Mengantuk Setelah Makan Siang? Atasi dengan Cara Ini!

  • Whatsapp

Rasa lapar yang begitu mendera telah dipuaskan dengan sepiring nasi padang. Tapi, mengapa mata jadi serasa ingin ditutup dan membaringkan tubuh di tempat tidur? 

Mengantuk Setelah Makan Siang? Atasi dengan Cara Ini!

Read More

Kondisi mengantuk setelah makan siang adalah kejadian biasa yang kerap terjadi. Namun sayangnya, hal ini tidak baik dari segi kesehatan karena ada kemungkinan terjadi sesuatu pada tubuh. Lagipula, aktifitas yang sudah dijadwal begitu rapi akan berantakan hanya karena rasa kantuk yang tak tertahankan. Mau tak mau harus dilawan jika ingin ditegur oleh bos perusahaan.

Apa sih cara mengatasi ngantuk setelah makan siang seperti ini?

Jangan Lupa Karbohidrat

Cukup mudah yaitu memilih makan siang dengan menu yang penuh dengan kandungan karbohidrat komplek seperti sayuran, buah dan kacang kacangan. Gak cuman itu, pilih juga makanan yang mengandung zat besi agar hemoglobin yang dibutuhkan tubuh untuk membawa oksigen dapat bekerja maksimal. 

Sementara, karbohidrat kompleks yang dikonsumsi tadi akan membuat glukosa yang berfungsi untuk mencerna makanan dengan mudah tidak akan membuat gula darah meningkat. Bahkan, mood positif pun akan muncul karena energi bertambah.

Jangan Lupa Buah dan Sayuran

Banyakin makan buah dan sayuran di kala makan siang yang mampu memberi energi secara alami. Selain itu, bisa membuat perut terasa lebih kenyang dalam waktu cukup lama. Untuk itu, konsumsi buah sebelum makan siang agar kebutuhan energi lainnya bisa masuk ke dalam tubuh. 

Jangan Lupa Kurangi Gula

Langkah selanjutnya adalah membatasi asupan gula dan lemak apalagi di kondisi cuaca yang sangat panas. Alasannya sederhana, jika berlebihan maka energi pada tubuh mudah cepat habis. Akibatnya, rasa kantuk tak tertahankan pun mulai menyerang. 

Jangan Lupa Untuk Tidak Makan Berlebihan 

Jangan makan berlebih adalah cara lain yang wajib dipatuhi kalau tidak mau mengantuk. Itu sebabnya, sangat disarankan menyantap makan siang bukan dalam keadaan sangat lapar. Hal ini penting agar tak semua jenis makanan dilahap demi memuaskan rasa lapar. Bila perlu, kunyah secara perlahan agar perut terasa kenyang. 

Jangan lupa Minum Air Putih

Tentu saja, cara ini menghindarkan tubuh dari dehidrasi apalagi cuaca sedang sangat panas. Jika ini terjadi, rasa kantuk akan mudah menyerang. Sediakan wadah untuk air minum agar setiap waktu Anda bisa meminumnya.

Jangan Lupa Olahraga Ringan

Tak perlu keliling kantor untuk melakukannya. Tapi, lakukan latihan ringan seperti naik turun tangga, loncat loncat atau peregangan otot hingga latihan pernapasan. Cara ini dirasa cukup ampuh untuk meningkatkan kadar oksigen sehingga darah yang terpompa bisa meningkatkan energi. 

Cukup sederhana namun memberi efek yang luar biasa bukan? Dijamin, pekerjaan beres dan bebas dari rasa kantuk. Dicoba yuk!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *