Cara Simpan Obat Yang Benar

  • Whatsapp

Kadang kita kerap mengabaikan penyimpanan obat-obatan. Beberapa obat ada yang harus disimpan di dalam lemari es, ada juga yang harus dalam suhu ruang.

Cara Simpan Obat Yang Benar

Read More

Berikut Beberapa Langkah : Cara Simpan Obat Yang Benar

 

  1. Simpan di tempat khusus dan jauh dari jangkauan si kecil. Setidaknya, tingginya 1,5 meter dari lantai. Akan lebih aman jika lemari obat selalu terkunci.
  2. Ada jenis obat tertentu yang harus disimpan di lemari es. Biasanya dokter atau apoteker akan memberitahu. Bila tidak, tanyakan.  Untuk obat yang harus disimpan disuhu ruang, simpan obat di tempat sejuk dan jauhkan dari sinar matahari.
  3. Simpan obat dalam botolnya , jangan ditukar-tukar karena masing-masing obat punya kemasan sendiri yang mencegahnya rusak.
  4. Beri label pada masing-masing obat, terutama jika ada beberapa anak-anak, agar obat tidak saling tertukar.

 

Obat Wajib Dalam Lemari Obat

Sebagai antisipasi ada baiknya kita menyediakan beberapa obat-obatan bebas dan umum di rumah. “ingat, isi lemari obat adalah pertolongan pertama. Jangan pernah menyimpan antibiotik dan obat resep dokter kecuali memang diperbolehkan,” kata dr. Dini dari Klinik Harapan Bunda. Berikut beberapa obat yang wajib ada dalam lemari obat Anda.

Obat Yang Diminum

1. Obat Batuk

Untuk si kecil sediakan obat batuk putih  atau potio alba dan obat batuk hitam (OBH) atau potio nigra untuk dewasa.  Sebaiknya biasakan anak untuk minum obat dengan kadar rendah, atau generik dahulu. Jika memang sakit berlanjut segera dibawa ke dokter.

2. Obat Penurun Panas/Demam

Beberapa obat penurun panas bisa bebas Anda dapatkan. Sediakan tiga jenis obat penurun panas, yaitu Parasetamol yang berkhasiat juga sebagai antinyeri, ibuprofen yang juga berkhasiat sebagai antiradang dan metamizol. Harus diingat bahwa ibuprofen harus diminum setelah makan karena bisa merangsang asam lambung.

3. Obat Diare

Sediakan obat diare dan larutan oralit di dalam kotak obat Anda. Harus diingat bahwa bayi dan anak-anak amat rentan terkena dehidrasi akibat diare. Namun harus diingat bahwa ini adalah pertolongan pertama, jika gejala menetap, segera hubungi dokter.

Obat Luar Dan Perlengkapan P3K

1. Obat Luar

  • Obat pencuci mata atau Boorwater untuk mata merah atau belekan.
  • Minyak telon untuk bayi dan minyak kayu putih untuk anak-anak.
  • Obat gosok  atau balsem untuk pereda sengatan serangga.
  • Bedak anti gatal dan anti biang keringat.
  • Alkohol 70% dan antiseptik.

 

2. Perlengkapan P3K

Kasa steril, kapas, kain segitiga steril, plester tahan air (beberapa ukuran), plester siap pakai, gunting, termometer, dan peniti.

Demikianla artikel mengenai Cara Simpan Obat Yang Benar, semoga menjadi bacaan yang berguna bagi Anda yang telah berkunjung.(anggraini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *