Andi Fradinata Siahaan : Kreatif Itu Keberanian

  • Whatsapp

Artikel Anak Medan kali ini bercerita tentang seorang muda yang kreatif, bernama Andi Fradinata Siahaan. Kreatif menurutnya adalah suatu keberanian saat melihat satu produk ataupun jasa serta barang yang dianggap orang sepele, atau tidak memiliki Nilai Komersil. Tapi bagi Andi, dirinya menganggap menganggap kreatif itu adalah Tambang Emas.

“Kreatif itu intinya KEBERANIAN.”

Read More

Andi Fradinata Siahaan

Andi memulai jualan sejak SMA, “Barang apapun diagenkanlah supaya bisa nambah uang jajan. Saat itu sudah main di Multi Level Marketing produk kesehatan. “Sejak Masuk kuliah, sudah mulai lelah untuk main yang begituan, karena masih ngeri-ngeri sedap mainnya,” ungkapnya kepada Cerita Medan.

Selanjutnya, Andi mengatakan, muncul ide liar untuk buka clothingan, ide itu muncul karena pada waktu itu saat mau tamat SMA, aku dan kelas kami nempah jaket kelas yang katanya sebagai kenang-kenangan dan kami pun buat, ngumpulin duit, itupun nyicil semua satu kelas supaya jadi dan dikutip bendahara.

“Dan kami mulai nyari tempat, dapat, langsung di DP-in. Karena ingin tahu, aku nanya-nanya dimana tempat pembuatannya, dan ternya bukan di Medan, malah di Bandung. Mereka hanya tempat pemesanan doang. Otakku langsung main, kenapa nggak ku mainkan juga ya, kan tinggal dinaikkin aja harganya, toh aku punya kawan-kawan di sekolah lain,” ungkap Andi.

Rencana berjalan mulus, lanjutnya, order pun dapat. Karena margin profit terlalu tipis, ya ditinggalin gitu aja. Mulai masuk kuliah, mulai ngajak kawan-kawan dekat untuk buka bisnis clothingan lagi karena cara mainnya sudah paham.

“Kami pun ngumpulin modal dan bagi tugas. Ada yang mulai searching nyari bahan baku kaosnya dimana. Kalau mau nyablon gampang karena ada di Medan. Order pun dapat. Gak lama usaha patungan ini tutup karena profit nggak sesuai sama capeknya. Faktornya terlalu banyak orang juga.

TUTUP dan takut nampak dipermukaan!

Tapi nggak betah gini-gini aja, jumpa kawan lagi, mulai merancang buka usaha lagi, kali ini Tour&Travel. Kali ini memang diajari sama mentornya. “Yaa capek juga ngikut-ngikukt gitu, untuk paham cara mainnya dan diajarin lah ilmunya. Mulai dibuka dan saat itu juga usaha Burgerku juga buka karena menang dapatkan dana wirausaha dari kampus. Capeknya bukan main karena usahanya buka sekali dua biji gitu. Yang satu travel&tour dan satu lagi Burger. Memang sih travel&tour berdua sama kawan, cuma burger main sendiri.”

Andi bercerita lebih lanjut, burger launching di hari pertama ramainya bukan main karena gratis (memang sengaja) dan ngundang semua kawan-kawan Genk Motor saat itu lagi heboh dengan GeMot. Umur Burgernya cuma tiga hari, hari pertama ramai karena gratis, hari ke dua cuma laku delapan, hari ke tiga “DIE” karena ada perselisihan dengan keamanan kampus tentang lokasi jualan sampai berantem dan masuk koran lokal.

Hasil prediksinya, lokasi tempat jualannya ini bakal ramai karena samping kampus dan kampus baru ditambah pinggir jalan raya (KAMPUS SUTOMO – didepan LINGKARAN KB). “Sekarang asal lewat disitu cuma bisa nyesek lah karena sekarang sudah jadi tempat tongkrongan. Trauma beberapa hari karena usaha Travel & Tour pun nggak jelas keberadaannya. Tapi aku dapat ilmu tentang cara main usaha TOUR & TRAVEL itu tanpa harus ada unit mobil/bus. Nggak nyerah sampai disitu, ilmu Tour mulai ku praktekkan, mulai jualan paket tour/wisata Medan dengan modal kartu nama, mulai buat itinerarynya/rutenya (nyontek sih dari yang sudah ada). Disitu aku ngajak kawan dekatku karena dia bisa bawa mobil. Saat itu kantornya di rumah dan pemasarannya hanya lewat iklan gratis aja yaitu Berniaga dan Toko Bagus yang sekarang OLX. Disitu aku posting paketnya dan foto-foto yang ada (saat itu foto aku sama kawan-kawan). Dan order pun dapat, pada saat itu dapat Tour dari Jakarta satu keluarga setelah H+1 Lebaran. Waktu nego binggung-bingung karena Bapak ini main transfer aja, padahal aku belum tahu harga karena itu permintaannya. Pokoknya CAPEK dan MODAL NEKAT ajalah karena belum pernah sama sekali melakukannya. Profitnya bersihnya 900rb/3hari belum uang tip karena aku juga guidenya, jalan-jalan pulak itu lagi.

Selesai itu, aku mikir lagi aku dapat order dari Internet berarti Power dari internet sangat besar. Nah, mulai mutuskan belajar tentang Internet. Nah, belajar tentang Internet sendiri dulu dan memutuskan untuk investasi leher ke atas tentang internet pada ahlinya karena belajar pada ahlinya mempercepat kita untuk bisa menghasilkan dari situ. Paham dengan cara mainnya di Internet, mulai jualan dari internet apapun dijual. Karena semua bisa dijual dengan target market yang sudah jelas dengan hasil riset tentunya. Sekarang aku cuma jualan Bika Ambon, Bolu Meranti lewat Facebook hasilnya lumayan untuk uang jajan dengan profit bersih 3-5jt.

Bukan omset terlalu MAINSTREAM dan sudah pasti lebih besar dari situ. Mereka yang beli produkku sama sekali belum pernah jumpa samaku dan jelas-jelas tahu bukan aku yang punya karena aku kan ada marganya SIAHAAN sedangkan yang punya sudah jelas tertera di kotaknya. Yaa, menurutku kita tetap jaga TRUST dari customer kita kalau ingin memanfaatkan Internet sebagai media bisnis.

Kalau mau jadi importir sekarang gampang kok dengan memanfaatkan Internet karena aku sudah pernah dapat pembeli dari Malaysia dan Australia, mereka membeli produk ikan Teri Medan, sudah pasti aku disini nggak punya produk sama sekali.

Untuk ngirimnya mudah kok lewat Pos. Yaa walaupun cuma ngirim 1kg doang tapi kan sudah bisa dibilang Importir loh – itu aku ya supaya nambah PERCAYA DIRI aja + SEMANGAT, nggak peduli apa kata oranglah.

Yaa, sekarang FOCUS dan KONSISTEN di Toko Online dulu, perbanyak TOKO ONLINE nya sampai buat DEBIT rekeningku bisa sembilan digit lalu buka bisnis offline yang lain supaya bisa berkolaborasi antara ONLINE & OFFLINE.

Punya TOKO ONLINE itu nggak mesti punya produk, nggak mesti ada Toko – Kerja dikamar aja bisa kok kayak aku, kan kerjanya bisa dimana aja yang penting ada koneksi inetnya lah. Punya Toko Online itu dibayar didepan loh baru barangnya dikirim, aku sering bilang “Penjual ntah dimana, Pembeli datang ntah darimana aja” tapi uang selalu ditransfer ke rekening kita. Perputaran uang yang cepat kan!

Andi Fradinata Siahaan

Andi Fradinata Siahaan

“BERANI MENCOBA – Gagal dan Tetap SEMANGAT utk MENCOBA lagi”

Andi Fradinata Siahaan (FB & Twitter & Linkedin)

27CBFEE2 / 082168888948

Sekian Cerita dari Anak Medan kali ini : Andi Fradinata Siahaan : Kreatif Itu Keberanian, bagi kawan-kawan yang senang baca artikelnya silahkan dikomentari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *