Intip Cara Pendiri Start Up Hadapi Masalah dan Stres

  • Whatsapp

Era teknologi telah membuka peluang yang cukup besar bagi siapa saja yang berani bermimpi dan mewujudkannya dengan usaha dan waktu yang tak terbatas. Termasuk, menjadi seorang pendiri startup yang identik dengan masalah dan tekanan terus menerus. Pastinya, dibutuhkan “bahan bakar” untuk membuat semangat terus menyala.

Intip Cara Pendiri Start Up Hadapi Masalah dan Stres
Gambar : startupitalia.eu

Diakui, menjalankan usaha bukanlah perkara yang mudah karena harus berhadapan dengan tantangan dan halangan setiap hari. Tak sedikit CEO dan Founders merasakan perjalanan bisnis yang mereka jalankan layaknya permainan roller coaster yang naik serta turunnya begitu cepat. Dijamin, tidak semua orang mampu menjalaninya karena sudah terbayang mental serta energi yang terkuras setiap hari. 

Namun, ada satu hal yang bisa kita pelajari dari para pendiri startup ini yaitu bagaimana mengatasi tekanan atau stres agar tidak mempengaruhi produktifitas. 

Beri Waktu Untuk Main Game

Masalah yang terjadi secara berulang ulang bisa membuat pendiri startup merasa kebal. Mereka juga tak memungkiri, jika penolakan demi penolakan terkadang membuat semangat menjadi down. Bahkan, tidak sedikit yang membutuhkan waktu lama untuk bangkit kembali. Cara yang umum dilakukan biasanya adalah meninggalkan pekerjaan sementara waktu dan memilih bermain beberapa game menarik. Agar lebih seru, seluruh tim akan diajak untuk menambah sensasi sebuah permainan.

Tetap Bersikap Tenang

Kesal karena proyek yang diharapkan ternyata tak kunjung deal? Atau, investor tiba tiba hilang tanpa kabar? Peristiwa semacam ini memang bikin emosi kian memuncak. Namun, para CEO startup ini memberi saran agar tak membiarkan emosi yang mengambil alih pikiran dan hati. Meski kondisi memang sedang sulit, namun bawalah suasana kerja untuk tetap happy.

Nilai lebih bagi pendiri startup ini adalah mereka menjalankan pekerjaannya berdasarkan passion. Artinya, jika pekerjaan tak sesuai dengan rencana, tentu rasa sedih yang dialami hanya berlangsung sebentar. Ujung ujungnya malah saling menyemangati satu sama lain. 

Tinggalkan Pekerjaan Sementara Waktu

Deadline yang tak bisa dimundurkan sementara ada anggota tim yang berhalangan hadir bisa bikin stres kian bertambah. Apalagi, bila klien tak mau tahu dengan alasan yang diberikan, sepertinya sangat menguras emosi secara berlebihan. Nah, ada cara mujarab yang dianjurkan yaitu melupakan pekerjaan yang sedang dikerjakan untuk sementara waktu. 

Tujuannya sederhana, agar hati menjadi tenang dan pikiran pun menjadi lebih jernih terutama dalam mengambil keputusan. Tak perlu dana besar untuk melakukan hal ini, karena cukup berkomunikasi dengan pasangan atau sekedar memeluknya saja, sudah memberi semangat baru.

Jalin Networking 

Berbagai masalah yang muncul terkadang tak berasal dari faktor eksternal saja seperti klien yang cerewet, tim yang tak mengerti hingga masalah lainnya. Namun, ada satu hal yang umum terjadi yaitu rasa kekurangpuasan akan hasil yang sudah dicapai. Uring-uringan adalah reaksi yang muncul dan jika tidak segera diatasi, bisa bisa merusak suasana kerja.

Cara untuk mengatasinya cukup mudah, yaitu ngobrol dengan sahabat, dengan partner hingga istri atau suami akan sangat membantu. Dengan mengalihkan energi untuk mencari jalan keluar melalui networking yang kuat, bukan tidak mungkin akan ketemu masalah yang sebenarnya tidak terlalu besar. 

Demikianlah informasi mengenai cara startup menghadapi stres, sehingga mampu menyelesaikan permasalahan yang ada.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *