Tips Tingkatkan Kecerdasan Anak

  • Whatsapp

Setiap  manusia di awal kelahirannya dianugerahi dengan  80-100 miliar sel otak, namun belum semuanya saling terhubung. Tahun pertama saja baru 3 juta sel otak tadi akan terkoneksi satu sama lain. Padahal kualitas dan fungsi otak itu tergantung pada banyaknya sel otak, percabangan sel otak (dendrite, axon), kuantitas dan kualitas synapse (hubungan antarsel otak, serta banyaknya neuro transmitter (zat yang pengaktif synapse) dan kualitas myelin, yang saling terbentuk dan tersambung. Ini akan berlangsung hingga anak usia 3 tahun.

Tips Tingkatkan Kecerdasan Anak

Satu prinsip utama dalam meningkatkan kemampuan otak anak adalah lakukan sekarang atau akan kehilangan selamanya.

Tips Tingkatkan Kecerdasan Anak

Berikut langkah meningkatkan kemampuan otak bayi yang diungkapkan oleh Alice Sterling Honig Ph.D seorang professor bidang perkembangan anak dari Syracuse University yang juga seorang pengarang buku talking with our baby: family as the first school

1. Siapkan kecerdasan anak sejak masa kandungan.  Selama kehamilan, ibu harus mengonsumsi makanan bergizi dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok. Waspadai juga paparan asap rokok, karena racun dalam rokok mampu menurunkan kecerdasan anak 4 tingkat.

2. Membiasakan diri untuk bercerita dengan bayi selama masa kandungan juga akan membuat anak kelak lebih mudah mengerti kata-kata dan cepat belajar bicara.

3. Ajak bayi untuk bermain. Bermain bersama bayi bukan hanya akan menyenangkan hatinya, tapi juga mengajarnya mengartikan rangsangan.

4. Berikan perhatian. Perhatian yang lebih akan kemampuan bayi akan membuat bayi menyadari bahwa ia dicintai dan akan bersedia berobservasi bersama-sama.

5. Ajarkan anak untuk mencintai buku. Biasakan untuk membaca bersama anak sejak masih dalam kandungan. 

6. Berikan ia sentuhan kasih sayang. Sebuah studi mengungkapkan bayi yang tidak sering diberikan sentuhan ukuran otaknya jauh lebih kecil dibandingkan teman-teman seusianya. Jangan biarkan anak menangis terlalu lama tanpa alasan yang jelas. Karena terkadang bayi menangis karena merasa tidak nyaman dengan lingkungannya.

7. Berikan mainan yang merangsang kemampuan otaknya.

8. Lakukan pijat bayi secara rutin.  Pijat bayi juga merupakan bentuk pengajaran pada bayi bahwa ia disayang dan aman. 

9. Biarkan bayi mengeksplorasi kemampuannya. Orangtua harus memberikan ruang bagi bayi untuk bebas mengekspresikan kemampuannya.

10. Bernyanyilah, karena ini akan membuat otak anak terangsang mengenal irama.

11. Ada beberapa anak yang sangat mudah beradaptasi namun tak sedikit yang sulit beradaptasi. Jika anda bisa memahami temperamen anak anda, anak akan merasa aman dan nyaman sehingga ia bisa dengan mudah bereksplorasi.

12. Waktu makan pun bisa Anda jadikan sebagai waktu belajar yang unik. Sambil menyuapinya, Anda bisa menceritakan asal mula makanan tersebut, rasanya dan lain-lain. Ini akan merangsang bayi untuk mengenal benda dengan cepat dan membuatnya menyukai waktu makan dan makanan.

13. Gunakan kalimat larangan hanya untuk saat dimana memang membahayakan untuk anak. Anda bisa meminimalisirkan larangan dengan menyediakan ruangan yang cukup bagi anak untuk bereksplorasi. Dengan penuh kasih sayang, kehangatan, kegembiraan, rasa nyaman dan aman, pemberian contoh–bukan dipaksa–dorongan, penghargaan, serta koreksi bila ia salah, anak akan lebih percaya diri, mandiri, serta kreatif.

Demikianlah artikel mengenai Tips Tingkatkan Kecerdasan Anak, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi Anda pembaca Cerita Medan.(anggraini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *