Ternyata, Digital Marketing Lebih Efektif Dibandingkan Cara Tradisional

  • Whatsapp

Seorang pelaku bisnis pastinya tidak terlepas dari pemasaran karena ujung tombak kemajuan satu usaha terletak pada bagian itu. Kalau dulu selebaran seperti flyer, brosur hingga stiker dijadikan sebagai sarana untuk mempromosikan jasa atau produk, namun kini sudah tergantikan dengan metode digital marketing.

Ternyata, Digital Marketing Lebih Efektif Dibandingkan Cara Tradisional
Gambar : bossmark.com

Di era teknologi internet, sebuah dunia tanpa batas dimana pengguna dengan bebas mencari apa yang menjadi kebutuhan telah memudahkan siapa saja untuk lebih mengenalkan apa yang dimiliki. Termasuk, pelaku usaha yang kini sudah melirik metode pemasaran dengan menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh media online.

Read More

Munculnya media sosial seperti Facebook hingga twitter, semakin menajamkan insting perusahaan untuk mendekatkan layanan kepada pengunjung tertarget. Dengan fitur yang kebanyakan gratis, bukan tidak mungkin hasil yang didapat begitu maksimal. Sepanjang, tahu bagaimana menggunakannya dengan baik dan beretika.

Tidak dipungkiri, kemudahan seseorang untuk memiliki akun di salah satu jejaring sosial terkesan menggampangkan dalam mempromosikan produk atau jasa. Padahal, konten yang cenderung “hard selling” lebih sering ditinggalkan oleh pengikut komunitasnya dibandingkan dengan memberi penjelasan terlebih dahulu tentang apa manfaat dan fitur terbaik yang dimiliki.

Selain itu, kedekatan secara emosional juga sangat diperhatikan mengingat interaksi yang langsung terjadi antara konsumen dengan produsen. Tak jarang malah, pelanggan kerap memberikan saran dan kritik serta keluhan yang bisa diresponi dengan cukup baik akan berujung pada terciptanya konsumen lokal.

Adapun biaya yang dibutuhkan relatif sangat kecil namun mampu menjangkau konsumen dari berbagai daerah. Begitu juga dengan pemilihan konsumen yang akan ditarget begitu mudah meski menggunakan fasilitas gratis. Jikapun ingin melakukan promosi dengan menggunakan iklan berbayar, tidaklah semahal pemasaran dengan cara konvensional. 

Bagaimana dengan Pemasaran Tradisional?

Nah, bagaimana dengan pemasaran tradisional? Tentu saja, begitu banyak perbedaan diantara keduanya seperti pangsa pasar yang akan diraih cukup rendah. Selain itu, membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk sekedar mencetak selebaran maupun brosur dengan kualitas tinggi. Padahal, hasil yang diinginkan terbilang masih sedikit karena kecenderungan pasar yang tidak tertarget. 

Bagaimana dengan Mobile Marketing?

Kembali, cara tradisional sudah tergantikan dengan metode mobile marketing seperti pengiriman sms atau broadcast BBM. Apalagi, perangkat mobile adalah salah satu teknologi yang kerap dibawa kemana saja dan penggunanya cukup banyak. 

Itu sebabnya, pelaku usaha haruslah pintar dan jeli dalam melihat peluang terutama dalam hal pemasaran. Semakin rendah budget yang dibutuhkan namun memberi hasil yang cukup memuaskan, pastinya akan lebih meningkatkan pendapatan. Tak hanya itu, data konsumen yang menjadi “urat” bagi seorang pebisnis bisa dimiliki dengan mudah.

Hebatnya lagi, metode pemasaran dengan menggunakan kedua cara ini bisa dimodifikasi semenarik mungkin dan bisa mengikuti perkembangan trend yang sedang terjadi. Digital Marketing Lebih Efektif kan? Jadi, masih menggunakan cara lama?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *