Aneka Jenis Kopi

  • Whatsapp

Sebagai negara penghasil kopi ketiga di dunia, penikmat kopi di Indonesia amatlah besar. Maraknya kedai kopi modern mengusung aneka jenis olahan kopi yang nikmat. Yuk kenali apa saja aneka jenis kopi tersebut.

Aneka Jenis Kopi

Read More

Espresso

Pembuatan Espresso menggunakan mesin khusus. Mesin pembuat espresso tersebut pertama ditemukan oleh Luigi Bezzera dari Italia pada tahun 1901. Di Italia, espresso diminum dalam takaran kecil setelah makan siang atau malam.

Cappuccino

Cappuccino merupakanolahan kopi yang paling populer. Memiliki tiga komposisi utama, espresso, susu dan foam. Menurut Wikipedia, kopi ini adalah jenis yang paling sulit dihidangkan dengan benar.

Orang Italia hanya minum cappuccino pada pagi hari, sebelum jam sebelas. Sementara di belahan dunia lain, cappuccino biasa diminum kapan saja.

Macchiato

Macchiato atau espresso machiato adalah espresso yang dilapisi susu. Bedanya dengan cappucino adalah di dalam machiato, susu berfungsi melapisi espresso dari udara terbuka dengan takaran tipis.

Caffè Latte

Caffè Latte  alias kopi susu di Indonesia ini terdiri dari sepertiga espresso dan dua pertiga susu ditambah sedikit foam di atasnya.

Di Prancis, namanya café au lait, di Spanyol, namanya café con leche, dan di Portugal, namanya café com leite .

Long Black

Long Black populer di Australia. Kopi ini adalah ‘espresso encer’, yang dibuat dengan cara menuangkan espresso di atas air panas. Air panasnya dulu, baru espresso. Urutan tersebut dimaksudkan supaya tidak merusak crema yang terdapat pada espresso. Hidangan kopi model ini banyak menggunakan bahan bijih kopi yang berasal dari Ethiopia (Arabica) dan Sumatera.

Jika anda menaruh espresso dulu baru air panasnya, maka disebut cafe americano. Yang membedakan antara Long Black dan Americano adalah urutan penyajiannya.

Frappuccino

Frappuccino adalah kopi dingin. Diciptakan oleh Coffee Connection di Boston, hak cipta frappuccino ini kemudian dibeli oleh Starbucks. Istilah frappuccino berasal dari kombinasi frappe dan cappuccino. Frappe merupakan istilah untuk milk shake yang kental. 

Demikianlah artikel mengenai jenis-jenis kopi yang bisa Anda jadikan referensi bacaan tentang kopi. Semoga dapat menjadi informasi yang beremanfaat ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *