Vitamin Jangan Diberikan Sembarangan

  • Whatsapp

Vitamin Jangan Diberikan Sembarangan – Anak tak nafsu makan, diberikan vitamin. Anak kurus, diberikan vitamin. Anak tak mau makan sayur diberikan vitamin. Ini adalah kebiasaan yang terjadi di kalangan orangtua. Apalagi iklan yang jor-joran memapar kita soal kesehatan anak. 

Vitamin Jangan Diberikan Sembarangan
Sumber Gambar : vitaminanak.net

Padahal secara umum, menurut Dr. Dini dari Klinik Harapan Bunda, Medan, vitamin, juga tak perlu disediakan di rumah. Sebab, vitamin hanya diberikan pada anak-anak yang baru sembuh dari sakit atau sedang sakit berat. 

Read More

“Jangan hanya karena anaknya tak nafsu makan atau tubuhnya kecil, lantas diberikan vitamin,” tukasnya. Lebih baik, ayah atau ibu mencari tahu dulu, kenapa anaknya tak mau makan. Karena sakit atau jangan-jangan menunya yang kurang bervariasi sehingga anak bosan dan tak mau makan. 

Lagi pula, tambahnya, vitamin banyak terdapat di dalam makanan. Jadi, bila memang nutrisinya seimbang, si kecil tak harus diberikan vitamin. 

Tubuh kecil, juga jangan selalu diartikan harus diberi tambahan vitamin. Tanyakan dulu ke dokter, apakah itu karena penyakit. Kalaupun sakit, vitamin belum tentu bisa menyelesaikan masalah. Tergantung penyakitnya. Tubuh kecil, terangnya, bisa juga disebabkan cacingan atau TBC. “Nah, TBC dan cacingannya itu yang harus diobati!” tandasnya. 

Hal ini memang penulis alami. Berat badan Aira, puteri penulis selalu berada di dekat garis merah (garis merah adalah batasan antara anak cukup gizi dengan kurang gizi di dalam kartu menuju sehat-red). Banyak orang menyarankan memberikan beragam vitamin. Namun, menurut dr. Dini, selama anak sehat dan tidak mengalami gangguan kesehatan, vitamin bukanlah pilihan. 

“Variasikan saja makanannya, perhatikan juga proses memasaknya,” tegas Dini. Karena, lanjutnya, vitamin yang terbaik adalah yang alami.(anggraini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *