menghilangkan noda darah. Caranya gosok sabun pada pakaian yang telah dibasahi, dan tunggulah 30 menit, lagu kucek atau sikat pada bagian noda.(CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *