Sekilas Fokus USU

  • Whatsapp

Fokus USU adalah singkatan dari Fotografi Komunikasi Universitas Sumatera Utara.  Sebuah komunitas fotografi milik mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, yang anggotanya adalah mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi FISIP USU itu sendiri. Komunitas ini berada dibawah naungan Divisi Fotografi Jurnalistik IMAJINASI (Ikatan Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi), namun bukan berarti komunitas ini hanya mempelajari fotografi jurnalistik saja, komunitas ini juga mempelajari dunia fotografi secara umum.

Fokus USU

Read More


Fokus USU berdiri pada tanggal 24 Mei 1998 dengan hasil kerjasama antara Haris Wijaya (selaku dosen Fotografi di Departemen Ilmu Komunikasi USU) beserta teman-temannya. Namun pada tahun 2001, Fokus sempat vakum dikarenakan harga-harga peralatan fotografi yang sangat mahal. Pada tanggal 17 Mei 2010, dipelopori oleh Alm. Budi Marahim, Fokus USU kembali aktif hingga sekarang.

Banyak kegiatan fotografi yang sudah diadakan ataupun diikuti oleh Fokus USU. Diantaranya pada tahun 2011, Fokus USU pernah menjadi pengajar Fotografi di  SMA Harapan 3 Medan dan di tahun yang sama Fokus USU turut serta dalam kegiatan Street Hunting pertama yang diadakan di Medan. Di tahun-tahun berikutnya, Fokus USU tidak berhenti berpartisipasi dalam kegiatan fotografi, misalnya mengadakan workshop fotografi dan gathering bersama komunitas fotografi lain dan tentunya ikut serta pula dalam berbagai seminar, pameran, maupun workshop fotografi yang ada. 

Fokus USU juga pernah ikut dalam kegiatansosial, seperti bergabung dalam kegiatan Peduli Sinabung yang dilakukan para komunitas fotografi yang ada di Medan.

Hingga 2014 ini, Fokus USU masih sering mengikuti kegiatan fotografi yang diadakan di Kota Medan. Kegiatan terakhir yang diikuti oleh Fokus USU di tahun 2014 adalah ikut serta dalam Pameran Foto yang besar di Kota Medan yaitu “Salon Foto Indonesia ke 35”. Bukan hanya sebagai peserta, beberapa anggota Fokus USU juga terlibat menjadi panitia dalam kegiatan tersebut.

Fokus USU

Fokus USU

Selain itu Fokus USU pernah mendapatkan kesempatan memuat hasil foto dari anggota Fokus USU di Majalah Eksposure edisi November tepatnya pada halaman 32-37 (lihat bit.ly/expmagz76)

Fokus USU
(foto: DidieRockavanka)

Fokus USU
(foto: Edwar Kevin)
(foto: Yare Gracia)

Sekian informasi singkat dan Sejarah Fokus USU, semoga artikel ini dapat menjadi bacaan yang bermanfaat bagi Anda. (E Publisher)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *