6 Cara Memanjakan Diri Yang Bisa Melindungi Jantung Anda

  • Whatsapp

6 Cara Memanjakan Diri – Menjaga kesehatan jantung Anda bukan hanya tentang berolahraga dan menurunkan berat badan. Beberapa riset baru menunjukkan bahwa beberapa cara yang menyenangkan bisa juga jadi jalan untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Cara Memanjakan Diri
Foto : ichiekaichi.blogspot.com

Cobalah ini untuk melindungi organ vital kita itu :

Read More

1. Minum kopi. 

Kopi telah lama dikaitkan sebagai faktor pengurang resiko diabetes, sebuah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah yang bisa mengancam jantung. Kini, para ahli mengerti lebih banyak mengenai efek baik kopi. Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang secara teratur minum kopi biasa maupun kopi minim kafein pada makan siang memiliki resiko terserang diabetes tipe 2 yang lebih kecil dibanding mereka yang tidak. 

Para ilmuwan juga percaya bahwa nutrisi minuman itu bisa memperlambat pencernaan dan membantu menjaga kadar gula darah tetap sehat. Selain itu, riset baru juga menunjukkan konsumsi kopi bisa membantu mendukung sistem kardiovaskuler dengan meningkatkan produksi kolesterol baik. Jadi, cobalah manjakan Anda dengan secangkir nikmat kopi sehari untuk mendapat manfaatnya.

2.Tidur lebih banyak. 

Riset terbaru dari Wake Forest University mengaitkan kurang tidur dengan lemak perut yang memainkan peran sangat penting yang menyebabkan inflamasi. Jadi, jangan merasa bersalah jika Anda punya hobi tidur, asalkan tidak terlalu lama. Tidurlah setidaknya enam hingga delapan jam setiap malam.

3. Nikmati cokelat favorit Anda.

Beberapa studi menunjukkan bahwa cokelat memiliki manfaat lebih selain memanjakan lidah Anda. Yang terbaru, studi Jerman selama 10 tahun menunjukkan bahwa pemakan cokelat memiliki jantung yang lebih sehat. Spesifiknya, dibanding mereka yang makan lebih sedikit cokelat, orang-orang yang mengkonsumsi 1 ons cokelat tiap hari memiliki tekanan darah lebih rendah dan resiko lebih kecil terserang penyakit jantung dan stroke. Flavanoid, kandungan pada cocoalah yang berperan dalam hal ini. Jadi, jangan ragu, untuk mendapat manfaat besar dengan kalori rendah, konsumsi satu ons dark chocolate tiap harinya.

4. Cari Pelepas Stress.

Menghabiskan waktu untuk memanjakan diri seperti melakukan pedicure, berjalan-jalan di alam, atau menulis jurnal bisa membantu Anda tetap berpikir jernih, mendukung tekanan darah yang sehat dan mengurangi reaksi buruk terhadap stress.  Akhirnya, ini akan membantu jantung Anda. Cari cara pelepas stress yang paling membuat Anda rileks.

5. Makan Popcorn.

Studi dari University of Scranton bahwa banyak makanan whole grain atau biji-bijian utuh seperti popcorn memiliki kandungan polifenol sama kayanya dengan buah dan sayuran. Polifenol adalah antioksidan yang bagus bagi kesehatan jantung. Pilihlah popcorn dengan sedikit siraman minyak zaitun atau mentega yang rendah lemak. 

6. Bersenang-senang dengan teman-teman.

Habiskan waktu Anda dengan teman-teman. Keluarlah beberapa jam bersama mereka secara teratur dan tubuh serta pikiran Anda akan sangat berterima kasih. Orang-orang yang memiliki pergaulan luas dan akrab cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan biasanya lebih aktif sehingga kesehatan jantungnya juga lebih terjaga.

Kunci dari semuanya adalah melakukan hal tersebut tanpa berlebihan. Jangan ragu memanjakan diri Anda karena dengan cara yang tepat, hal itu juga bisa mendongkrak kesehatan Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *