Gerakan Turun Tangan Medan @turuntanganMDN

  • Whatsapp

Gerakan Turun Tangan Medan merupakan gerakan Volunteerisme dalam bentuk edukasi politik dan peduli sosial yang ada dikota Medan. Gerakan Turun Tangan Medan ingin mengajak sebanyak mungkin orang baik di Kota Medan untuk peduli, berbuat langsung, tidak hanya urun angan, lipat tangan melainkan Turun Tangan membenahi, mengubah Kota Medan menjadi lebih baik secara bersama-sama.

Read More

Gerakan Turun Tangan Medan saat ini memiliki dua divisi yakni, Divisi Sosial dan Divisi Politik. Dengan dua divisi tersebut diharapkan bisa berkontribusi lebih terhadap perkembangan Kota Medan, baik dari segi sosial maupun politik.

Berikut kepengurusan wilayah Medan:

Ketua : Kurnia Ramadhana

Divisi Politik : Doni Asikin

Ketua Divisi Sosial : Herman Pane

Anggota : 40 relawan

Kota Medan yang dikenal sebagai kota metropolitan, multietnis menjadikan kota ini sebagai magnet untuk dikunjungi bagi pendatang baru baik dari lokal maupun internasional. Latar belakang Kota Medan yang beragam, memberikan warna berbeda bagi siapa pun yang berkunjung ke kota ini.

Kota Medan yang terkenal dengan sejarah dan pariwisatanya, menjadikan kota ini salah satu yang wajib dikunjungi untuk mengetahui sejarah tentang Kota Medan dan juga pariwisatanya yang nan indah. Ada begitu banyak cagar budaya yang bisa dikunjungi oleh pengunjung di Kota Medan.

Melihat antusias para pengunjung situs cagar budaya di kota medan itu merupakan sebuah bukti bahwa ada peluang bagi Kota Medan untuk mengoptimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) di kota ini. Dalam hal ini Gerakan Turun Tangan Medan, Divisi Sosial menginisiasi sebuah perjalanan wisata mengunjungi situs cagar budaya bagi anak-anak jalanan. 

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada tanggal 12 Oktober 2014, di Museum Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara yakni, Gedung Arca. Adapun tujuan kegiatan tersebut adalah ingin mengenalkan sejarah (situs) cagar budaya kepada generasi akar rumput salah satunya seperti anak jalanan. Harapannya, kegiatan ini nantinya melahirkan regenerasi yang benar-benar paham, mengerti dan mengetahui tentang cagar budaya maupun sejarah di kotanya sendiri.

Trip Gedung Arca Turun Tangan Medan

Adapun tujuan lainnya yakni,menyajikan sesuatu hal yang positif kepada mereka agar perhatian mereka terhindar dari sesuatu yang buruk dilingkungannya, serta membangun antusias mereka terhadap pengenalan situs cagar budaya Indonesia, khususnya di Kota Medan. Dengan begitu mereka akan mengenal berbagai situs cagar budaya sejak dini sehingga memacu semangat anak-anak untuk peduli terhadap situs cagar budaya di kotanya hingga mereka besar nanti.

Gerakan Turun Tangan Medan juga sudah merencanakan beberapa langkah tentang kelanjutan dari agenda acara ini agar terus berlanjut hingga nantinya anak-anak benar-benar sudah paham betul tentang cagar budaya di kota Medan. Tentunya Gerakan Turun Tangan Medan akan memfasilitasi beberapa buku tentang sejarah Indonesia, khususnya sejarah Kota Medan sebagai bacaan mereka sebagai tambahan informasi serta ilmu bagi mereka.

Gerakan Turun Tangan Medan juga turut mengajak pemerintah Kota Medan bekerjasama dalam mengoptimalkan pengetahuan sejarah anak-anak, yang mana nantinya anak-anak ini bisa menjadi seorang Guide Tour di Kota Medan. 

Jika hal ini tercapai, Pemerintah Kota Medan tidak saja terbantu dengan keberadaan anak-anak ini melainkan ada keuntungan materi bagi anak-anak ini untuk mereka tabung sebagai  investasi masa depan mereka tentunya.

Kegiatan ini akan terdiri dari berbagai macam hiburan yang dikemas dalam bentuk games, yang mana games ini berfungsi untuk menyegarkan kembali ingatan mereka tentang ilmu yang mereka dapatkan selama kegiatan ini berlangsung.

Adapun berbagai komunitas dari Kota Medan akan saling bersinergi, bekerjasama untuk berbagi ilmu mengoptimalkan kemampuan anak-anak jalanan ini nantinya, tentu dalam hal pengenalan cagar budaya dan sejarah Indonesia, khususnya di Kota Medan.

Disatu sisi, kegiatan ini merupakan salah satu upaya guna memanfaatkan Sumber Daya Manusia di Kota Medan dan mengingatkan Pemerintah kota Medan dalam hal memanfaatkan SDM di kota ini. Dan juga sebagai bentuk agar pemerintah Kota Medan lebih perhatian terhadap situs sejarah, yang mana bisa diberdayakan sebagai investasi pariwisata.

Gerakan Turun Tangan Medan mencoba mengingatkan bagi setiap warga Medan khususnya generasi muda, agar lebih peka dan peduli terhadap situs sejarah dalam hal pelestarian dan perawatan secara bersama-sama. Hingga nantinya terbentuk dan tertanam di jiwa pemuda pemudi akan kecintaan terhadap situs sejarah Kota Medan. 

Gerakan Turun Tangan Medan juga tidak lagi malu terhadap apa yang ada dikotanya, melainkan suatu kebanggan untuk menjaga, berkunjung dan memperkenalkan ke khalayak ramai bahwa Kota Medan adalah salah satu warisan budaya dan bagian dari sejarah yang amat penting di negeri ini.

Berikut dokumentasi briefing agenda penyempurnaan konsep acara pengenalan/tour cagar budaya/sejarah bersama anak-anak jalanan yayasan Dian Bersinar.

Tempat di Penang Corner.

  

Dok : mengantar surat ke Yayasan Dian Bersinar

  

Sekian! Gerakan Turun Tangan Medan, semoga artikel ini memberikan informasi mengenai pergerakan sosial di dunia pendidikan, khususnya Kota Medan. Pastikan kamu hadir di kegiatan mereka dan catat tanggalnya.

Contact :

Phone :0821 6288 9197

Pin : 7CB1D9EE

Twitter : @turuntanganMDN

IG : turuntanganmdn

Website: www.turuntangan.org

Sekretariat : Komplek AURI Jl. Dadali, Karang Sari 1 no 129, Medan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *