Cara Menjadi Event Organizer

  • Whatsapp

Kebutuhan akan Event Organizer saat ini memang terus mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan makin banyaknya acara yang dilakukan di kota-kota besar baik yang diadakan oleh sebuah brand ataupun event dari pemerintah kota atau daerah. Jika memiliki minat dalam bidang usaha yang terus meningkat ini, tidak ada salahnya untuk belajar bagaimana cara menjadi event organizer yang disukai banyak orang. Pekerjaan ini memang menuntut kita bertemu dengan banyak orang sehingga kita harus humble dan mudah bergaul untuk membuat mereka puas dengan apa yang kita kerjakan.

Cara Menjadi Event Organizer

Cara Menjadi event Organizer

Ketika memutuskan untuk mencoba berkecimpung di bisnis pengatur acara atau biasa dikenal dengan EO, terlebih dahulu pahami secara mendalam bagaimana cara menjadi event organizer. Dengan begitu, kita tidak akan goyah dengan persaingan yang ada karena kita sudah memiliki ilmu untuk mengatasinya. Jumlah EO makin hari memang makin bertambah. Jika tidak pandai-pandai dalam bertahan, akan tergerus dengan para pesaing kita. 

Niat yang Kuat

Semua itu harus didasari dengan niat yang kuat. Oleh karen itu, dasari keinginan menjadi event organizer dengan niat yang baik. Dengan adanya niat itu, maka akan membuat kita memiliki dasar yang kuat sebelum melangkah.

Temukan Tim yang Kompak

Setelah ada niat, cobalah untuk mencari tim yang solid. Tim yang solid adalah tim yang mempunyai visi, misi dan tujuan yang sama. Dengan begitu akan sangat mudah menggapai tujuan tersebut. Inilah kunci keberhasilan dari sebuah EO. Kalau personilnya kompak akan dengan mudah mengeksekusi acara sebesar apapun. Kalau timnya tidak kompak, akan sangat sulit mengkondisikan tim untuk mengeksekusi sebuah acara dengan baik.

Modal yang Cukup

Sebuah Event Organizer yang profesional pasti memiliki kantor yang jelas. Nah, di sinilah modal itu diperlukan. Dengan modal yang ada kita dapat menyewa kantor dan membeli berbagai macam peralatan di dalamnya. Modal itu bisa didapatkan dari iuran seluruh anggota agar terasa lebih ringan. Mencari modal dengan cara iuran itu juga dapat menjadi tolak ukur apakah tim itu kompak atau tidak.

Relasi

Membuka usaha Event Organizer harus disadari dari awal bahwa itu adalah bisnis yang akan menghubungkan kita dengan banyak orang. Jadi carilah relasi sebanyak-banyaknya. Dari paa relasi inilah bisa muncul klien-klien yang dapat memberikan kita keuntungan. Bergaullah dengan supel dan mudah akrab dengan orang lain. Dengan modal itu, mencari relasi bukanlah suatu hal yang sulit.

Planning yang Matang

Ketika mendapatkan sebuah proyek untuk mengatur sebuah acara, lakukan persiapan sebaik mungkin. Ajak semua tim berdiskusi untuk merumuskan apa ide yang paling tepat untuk mengeksekusi acara tersebut. Perbanyak juga wawasan dengan membaca buku, mencari bahan di internet serta melihat-lihat acara lain. 

Action Oriented

Agar dapat memberikan kepuasan kepada klien, fokuskan diri kepada kualitas dan jangan fokus kepada keuntungan belaka. Dengan fokus kepada kualitas yang kita suguhkan kepada klien, maka kepercayaan itu akan mudah didapatkan. Kepercayaan itu penting dalam dunia usaha dalam bidang jasa. Sekali saja kepercayaan itu hilang, akan sangat sulit mendapatkannya kembali.

Itulah beberapa tips cara menjadi Event Organizer yang menjadi bidang pekerjaan anak muda jaman sekarang. Sukses dari bisnis EO? Kenapa tidak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *