10 Penghalang Kesuburan yang Wajib Diketahui Bagi Pasangan

  • Whatsapp

Keinginan menjadi pasangan yang subur diusia muda, tentu menjadi faktor terpenting dalam menjalin kehidupan berumah tangga. Siapa sih yang tidak menginginkan kehadiran si kecil di tengah keluarga. Sayangnya, tidak semua diberi anugerah untuk bisa hamil dikarenakan beberapa sebab. 

10 Penghalang Kesuburan yang Wajib Diketahui Bagi Pasangan

Read More

Berikut ini 10 penghalang kesuburan seseorang yang perlu diwaspadai seperti :

1. Rokok

Ini bukan satu hal yang baru lagi dan merupakan penghalang keseburan terbesar seseorang untuk bisa memiliki anak. Ada puluhan zat kimia yang bisa membuat sperma jadi lambat untuk bergerak, resiko keguguran, menghambat ovulasi serta terhalangnya rahim akibat penumpukan lendir pada leher.

2. Usia

Wanita yang berusia 35 tahun keatas akan mengurangi kemungkinan untuk hamil karena berkurangnya jumlah sel telur setelah mengalami menstruasi selama bertahun tahun. Selain itu, kualitas sel telur juga ikut menurun dan adanya kecenderungan sel telur tak siap untuk dibuahi. 

3. Kafein

Jangan jadikan hobi kongkow bersama teman dengan secangkir kopi karena potensi harapan untuk memiliki anak bisa kecil. Adapun kadar kafein yang cukup tinggi dalam kopi sangat berpotensi untuk menekan produk hormon progesterone dan estrogen sehingga ovulasi jadi lambat terjadi. Selain itu, kafein juga bisa mengganggu siklus haid sehingga tingkat kesuburan pun rendah.

4. Membawa Kendaraaan

Oksida nitrogen, timah serta karbon monoksida yang ada pada gas buangan kendaraan sangat berpengaruh terhadap kesuburan seseorang. Kualitas sperma dan sel telur bisa terjadi akibat pengaruh asap kendaraan ini. Apalagi, suhu panas dari mesin kendaraan juga beresiko pada daya tahan sperma jika duduk di kendaraan selama kurang lebih 6 jam per harinya. 

5. Radiasi

Adalah penyebab yang paling berbahaya karena bisa mematikan sel tubuh. Adapun dampak buruk yang terjadi adalah siklus menstruasi akan terhenti padahal belum memasuki masa menopause. Selain itu, produksi sel telur dan sperma akan terganggu dan menurunkan gairah seksual.

6.  Stres

Gaya hidup yang tak sehat sangat rentan menimbulkan seseorang mudah stres dan cemas. Yang paling akut malahan depresi yag bisa menurunkan kualitas hormon testoteron dan sel telur. Tak hanya itu, resiko lainnya adalah hubungan suami istri juga semakin menurun.

7. Alkohol

Selain dilarang, alkohol ini juga memiliki resiko untuk mengurangi kesuburan karena merusak metabolisme progesterone dan estrogen. Pastinya, pembuahan akan sulit terjadi karena sperma jadi lambat untuk bergerak dan volume air mani akan menurun.

8. Ponsel

Jangan pernah mengantongi ponsel di saku celana jika tak ingin kesulitan untuk mendapatkan anak. Hal ini dikarenakan pancaran elektrostatik dan elektromagnetik pada smartphone sangat beresiko pada pengurangan jumlah sperma. 

9. Laptop 

Hawa panas yang terdapat pada perangkat teknologi ini bisa meningkatkan suhu testis. Akibatnya, kondisi sperma tak lagi prima alias mati. Biasanya, kondisi ini terjadi jika meletakkan laptop diatas paha dalam waktu lama.

10. Makanan Tak Sehat

Restoran cepat saji dengan menu menarik memang membuat rasa lapar semakin terasa. Tapi, tahukah Anda jika kandungan lemak dan kolesterol yang begitu tinggi bisa membuat sperma sulit menembus rahim? Ini diakibatkan adanya ketebalan lemak yang melekat pada dinding rahim sehingga menyulitkan terjadinya pembuahan.

Tentunya faktor penghalang kesuburan diatas dapat menjadi referensi bagi Anda pembaca Cerita Medan, semoga menjadi informasi yang bermanfaat ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *