Tips Jitu Agar Baterai Smartphone Awet Muda

  • Whatsapp

Tentu saja, yang namanya kehabisan baterai merupakan satu hal yang ditakutkan bagi semua pengguna smartphone atau gadget canggih. Dan itu bisa saja terjadi bagi mereka yang menggunakan basis iOS seperti iPad, iPod dan smartphone lainnya.

Tips Jitu Agar Baterai Smartphone Awet Muda

Read More

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat baterai smartphone awet, atau setidaknya meminimalisasi daya yang dianggap tak perlu. Apa saja itu? 

1. Hindarkan Pengunaan Background App Refresh Jika Dirasa Kurang Penting

Sebenarnya aplikasi Background App Refresh merupakan fitur iOS 7 yang bermanfaat agar semua system bisa mendapat informasi terbaru seputar update tanpa terlalu menghabiskan baterai atau daya perangkat.

Hanya saja, bukan berarti semua aplikasi yang ada di smartphone ini perlu senantiasa dilakukan pemberitahuannya. Sebut saja, beberapa kasus seperti penggunaan Facebook dimana fitur ini sebaiknya dimatikan untuk bisa menghemat daya gadget. 

2. Menurunkan Tingkat Kecerahan Layar

Banyak yang tidak menyadari bahwa kecerahan  layar merupakan cara yang mampu menghabiskan banyak baterai. Untuk mencegahnya, sebaiknya aturlah kecerahannya sampai batas dimana pengguna bisa membaca dengan jelas. Caranya cukup mudah yaitu pergi ke menu Setting  kemudian tekan atau pilih Brightness & Wallpaper setelah itu matikan Auto-Brightness.

3. Tak Perlu Mengaktifkan Push Notification

Rasanya seperti sedang dikejar penggemar jika setiap saat smartphone yang digunakan terdengar notifikasi. Namun, tak banyak yang tahu jika setiap kali notifikasi ini dikirim, gadget yang dimiliki seperti “dipaksa” untuk bangun dan kemudian menyalakan layar selama beberapa waktu selagi menunggu masukan dari pengguna. 

Meskipun menonaktifkan Push Notification untuk beberapa aplikasi yang digunakan tidak memberi manfaat yang cukup besar, tetapi setidaknya cara ini bisa membantu untuk mengurangi penggunaan baterai.

4. Jauhkan Smartphone dari Paparan Sinar Matahari.

Sangat disarankan untuk menjauhkan iPod, iPad dan iPhone dari paparan sinar matahari baik secara langsung atau pun tidak. Selain itu, hindari juga kondisi panas seperti kantong celana, ruangan non AC atau tanpa adanya ventilasi udara. 

Mengapa? Karena sumber panas ini sangat mudah untuk mengurangi efektifitas baterai dibanding hal apapun termasuk penggunaan aplikasi. Untuk itu, simpanlah gadget di tempat yang sejuk dan bebas dari panas. 

5. Matikan Automatic Download

Sebagai pengguna gadget, tentu sah sah saja untuk mendapatkan informasi terbaru tentang musik, aplikasi yang diinstal secara otomatis. Namun, perlu diketahui jika cara ini cukup membutuhkan banyak daya. Untuk itu, bijak menggunakan fasilitas ini dengan cara memasang pada aplikasi tertentu saja adalah tepat. Selain karena mampu membuat daya baterai tahan lama, pengguna pun bisa fokus dengan aplikasi yang akan diperlukan.

Ternyata, cukup mudah bukan untuk menghemat baterai? Lebih baik menjaga ketahanan daya perangkat dari pada harus membeli yang belum tentu kualitasnya sama dengan yang aslinya. Ok, sekian tips baterai hp awet, semoga menjadi informasi yang berguna bagi Anda pembaca Cerita Medan pengguna smartphone yang dalam sehari bisa charger baterai berulang kali.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *