Tips Meregangkan Badan di Perjalanan

  • Whatsapp

Tips Meregangkan Badan di Perjalanan – Kalau kamu sering melakukan perjalanan menggunakan kendaraan umum dengan waktu yang cukup lama, pasti pernah merasakan badan tidak nyaman karena terlalu lama duduk. Jika dibiarkan terlalu lama, rasa ini pastinya membuat perjalanan terasa tidak nyaman. Kaki dan seluruh badan akan pegal-pegal sehingga membuat kamu tidak bisa menikmati perjalanan. Efek setelahnya tentunya lebih menjengkelkan lagi, tubuh akan terasa begitu lelah setelah sampai di tempat tujuan. 

Kondisi ini memang sudah umum dirasakan oleh mereka yang duduk terlalu lama dan tidak bisa bergerak dengan leluasa. Kondisi ini dikenal juga dengan Economy Class Syndrome. Situasi ini terjadi karena adanya pembekuan darah yang disebabkan oleh tubuh yang tidak bergerak dalam waktu yang cukup lama. Nah, ternyata ada lho cara untuk mengatasi rasa tidak nyaman ini. Dengan cara ini, tubuh yang terkena Economy Class Syndrome dapat terbebas dari rasa pegal yang membelenggu tubuh. 

Cara Meregangkan Otot

Berikut ini Tips Meregangkan Badan di Perjalanan

Tips pertama, minumlah air mineral secukupnya dan lakukan beberapa gerakan yang membuat darah kembali mengalir dengan lancar. Air mineral ini selain mencegah dehidrasi juga membantu peredaran darah lancar kembali.

Tips kedua, lakukan gerakan kaki yang akan menyembuhkan rasa pegal-pegal di bagian kaki. Gerakan-gerakan itu bisa dimulai dengan:

  1. Mengangkat jari-jari kaki lalu tahan. Setelah beberapa saat, regangkan kaki sampai kaki menyentuh lantai kembali. Proses selanjutnya, angkat tumit ke atas dan turunkan kembali hingga menyentuh lantai.
  2. Lakukan gerakan jinjit (jari kaki di bawah dan tumit di atas), lalu tahan. Gerakkan kaki dengan memutar selama 20 detik. Setelah itu ulangi gerekan memutar tadi tapi dengan alur sebaliknya.
  3. Angkatlah bagian betis lalu tekuk bagian lutut dan kencangkan bagian paha. Tahan sebentar lalu turunkan. Ulangi selama beberapa kali dan lakukan juga di kaki sebelahnya dengan cara yang sama. 
  4. Tips meregangkan badan di perjalanan untuk bagian kaki yang terakhir adalah mengangkat bagian lutut hingga menyentuh ke dada. Tahan beberapa saat lalu turunkan. Lakukan gerakan ini selama beberapa detik dan ulangi secukupnya.

Tips ketiga, setelah bagian kaki sudah terbebas dari rasa tidak nyaman, sekarang gentian bagian tubuh atas seperti kepala dan pundak. Bagian tubuh ini memang sangat menyiksa sehingga membuat kamu akan merasa tidak nyaman ketika merasakannya. Untuk bergerak saja tubuh terasa tidak nyaman, bagaimana mau menikmati perjalanan ini? Langkah-langkah gerakan meregangkan badan bagain atas adalah:

  1. Lakukan gerakan seperti pemanasan dalam gerakan senam yaitu dengan memringkan kepala. Setelah itu putar kepala searah dengan jarum jam. Lakukan dengan perlahan selama beberapa kali. Setelah itu ulangi lagi gerakan tersebut dengan putaran yang berbeda dari sebelumnya. 
  2. Gerakan kedua, ambil gerakan membungkuk, lalu tegakkan punggung hingga ke bentuk semula. Lakukan secara perlahan dan lakukan beberapa kali. Setelah gerakan ke depan dan belakang, coba lakukan gerakan memutar dari depan ke belakang. Lakukan dengan perlahan dan ulangi beberapa kali. 
  3. Gerakan terakhir adalah satukan kedua telapak tangan lalu dorong ke depan. Setelah cukup dorong kedua tangan ke bagian atas hingga maksimal. Lakukan dengan perlahan dan ulangi beberapa kali.

Itulah tadi beberapa gerakan yang bisa dilakukan untuk meregangkan badan di perjalanan. Ingat, lakukan dengan perlahan agar otot tidak mengalami cidera. Karena otot lama tidak bergerak, kalau terlalu cepat menggerakkan maka akan timbul cidera yang tidak diinginkan. Semoga cara meregangkan otot diatas dapat menjadi informasi yang berguna bagi Anda pembacara Cerita Medan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *