Tips Jaga Akun dari Hacker

  • Whatsapp

Gemerlap dunia maya menyimpan sejuta masalah, salah satunya adalah masalah keamanan privasi. Tips Jaga Akun dari Hacker berikut ini dituliskan untuk Anda agar lebih berhati-hati dalam memproteksi kepemilikan seluruh akun yang dimiliki.

Tips Jaga Akun dari Hacker

Berikut beberapa langkah untuk mengamankan akun Anda dari serangan hacker dan scammer.

1. Mengunci password Anda 

Menjaga keamanan password yang baik adalah salah satu cara termudah untuk melindungi akun Anda. Buatlah sandi yang terdiri dari angka, huruf dan tanda baca. Keunikan pasword memang perlu namun tetap harus mudah diingat. 

Selain itu, buatlah pertanyaan keamanan yang juga hanya diketahui Anda jawabannya. Karena meski paswordnya kuat, tapi pertanyaan keamanannya mudah ditembus tentu akan membuat akun Anda lebih rentan. 

2. Amankan koneksi Anda 

Ketika login ke akun sensitif, tempat terbaik untuk melakukannya adalah di rumah.  Jika terpaksa harus membuka akun di tempat umum, pastikan Anda sudah keluar dari akun Anda dengan aman. 

Jika Anda harus menggunakan Wi-Fi, menambah keamanan ekstra dengan Virtual Private Network. Ini menciptakan aman, hubungan terenkripsi dengan server pihak ketiga, dan Anda mengakses situs Anda melalui link tersebut. Ini adalah tingkat perlindungan ekstra bahwa hacker tidak harus bisa retak. Pada laptop, CyberGhost adalah pilihan yang baik. Pada tablet atau smartphone, periksa Hotspot Shield VPN atau avast! SecureLine VPN. 

Ketahuilah bahwa VPN memperlambat kecepatan Internet Anda. Mematikannya untuk streaming video dan browsing umum. 

3. Mengatur peringatan akun 

Atur pada akun perbankan Anda untuk mengirimkan teks peringatan ketika ada pembelian ataupun penarikan dari kartu Anda.Banyak rekening online juga menawarkan sesuatu yang disebut two-step verification, atau otentikasi dua langkah. Ini bagus. Untuk login dari perangkat yang tidak dikenal atau lokasi, Anda memerlukan kata sandi dan kode dari akun email yang terpisah atau teks smartphone. 

4. Hindari penipuan phishing 

Bahkan jika hacker tidak mendapatkan informasi kartu kredit atau nomor rekening, mereka biasanya mendapatkan hal terbaik berikutnya: Nama Anda dan alamat email. 

Itulah yang mereka butuhkan untuk memulai serangan phishing. Jenis populer serangan phishing adalah email palsu yang mengaku dari sebuah perusahaan nyata yang meminta Anda untuk mengklik link atau download lampiran. 

Berkat pelanggaran data, hacker tahu persis perusahaan apa yang Anda gunakan. Anda mungkin mendapatkan email yang mengaku dari JPMorgan Chase mengatakan bahwa akun Anda memiliki masalah dan Anda perlu untuk mengklik link atau download file untuk lebih jelasnya. 

Tentu saja, link tersebut akan membawa Anda ke situs berbahaya yang menyamar sebagai halaman Chase, atau lampiran email akan berisi virus data mencuri. Akhirnya, hacker bisa mendapatkan username dan password, atau informasi sensitif lainnya. 

Ingat, tidak ada perusahaan yang sah akan meminta Anda untuk mengklik link atau men-download lampiran email untuk memperbarui rincian akun Anda. 

5. Waspada 

Cara terbaik untuk memastikan rekening bank online Anda, atau akun lainnya, tetap aman adalah dengan memperhatikan. Penangkapan masalah kecil dini dapat mencegah hacker  membuat yang lebih besar nanti.  

Dalam dunia cybercriminal ada istilah, “fullz.” Sebuah fullz semua informasi pencuri perlu mengasumsikan identitas orang lain dan berlaku untuk kredit di bawah nama mereka. 

Ketika hacker mendapatkan fullz Anda, mereka sering kelompok dengan fullz dari orang lain dan menjual seluruh paket online. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang fullz dan bagaimana mereka dibeli dan dijual. 

Setelah membeli fullz sebuah, penjahat akan menguji. Dia akan menempatkan pembelian skala kecil beberapa menggunakan rincian account Anda. Jika Anda tidak mengambil tindakan apapun, dia akan terus melakukan pembelian kecil. Akhirnya, penjahat akan menguras rekening Anda. Karenanya, jika ada transaksi aneh dalam akun Anda, segera hubungi bank Anda.

Sekilas informasi mengenai Tips Jaga Akun dari Hacker yang dipaparkan diatas semoga dapat membantu Anda mengurangi keinginan pihak yang tidak berkepentingan mengutak-atik akun milik Anda.(foxnews)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *