Kumpulan Gambar Kodok Terbesar di Dunia

  • Whatsapp

Kumpulan Gambar Kodok Terbesar di Dunia ini merupakan fenomena alam yang coba dituliskan beserta gambar katak dan gambar kodok yang dirangkum. 

Kumpulan Gambar Kodok Terbesar di Dunia

Read More

Perbedaan Katak dan Kodok

Perbedaan dan penyebutan katak dan kodok lebih umum digunakan dalam budaya populer. Seperti disadur dari alamendah.org, umumnya masyarakat membedakan keduanya berdasarkan beberapa ciri fisik seperti bentuk tubuh, bentuk kaki belakang, tampilan kulit, kemampuan melompat, dan tempat hidupnya. Dalam bahasa Inggris katak disebut sebagai “frog” sedangkan kodok dinamai “toad“. Di Indonesia kodok kerap juga disebut sebagai “bangkong”.

Beda Kodok dan Katak Secara Fisik :

Kulit; Umumnya katak memiliki kulit halus, lembab, dan berlendir, sedangkan kodok atau bangkong memiliki kulit kasar, berbintil-bintil, dan kering.

Bentuk kaki belakang; Umumnya kaki belakang katak kuat, panjang, dan berseput yang diadaptasikan untuk melompat, memanjat, dan berenang. Sedangkan kaki belakang kodok pendek karena lebih disesuaikan untuk berjalan sehingga kurang pandai melompat.

Bentuk tubuh; Umumnya katak memiliki bentuk tubuh yang ramping. Sedangkan kodok memiliki tubuh yang gemuk dan pendek.

Kemampuan melompat; Umumnya katak mampu melompat hingga jauh bahkan jenis-jenis katak pohon mampu melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Sedangkan kodok umumnya kurang pandai melompat.

Konsumsi manusia; Beberapa jenis katak (seperti sawah, katak hijau, dan katak totol) diperdagangkan dagingnya untuk dikonsumsi. Sedangkan kodok umumnya tidak dikonsumsi manusia.

Perbedaan-perbedaan fisik tersebut tidak selalu benar. Sebagai contoh adalah kodok merah (Leptophryne cruentata). Meskipun sering kali disebut juga sebagai katak merah namun katak langka ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai Bleeding Toad atau Fire Toad. Padahal dilihat dari fisiknya ia mempunyai kaki belakang yang ramping. 

Setelah paham sedikit mengenai Katak dan Kodok, dibawah ini dibagikan Kumpulan Gambar Kodok Raksasa di Dunia :

Gambar : ridwanaz.com

Kodok raksasa dari afrika yang memiliki nama latin pyxicephalus adspersus. Kodok raksasa dari afrika ini beratnya bisa sampai 2 kg, dan panjanya bisa sampai 24 cm, dan mampu melompat sampai ketinggian 12 kaki. menurut info dari wayantulus.com,  Kodok raksasa ini bisa ditemuka di afrika bagian selatan, tengah dan timur, untuk ukuran paling besar bisa dijumpai di Kamerun.

Selain itu, ada lagi nih kodok raksasa yang besar-besar :

Kumpulan Gambar Kodok Terbesar di Dunia

Foto dibawah ini : Bull Frog Afrika, Kodok Terbesar di Dunia yang berbintik hijau ini mempunyai beberapa kebiasaan yang unik seperti memangsa hewan yang besar. 

Karnivora amphibi ini memiliki sifat agresif, dapat melompat hingga 12 kaki dan memiliki gigi seperti pecarahan kaca untuk menyobek mangsa yang didapatnya. Berat kodok dua kilogram dan panjang 24 cm dan tumbuh dari kokon kedap air untuk menghindari diri dari kekeringan akibat sinar matahari

Kumpulan Gambar Kodok Terbesar di Dunia
Gambar : wayantulus.com

Kumpulan Gambar Kodok Terbesar di Dunia

Gambar Kodok Animasi :

Gambar : Reuters

Baca Juga : Fenomena Kodok Ijo di DP BBM 

Demikianlah artikel mengenai Kumpulan Gambar Kodok Terbesar di Dunia, semoga bisa menjadi informasi yang berguna bagi Anda pembaca Cerita Medan dimanapun berada. Salam kodok!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *