Mau Tahu Bedanya Gaya Hidup di Indonesia dengan Singapura?

  • Whatsapp

Gaya Hidup di Indonesia dengan Singapura

Gaya Hidup di Indonesia dengan Singapura

Membandingkan sesuatu memang harus di segmen yang tepat artinya tidak terlalu jauh seperti langit dan bumi. Nah, di dalam artikel ini akan dibahas tentang perbedaan gaya hidup di Indonesia dengan Singapura namun tidak bermaksud apa apa. Alias, hanya sekedar berbagi tentang informasi yang bisa saja menambah pengetahuan. Seperti apa? Yuk, simak hal berikut ini :

Membeli Rumah

Di Singapura, jika ingin memiliki sebuah rumah meski satu lantai sekalipun tidak semudah di Indonesia. Mereka diwajibkan untuk membeli apartemen yang disediakan oleh Pemerintah setempat dengan kisaran harga $S 250,000 hingga $S 700,000 tergantung ukuran. Karena disediakan oleh Pemerintah, maka masyarakat yang membeli hanya diberi hak guna saja dan itu pun selama 99 tahun. Lepas dari tahun tersebut, maka Pemerintah berhak untuk mengambilnya kembali.

Bagaimana dengan di Indonesia? Beruntunglah kita karena memiliki satu rumah dengan lantai satu saja tidak sesulit mereka. Bahkan, kelengkapan seperti taman hingga kolam renang sekalipun bisa dengan mudah didesain.

Peraturan dan Denda

Singapura adalah negara yang penuh dengan aturan yang wajib dipatuhi. Jika tidak, bersiaplah untuk dikenai denda sesuai dengan kesalahan yang diperbuat. Sebut saja, tidak boleh meludah sembarangan, tidak boleh membuang sampah tidak pada tempatnya hingga merokok sembarangan. Enak? 

Sementara di Indonesia, semua hal tersebut bisa dilakukan kapan dan dimana saja karena tidak ada aturan khusus dan tidak didenda.

Pengawasan

Meski di jalan raya sangat jarang ditemukan polisi, tapi pengendara kendaraan di Singapura sangat teratur. Mengapa? Karena di setiap sudut jalan sudah terpasang CCTV yang akan memantau segala gerak gerik mereka. Melanggar aturan? Bersiaplah untuk dicabut SIMnya. Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Sayangnya, meskipun ada polisi yang berpatroli, mereka tetap melanggar sejumlah aturan. Denda yang diberikan pun terkadang tak memberi efek jera.

Harga Makanan

Untuk yang satu ini, Indonesia layak bangga karena harga makanan yang diberi penjual sangatlah murah dan kenyang. Terutama jika makan di warung tenda namun tak kalah rasanya dengan restoran. Hanya dengan membayar kurang lebih 15 ribu, Anda sudah bisa makan sepuasnya. Sementara, di Singapura Anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi atau setidaknya 50 ribu untuk sekali makan.

Persaudaraan

Kalau ini pastinya tidak ada yang mengalahkan persaudaraan di Indonesia. Satu kampung sudah pasti saling mengenal satu dengan yang lainnya terutama bila tinggal di pedesaan. Bagaimana dengan Singapura? Bisa dihitung jumlah warga yang saling menyapa karena kesibukan serta lokasi tempat tinggal mereka. 

Itulah beberapa perbedaan gaya hidup kedua negara dimana masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Meski demikian, mengambil yang baik adalah cara hidup yang benar dimana akan menjadi inspirasi bagi semua orang yang melihat. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *