Roadshow Seminar Asuransi Syariah di Medan

  • Whatsapp

Tahun 2014 diprediksikan oleh sebagian kalangan ahli bahwa perekonomain global dan Indonesia akan mengalami pelambatan. Namun industri asuransi dan reasuransi syariah di Indonesia berpeluang untuk mencatatkan pertumbuhan yang cukup signifikan. Target pertumbuhan industri asuransi syariah per tahun adalah sebesar 35%. 

Pada tahun 2013 pertumbuhan premi asuransi syariah mencapai 43%. Angka tersebut jauh lebih besar jika dibandingkan dengan peningkatan asuransi konvensional yang berada diangka 20%.

Dari sisi kontribusi (premi) bruto, market share industri asuransi syariah terhadap industri asuransi nasional adalah sebesar 4.41% dimana market share asuransi jiwa syariah adalah sebesar 4.65% dan market share asuransi umum syariah adalah sebesar 3.81%. jika dibandingkan dengan Gross Domestic Product (GDP) Indonesia tahun 2012, maka penetrasi industri asuransi syariah masih relatif kecil, yaitu sebesar 0.8%. Disisi lain, penetrasi industri asuransi nasional juga masih berada pada tingkat yang paling rendah.

Selain itu, Indeks Literasi Perasuransian yang dibuat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia yang Well Literateterhadap industri perasuransian relatif masih sedikit, yaitu sebesar 17,84% yang berarti bahwa dari setiap 100 orang penduduk Indonesia hanya 18 orang yang memahami asuransi. Sehingga hal ini menyebabkan kurangnya pemanfaatan produk dan jasa perasuransian oleh masyarakat yang saat ini hanya mencapai 11,81% atau dapat diartikan setiap 100 penduduk Indonesia, hanya terdapat 12 orang yang memanfaatkan produk dan jasa asuransi.

Namun demikian, berdasarkan survei mengenai tingkat pengenalan masyarakat Indonesia terhadap lembaga jasa keuangan yang dilakukan oleh OJK, Asuransi menempati posisi kedua (22,52%) setelah Perbankan (37,22%) sebagai Lembaga Jasa Keuangan yang mudah dikenal oleh masyarakat.

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) telah turut berpartisipasi aktif dalam melakukan sosialisasi dan edukasi publik khususnya asuransi syariah di Indonesia. MES bekerjasama dengan industri asuransi syariah berkomitmen untuk bersama-sama menyelenggarakan roadshow Seminar Asuransi Syariah di empat kampus ternama di wilayah JABODETABEK pada tahun 2012 dan dilaksanakan di enam kampus di enam Kota pada tahun 2013.  

Melihat kesuksesan penyelenggaraan roadshow seminar asuransi syariah dalam dua tahun terakhir yang mendapat respon dan antusiasme besar dari masyarakat, tahun 2014 ini MES kembali akan menyelenggarakan roadshow seminar asuransi syariah di 15 kota seluruh Indonesia.

Roadshow Seminar Asuransi Syariah di Medan

Roadshow Seminar Asuransi Syariah di Medan diselenggarakan oleh MES: AYO Berasuransi Syariah.

Selasa, 28 Oktober 2014 pukul 08.00-15.00WIB 

Tempat : Hotel Madani Jl. Sisingamangaraja No. 1 Medan

Pembicara : PP MES, Direktorat IKNB-OJK & Asuransi Prudential.

Fasilitas : Materi, Seminar Kit, Snack-Makan Siang & Sertifikat.

Gratis!! Roadshow Seminar Asuransi Syariah di Medan – Terbatas 200 Peserta. Pendaftaran : SMS kan nama+instansi ke Nomor : 081385456934 / 085287117774.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *