Kini Trennya ‘Eat Planning’

  • Whatsapp

Diet selalu jadi pilihan jika berat badan sudah melebih batas ideal. Namun, banyak orang menyadari bahwa diet bukan solusi untuk yang ingin tampil langsing.  Apalagi beberapa dari kita memiliki ‘ketidakkebalan’ terhadap satu jenis makanan. Ada yang amat tergoda dengan coklat, ada yang tidak bisa makan tanpa kerupuk dan lain sebagainya. 

Read More

Eat Planner

Kenyamanan makanan ini menjadi masalah jika kita tidak bisa berhenti hanya sekedar makan segigit dua gigit. Karenanya ketimbang menjalani diet yang akhirnya gagal lagi atau malah lebih ekstrimnya menjadi diet tidak terkontrol, kini saatnya kita mencoba perencanaan makan.

Apa itu perencanaan makan?  Pada dasarnya rencana makan adalah memilih makanan yang memang tepat  baik nutrisi dan rasa bagi kita. Misalnya, ketimbang menghindari makanan tertentu, lalu kalap dengan makanan yang  lain, lebih baik jika memakan makanan yang ingin dihindari tersebut dengan bijaksana. Bijaksana adalah kuncinya.  Nutrisi harus menjadi kunci dalam rencana makan. Perhatikan bahwa saya sengaja mengatakan “rencana makan”, bukan diet. Hal ini penting untuk menghapus kata diet dari kosakata ketika datang ke berat badan, sebagai “diet” berarti segala sesuatu yang buruk, yang berarti juga bahwa Anda hanya diperbolehkan mengonsumsi dalam porsi kecil. Bahkan kemudian, makanan yang diperbolehkan sering hambar dan membosankan. “Diet” juga berarti bahwa seseorang ‘dirampas’ dari kesenangan menikmati makanan. Dan akhirnya diet gagal lagi.

Kebanyakan orang mengerti bahwa rencana makan yang sehat termasuk buah-buahan dan sayuran. Mereka sangat penting untuk mendapatkan cukup vitamin dan mineral untuk menjaga tubuh dalam kondisi kerja yang baik. Produk susu juga dianjurkan.  Kontroversi terjadi pada pemilihan daging, apakah daging merah ataukah daging putih . Belum lagi menghindari gula dan lemak. Padahal, secara alami tubuh membutuhkan gula dan lemak untuk metabolismenya.

Sebuah teori yang menarik muncul beberapa tahun yang lalu yang menyarankan makan makanan dalam kombinasi tertentu mungkin membantu untuk memetabolisme makanan yang lebih baik.  Yang harus dikurangi adalah zat aditif dan kimia lainnya. Keindahan dari perencanaan makan adalah setiap orang bebas makan-makanan favoritnya, namun harus belajar untuk makan dengan benar.  Selain itu, belajarlah untuk makan teratur dan berhenti makan minimal dua jam sebelum tidur.


Intinya dari perencanaan makan adalah membaca dengan jelas tanda tubuh. Apakah memang lapar atau hanya lapar mata. Makanlah dengan tenang, jangan makan sambil mengerjakan sesuatu hal dan kunyahlah makanan dengan pelan dan nikmati makanan Anda. Makanlah disaat lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Demikianlah artikel mengenai Tren Eat Planning, semoga menjadi informasi yang berguna bagi anda pembaca Cerita Medan dimanapun berada.(anggraini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *