Ini Alasan Pil KB Cegah PMS

  • Whatsapp

Premenstrual Syndrome (PMS) kerap melanda wanita saat menjelang datangnya tamu bulanan. Gejalanya bisa berbeda-beda. Ada perubahan emosi, ada juga fisik. Salah satunya adalah sakit atau nyeri didaerah perut. 

Pil KB Cegah PMS

Read More

Spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr Binarwan Halim SpOG, mengatakan, premenstrual dysphoric disorder (PMDD) atau biasa disebut gangguan disforia prementruasi telah mempengaruhi jutaan wanita dalam kehidupan sehari-hari dan mengakibatkan menurunnya kualitas hidup.

Cara umum, gejala pra haid dialami wanita sejak tujuh hari sebelum haid datang. Tentu saja gangguan PMDD ini berdampak negatif terhadap hubungan dengan teman dan keluarga, aktivitas sosial, dan produktivitas kerja.

Sebuah penelitian menemukan bahwa sebuah pil kontrasepsi dengan kandungan hormon esterogen, ethinil estradiol (EE) yang rendah bermanfaat menurunkan risiko terjadinya PMDD. Misalnya saja pil kontrasepsi dosis rendah dengan kandungan 3 mg drospirenon per 20 mcg ethinil estradiol. Pil kontrasepsi ini merupakan kontrasepsi dosis rendah dengan regimen inovatif terbaru 24/4 yang memberikan kestabilan hormonal lebih tinggi dalam siklus bulanan.

Dengan kandungan 3 mg drospirenon per 20 mcg ethinil estradiol, pil kontrasepsi ini juga memiliki kontrol siklus yang baik yaitu memiliki efek positif terhadap proporsi wanita yang mengalami menstruasi sebesar 89,6 persen pada baseline dan 92 sampai 94,4 persen selama siklus ke-2 hingga ke-13.

Guru Besar FK-USU, Prof dr Delfi Lutan MSc, SpOG (K), mengatakan, pil kontrasepsi yang mengandung Cyproteron Acecate (CPA) selain sebagai alat untuk kontrasepsi yang cukup efektif, juga dapat mengatasi gejala hiperandrogen pada wanita.

Hiperandrogen adalah peningkatan kadar endrogen bebas yang beredar dalam darah yang tidak terikat pada protein atau dengan kata lain disebut bekerjanya androgen secara berlebihan diluar batas normalnya.

Gejala hiperandrogen pada wanita dapat terlihat antara lain pada kulit yakni kulit berminyak terutama pada bagian wajah hingga munculnya jerawat yang berlebihan.

Pil KB yang mengandung CPA dapat meminimalisir semua permasalahan yang biasa dihadapi kaum hawa, karena pil tersebut selain untuk alat kontrasepsi juga berfungsi mengatur hormon androgen dengan cara memblok efek androgen.

“Jadi kesimpulannya pil KB dengan CPA merupakan pilihan kontrasepsi bagi wanita yang ingin ber-KB dan ingin tetap cantik,” katanya. 

Sekian artikel Pil KB Cegah PMS, semoga beberapa paragraf informasi diatas dapat menjadi informasi berguna bagi pembaca Cerita Medan dimanapun berada.(anggraini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *