IBX5A49C9BC313D6 Hobi Menulis, Mengantarkan Rika Ke Luar Negeri – Cerita Medan

Hobi Menulis, Mengantarkan Rika ke Luar Negeri

Namanya adalah Rika Maya Sari Harahap, gadis kelahiran Padang Sidempuan Tapanuli Utara ini saat ini sedang menjalankan kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara. Rika, begitu ia biasa dipanggil begitu piawai di dalam hal menulis. Melalui kemampuannya di bidang menulis, dapat mengantarkan ia hingga ke luar negeri. 

Hobi Menulis, Mengantarkan Rika Ke Luar Negeri

Hobi Menulis, Mengantarkan Rika Ke Luar Negeri

Rika mengaku bahwa kemampuannya menulis tersebut berasal dari hobinya semata, namun dari hobinya tersebut menimbulkan kecintaannya dalam dunia menulis. Tulisannya juga tidak semata-mata tulisan indah belaka, namun terdapat aspirasinya terhadap kepedulian sosial dan lingkungan.

Karya tulis miliknya pernah membawa dia menjadi salah satu delegasi Indonesia ke luar negeri. Asian Youth Forum yang diselenggarakan di Filipina adalah perjalanan pertamanya dari hasil karya tulis yang ia tulis. 

Dalam Asian Youth Forum, ia berkesempatan menjadi tenaga pengajar selama seminggu di Filipina, tepatnya Suku Aslidi. Selama mengajar di sana, Rika mengajar anak-anak disana menggunakan bahasa Inggris, dan ternyata banyak penduduk di sana yang bisa menggunakan bahasa Inggris. Banyak pengalaman berharga yang Rika dapatkan saat mengajar disana. Di situ pula ia belajar banyak tentang kepedulian sosial terhadap sesama. Selain menjadi pengajar, Rika juga diminta menjadi perwakilan Indonesia dalam mempresentasikan pariwisata Indonesia dihadapan lebih dari 500 mahasiswa Universitas Pamantasan Ng Lungsod Ng Pasig (PLP), Filipina. Pengalaman di Filipina tersebut turut membawa citra Indonesia di Internasional, pemuda-pemuda lainnya dari luar negeri juga bisa belajar budaya Indonesia, 

Rika sendiri, melalui pengalamannya di Filipina banyak mempelajari budaya-budaya negara lain termasuk budaya di negara Filipina. Selain pengalaman tersebut, Rika juga belajar bahasa Inggris di sana, karena di Asian Youth Forum mereka berinteraksi dengan delegasi lain kebanyakan menggunakan bahasa Inggris. Selama di Filipina ia belajar bahasa Tagalog dengan penduduk sekitar.

Rika Maya Sari Harahap

Pada September 2014, salah satu Essai yang ia tulis mengenai Sains dan Teknologi mengantarkan Rika menjadi salah satu delegasi dalam kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi dan Kedutaan Jepang. Ia tidak menduga jika dia berhasil terpilih mewakili Indonesia karena ia bukan berlatarkan mahasiswa teknik yang notabene lebih menguasai materi tersebut. Di dalam tulisannya, Rika selalu mengutamakan kepedulian terhadap lingkungan. Selama di Jepang, ia banyak mempelajari baik budaya dan teknologi negara Jepang. Dia mengaku sangat kagum terhadap teknologi yang ada di Jepang. “Sudah selayaknya kita mengadopsi kemajuan teknologi negara mereka” katanya.

Mungkin selama ini kita menganggap menulis hanya sebuah hobi saja. Namun, ternyata dengan menulis, kita bisa menyalurkan aspirasi kita, bahkan seperti Rika Maya Sari Harahap, dengan menulis saja ia bahkan bisa pergi ke luar negeri menghadiri konferensi tingkat Internasional. Sebuah kemampuan yang unik ditambah kepribadiannya yang peduli lingkungan, membuat Rika sampai berada di posisi saat ini, menjadi pemuda kebanggaan Indonesia dan mewakili Indonesia di kanca Internasional.

Profil Biodata Rika Maya Sari Harahap

Tempat Tanggal Lahir : Padang Sidempuan, 29 Mei 1992

Pendidikan :

TK Bunga Tanjung, Padang sidempuan 1997-1998

SD Inpres Sadabuan, Padang sidempuan 1998-2004

SMP Yayasan Perguruan Islam Nurul’Ilmi, Padang sidempuan 2004-2007

SMA Yayasan Perguruan Islam Nurul’Ilmi, Padang sidempuan 2007-2010

Universitas Sumatera Utara departemen Ilmu Komunikasi 2012-sekarang

Pengalaman Organisasi :

1. Sekretaris Umum Kolisi Pemuda Hijau Indonesia Regional Sumatera Utara

2. Deputi Jurnalistik Kementerian Komunikasi dan Informasi Pemerintahan Mahasiswa USU

3. Layouter dan  repoter Suara USU

4. Reporter di Reportasekampus.com

Demikian informasi mengenai Hobi Menulis yang Mengantarkan Rika Ke Luar Negeri, semoga menjadi bacaan yang menginspirasi kawan-kawan pembaca Cerita Medan dimanapun berada. (SEE Publisher)

KOMENTAR

BACA JUGA