Tiongkok Blokir Gmail

  • Whatsapp

Tiongkok Blokir Gmail – Sebagai negara yang ketat dengan informasi, Tiongkok baru-baru ini dikabarkan telah memblokir akses ke layanan Gmail, mengacu data dari Google dan analisa dari Dyn Research.

Tiongkok Blokir Gmail

Read More

Melihat trafik Gmail yang turun drastis, maka dugaan pemblokiran tersebut semakin jelas tampak turun drastis mendekati angka nol. Hal tersebut melalui hasil laporan transparasi Google yang menyediakan informasi real-time tentang penggunaan layanan tersebut.

Dyn Research, sebuah perusahaan analisa internet mengkonfirmasi jika telah terjadi pemblokiran Gmail dari sisi internet protocol alias IP. 

Seperti dikutip di Mashable, Selasa (30/12/2014), Tiongkok punya sejumlah cara untuk bisa memblokir konten. Salah satu cara yang paling kurang ajar adalah memblokir alamat IP, dan ketika Anda melakukan itu, Anda bisa memblokir segala macam konten yang tersedia di dalam IP itu 

Banyak akses Gmail di Tiongkok yang disalurkan melalui alamat IP Hong Kong telah diblokir. Dari enam lokasi berbeda yang diperiksa, satu di antaranya telah diblok.

Pemblokiran ini bukan lah hal yang mengherankan. Baik Tiongkok maupun Google keduanya punya hubungan yang rumit. Di tahun ini, negara dengan penduduk terpadat di dunia itu telah memblokir akses ke semua layanan Google pada bulan Juni menjelang peringatan ke 25 pembantaian Tiananmen Square.

Seperti diketahui, Tiongkok melarang produk-produk Google lainnya (seperti Picasa dan YouTube) selama bertahun-tahun, tetapi masalah bagi para pengguna Gmail sebagian besar dirasakan mulai bulan Juni, pada peringatan 25 tahun penindasan keras terhadap demonstran prodemokrasi di Lapangan Tiananmen. Sejak itu, dilaporkan bahwa penggunaan Gmail diblokir sedikitnya 15 hari setiap bulan. Data Google menunjukkan penurunan tajam lalu lintas Gmail China/Tiongkok mulai 26 Desember lalu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *