Singles’ Day : Dari Tiongkok Ke Kota Medan

  • Whatsapp

Singles’ Day atau One’s Day atau Gun Jie adalah salah satu budaya pop yang diperingati di negeri Cina/Tiongkok setiap tanggal 11 november oleh kaum muda yang masih single atau belum menikah. Perayaan hari tersebut dimulai dengan menikmati 2 pasang cakue dan sebuah kue mantou. Cakue melambangkan deretan empat angka 1 pada 11.11 dan sebuah kue mantou melambangkan titik diantara deretan angka satu tersebut. Perayaan yang biasa dilakukan sebagai salah satu tradisi memperingati Singles’ Day ini adalah dengan menikmati makan malam bersama teman-teman yang juga single dengan menunjukkan kemandirian mereka. 

Namun, ada juga yang memilih tanggal tersebut untuk mengucapkan selamat tinggal kepada status single nya dengan mengikuti pesta blind date atau bahkan memilih tanggal ini sebagai tanggal pernikahan mereka. 

Read More

Beberapa tahun belakangan ini, Singles’ Day mendapat perhatian yang semakin luas. Hal ini dimulai pada tahun 2009 ketika sebuah perusahaan online retail, Alibaba memanfaatkan momen ini untuk menggelar sebuah promosi belanja besar-besaran dan mendulang sukses hingga pada setiap tahun mereka mengadakan program tersebut yang kemudian mulai diikuti oleh pusat perbelanjaan maupun online shopping lainnya. 

Terlepas dari sejarah dan cerita dibalik Singles’ Day, yang menarik dari perayaan ini adalah bagaimana perayaan Singles’ Day dapat menghasilkan keuntungan yang begitu besar bagi sebuah perusahaan online retail sejak pertama kali diadakan. Bahkan di tahun 2014 ini, Alibaba sudah berhasil menjual berbagai macam barang senilai total 2 juta dollar dalam 4 jam pertama promo Singles Day Shopping Bonanza di Cina/Tiongkok. 

Singles' Day : Dari Tiongkok Ke Kota Medan

Fenomena ini menjadi sebuah peluang bagi bisnis retail di Indonesia, termasuk Sun Plaza, untuk dapat mengambil bagian dalam kesuksesan tersebut. Di mulai pada tahun ini, Sun Plaza menyelenggarakan kegiatan promosi Singles’ Day di Kota Medan dengan mengadakan kegiatan satu hari program promosi spesial yang diselenggarakan pada tanggal 11 november lalu dan satu hari perayaan Singles Day pada tanggal 15 November 2014, dengan menggelar talkshow dan lomba makan cakue yang menjadi lambang deretan angka 1. 

Singles' Day : Dari Tiongkok Ke Kota Medan
Lomba Makan Cakue 

Singles' Day : Dari Tiongkok Ke Kota Medan
Pemenang Lomba

“Di hari Singles’ Day para single menikmati hari bersama teman-temannya, jadi kami ingin menghadiahi para pemenang lomba dengan mengajak mereka menikmati Hi Tea di salah satu cafe yang ada di Sun Plaza bersama teman-temannya,” jelas Elphiera Christie, Assistant Marcom Manager Sun Plaza. 

Melihat peluang yang positif ini, program Singles’ Day akan menjadi agenda tahunan bagi Sun Plaza selain program-program regular yang telah ada. “Dan diharapkan dapat memperoleh kesuksesan yang sama dengan di negeri asalnya yaitu negeri Cina/Tiongkok,” ujar Elphiera menutup kata tentang Singles’ Day : Dari Tiongkok Ke Kota Medan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *