TOP USU Patenkan Bahan Bakar Air+Bioethanol

  • Whatsapp

TOP USU berhasil patenkan bahan bakar bioethanol yang merupakan salah satu bentuk energi terbaharui yang dapat diproduksi dari tumbuhan. Bio-etanol biasanya diperoleh dari tanaman pertanian. Tanaman pertanian ini dianggap bisa diperbaharui karena mereka mendapatkan energi dari matahari melalui fotosintesis.

TOP USU Patenkan Bahan Bakar Air+Bioethanol
TOP USU Patenkan Bahan Bakar Air+Bioethanol
Gambar : usu.ac.id

Dekan FMIPA Dr. Sutarman, MSc menyebutkan saat ini Team of Auto-Physics Departemen Fisika FMIPA USU sudah mengeluarkan beberapa hasil penelitian, namun baru kali inilah hasil karya berbahan air+bioethanol tersebut dipatenkan. “Kalau semangat dosen dan para mahasiswa yang tergabung dalam tim tersebut lemah hal itu tidak akan tercapai, katanya seperti dikutip Cerita Medan dari usu.ac.id, Minggu (30/11).

Read More

Salah satu tim TOP USU, Dr. Tulus Ikhsan Nasution, mengatakan bahwa pengembangan tentang penelitian pembuatan sepeda motor ramah lingkungan telah dilakukan TOP USU (sebelumnya bernama Physics Research Group, PRG) sejak tahun 2009 atas dasar kesadaran akan isu global warming dan krisis energi fosil yang terus menjadi masalah hangat dibicarakan. Sejauh ini sudah ada 3 sepeda motor yang diciptakan yaitu sepeda motor berbahan bakar bioethanol 99 + air, sepeda motor berbahan bakar bioethanol 96 + air dan sepeda motor berbahan bakar premium + air. Baik sepeda motor berbahan bakar bioethanol + air maupun premium + air memiliki beberapa kelebihan dari sepeda motor konvensional yaitu bahan bakarnya dapat diperbaharui, emisi gas buang yang ramah lingkungan dan performa serta kecepatan sepeda motor yang jauh lebih tinggi dari sepeda motor konvensional.

Dari tahun 2010 hingga 2012, penelitian TOP USU didanai oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) dan mulai 2014, dana penelitian sepenuhnya dibiaya oleh PT. Pertamina. Rencananya, semua sepeda motor hasil penelitian TOP USU akan dikirim ke Jakarta pada tanggal 20 November ini untuk dipamerkan pada acara ulang tahun Pertamina pada tanggal 10 Desember ini. 

TOP USU Patenkan Bahan Bakar Air+Bioethanol

Penghematan baik untuk bioetanol dan premium sudah diatas 20% tanpa menggunakan katalis ataupun campuran bahan kimia lainnya. Metode yang digunakan sepenuhnya menggunakan proses fisis sehingga lebih murah, lebih praktis dan bahkan lebih Green-Tech.

Dari tulisan diatas: TOP USU Patenkan Bahan Bakar Air+Bioethanol, semoga semakin banyak karya Anak Bangsa yang bisa dibanggakan. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *