2015, Eranya e-Paspor

  • Whatsapp

Indonesia saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya menginformasikan soal e-Paspor. e-Paspor adalah layanan baru dari pihak imigrasi Indonesia. Di beberapa negara di Eropa, seperti Inggris dan Asia, seperti Jepang dan Malaysia pun sudah menerapkannya. 

e-Paspor
e-Paspor

e-Paspor adalah jenis paspor yang didalamnya berisi sebuah chip tempat menyimpan data biometrik. Isinya berdasarkan standar dari International Civil Aviation Organisation (ICAO) adalah data biometrik wajah, dan sidik jari pemilik paspor.

Read More

Walau secara fisik tidak ada perbedaan antara paspor manual dan e-Paspor, namun e-Paspor lebih sulit untuk dipalsukan. Karena pada dasarnya e-Paspor memiliki chip yang berisi data penting pemiliknya. e-Paspor jauh lebih aman ketimbang paspor biasa non-elektronik.

Jika Anda sering berkunjung ke luar negeri, amatlah disarankan untuk memiliki e-Paspor ini. ICAO bahkan mewajibkan semua negar di tahun 2015 untuk menggunakan e-Paspor ini. Keuntungan lain dari pemilik e-Paspor adalah tidak perlu mengantri di pintu pemeriksaan imigrasi. Saat ini memang masih berlaku di Bandara Internasional Soekarno Hatta, namun akan segera berlaku untuk bandara-bandara lain di Indonesia.

Pada dasarnya syarat pembuatan e-Paspor tidak berbeda dengan pembuatan paspor manual. Untuk membuat paspor baru, bawa dokumen asli seperti KTP, kartu keluarga, akta lahir dan ijazah terakhir. Masing-masing dokumen difotokopi di kertas ukuran A4 tanpa terpotong. Setelah pemeriksaan berkas, wawancara dan foto, Anda tinggal melakukan pembayaran biaya pengurusan di bank yang ditunjuk (Bank BNI) lalu kembali lagi ke kantor imigrasi 3 hari kerja setelahnya untuk mengambil paspor.

Berdasarkan website resmi imigrasi, biaya pembuatan e-paspor adalah Rp 600.000 untuk paspor setebal 48 halaman. Sementara biaya pembuatan / perpanjangan paspor biasa non-elektronik adalah sebesar Rp 100.000 untuk paspor 24 halaman atau Rp 400.000 untuk paspor 48 halaman.

Namun untuk sementara pembuatan e-Paspor hanya bisa dilakukan di kantor imigrasi tertentu, antara lain:

  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta
  • Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat
  • Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara
  • Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam

Demikianlah informasi mengenai e-Paspor di Tahun 2015, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi Anda pembaca Cerita Medan. Mengenai informasi lebih lengkapnya bisa Anda lihat di www.imigrasi.go.id.(anggraini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *