Medan Debaters Forum; Komunitas Debat dan Berpikir Kritis Berbahasa Inggris

  • Whatsapp

Dalam rangka meningkatkan kemampuan berbicara dan menyatakan pendapat di depan umum atau public speaking sebagai salah satu soft skill yang amat menunjang dalam era kompetisi saat ini, maka telah dibentuk komunitas Medan Debaters Forum, sebuah komunitas yang menaungi berbagai kegiatan dan acara yang berkaitan dengan debat dan analitis kritis berbahasa Inggris.

Read More

Medan Debaters Forum

Medan Debaters Forum; Komunitas Debat dan Berpikir Kritis berbahasa Inggris

Komunitas ini didirikan pada pertengahan Juli 2010. Awalnya bernama Medan Debaters Community, lalu kemudian berubah menjadi Medan Debaters Forum pada 2012. Menurut salah satu pendiri sekaligus Presiden Medan Debaters Forum, Hot Maringan Samosir, perubahan nama ini ditujukan untuk lebih mengapresiasi kebutuhan dan urgensi komunitas dalam menggerakkan dan menyebarluaskan manfaat debat dan berpikir kritis bagi masyarakat luas.

“Kita hidup di negara demokrasi yang tanpa kita sadari, menuntut kita untuk terbiasa menerima berbagai pendapat dan masukan dimana perbedaan dan pertentangan amat sulit dihindari. Guna mengakomodir hal tersebut, maka timbul suatu pemikiran untuk membiasakan para generasi muda melakukan debat yang sehat, kritis dan bertanggungjawab. Debat yang kita maksud di sini adalah simulasi debat parlemen negara-negara parlementer dalam rangka mengesahkan suatu rancangan pemerintah. Melalui debat ini, kapasitas berpikir, menganalisis dan mendengar pendapat orang lain akan semakin berbudaya di masyarakat kita dalam tatanan demokrasi yang toleran,” jelasnya ketika ditemui Cerita Medan.

Untuk semakin mengukuhkan eksistensinya, maka komunitas ini telah mengesahkan akte pendiriannya melalui notaris pada 04 November 2013 lalu. Hal ini juga untuk mendukung legalitas dalam pelaksanaan kegiatan yang bersifat multi institutional. Adapun kegiatan yang telah dilakukan guna mencapai hal tersebut adalah dengan membantu pendirian klub-klub debat bahasa Inggris di berbagai instansi sekolah dan universitas. Selain itu, pelaksanaan lomba yang dilaksanakan secara reguler sebagai ajang aktualisasi kemampuan serta penyediaan sumber daya manusia pengajar menjadi agenda penting yang sedang dijalankan.

“Sedari awal, kami menyadari bahwa orientasi komunitas ini adalah institutional-oriented, bukan people-oriented. Dalam hal ini, penyebarluasan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya ruang publik untuk berdebat secara sehat dan ilmiah hanya akan terwujud bila dimulai dari institusi pendidikan dimana para generasi muda sebagai agen perubahannya. Saat ini kami telah melakukan banyak kerjasama baik dengan pihak pemerintah maupun swasta, serta beberapa media lokal termasuk Cerita Medan. Harapan kami saat ini adalah bagaimana kami dapat mengembangkan sayap kerjasama dengan pihak korporat guna menyodorkan ide debat ini sebagai bagian dari pelaksanaan Corporat Social Responsibility guna meningkatkan kapasitas berpikir generasi muda,” jelasnya lebih lanjut.

Secara garis besar, ada tiga sistem debat yang biasa digunakan dalam format kompetisi atau turnament, yaitu Asian Parliamentary System, Australasian Parliamentary System dan British Parliamentary System dimana pada pelaksanannya ada 3 kategori lomba yang biasa digelar: (i) high-school category, (ii) varsity category and (iii) open category dimana akan ada yang menjadi pendebat (debater) baik dari pihak positif maupun negatif serta menjadi juri (adjudicator) yang akan menentukan siapa yang menjadi pemenang debat tersebut.

Institusi baik sekolah, universitas serta lainnya yang berminat untuk mengembangkan English Club mereka dengan English Debating Material  dapat menghubungi contact person: +6285276537097 atau mention ke akun twitter @medandebaters. Informasi lebih lengkap dapat dilihat pada Facebook Group: Medan Debaters Forum (The Official Group) dan Facebook Fan Page: Medan Debaters Forum (The Official Page) 

Adapun dokumentasi Foto adalah sebagai berikut:

Medan Debaters Forum

Keikursertaan Medan Debaters Forum pada International Education Centre (IEC) Debate Open 2013

Medan Debaters Forum

Medan Debaters Forum menerima Penghargaan dari Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan International Asia (STBA-PIA) pada Maret 2014.

Medan Debaters Forum

Keikutsertaan Medan Debaters Forum sebagai Tim Dewan Juri Lomba Debat Berbahasa Inggris Tingkat SMK Pemko Medan pada Oktober 2014.

Medan Debaters Forum

Keikutsertaan Medan Debaters Forum sebagai Juri Undangan (Invited Adjudicator) pada USU English Debate Workshop dan USU English English Debating Championship 2014 di Universitas Sumatera Utara pada November 2014

Medan Debaters Forum

Keikutsertaan Medan Debaters Forum sebagai Tim Dewan Juri pada lomba Debating on Critical Argument (DRAGON) di Universitas Negeri Medan Tahun 2013.

Medan Debaters Forum

Keikutsertaan Medan Debaters Forum sebagai Tim Dewan Juri pada lomba Debat Berbahasa Inggris Tingkat Nasional USU Be Pro 2014 di Universitas Sumatera Utara pada Oktober 2014.

Medan Debaters Forum

Keikutsertaan Tim Medan Debaters Forum pada Lomba Debat Berbahasa Inggris Tingkat Nasional UMSU Debate Open 2014 dimana Medan Debaters Forum berhasil menjadi Juara Nasional untuk pertamakalinya di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Desember 2014 lalu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *