15 Rahasia Keluarga Bahagia

  • Whatsapp

Kebersamaan dan kebahagiaan bersama keluarga merupakan tujuan dari semua orang. Membina hubungan keluarga yang berkualitas merupakan cara yang baik untuk membuat diri bahagia. Karena, kebahagiaan keluarga merupakan tempat kita bersandar dari rasa penat dan beban yang menimpa diri kita.

15 Rahasia Keluarga Bahagia

Read More

Oleh karena ini, maka disini akan diulas tentang apa saja 15 Rahasia Keluarga Bahagia? Mari kita simak rinciannya dibawah ini :

Rahasia 1 : Saling Memiliki

Inti dari sebuah keluarga yang bahagia adalah bahwa mereka benar-benar saling memiliki satu sama lain. Ada kegembiraan yang menjadi ciri khas keluarga bahagia. “Orang tua pulang dan anak-anak senang melihat mereka dan ketika anak-anak pulang ke rumah, orang tua senang melihat mereka.” 

Rahasia 2 : Bercerita 

Ketika anak-anak Anda pulang, mintalah pada mereka untuk menceritakan hari-hari mereka. Begitu juga dengan Anda. “Jika Anda datang ke rumah  dengan sedih dan tidak benar-benar tertarik mendengarkan cerita mereka dan kemudian lima menit kemudian TV menyala, apakah mereka akan senang melihat Anda?” 

Intinya, adalah saat Anda memasuki rumah, tinggalkan segala permasalahan pekerjaan atau hidup Anda di luar pintu. Selalu berusaha mendengarkan sepenuh hati apa yang diceritakan anak-anak Anda. “Dengan cara ini Anda memberikan anak-anak Anda sesuatu untuk  memiliki waktu berharga dengan Anda. Kutukan besar kehidupan keluarga adalah kebosanan. Jadi jangan biarkan urusan Anda memberi kesempatan pada anak-anak untuk bosan dan menjauh dari Anda.”

Rahasia 3: Jadikan Pasangan Yang Utama

“Berilah contoh nyata dalam cinta,” kata Boteach.  Ada banyak keluarga yang setelah memiliki anak, kerap mengabaikan pasangannya. “Ini buruk untuk keluarga karena anak-anak akan keluar dari rumah pada akhirnya. Yang ada kelak tinggal Anda dan pasangan, sama seperti saat pertama memulai pernikahan.”

Rahasia 4: Makan Bersama 

Makan bersama keluarga adalah hal yang paling penting. Jadwalkanlah makan bersama, entah waktunya di pagi hari atau di malam hari. “Saat makan bersama adalah momen berharga. Anak-anak akan santai bertemu dengan orangtuanya. Matikan segala alat komunikasi dan televisi. Biarkan waktu makan menjadi waktu yang utama dan hanya milik keluarga Anda.”

Rahasia 5: Bermain Bersama 

Memiliki satu atau dua kegiatan pemersatu  adalah keharusan dalam keluarga bahagia,Bercerita sebelum tidur untuk anak-anak atau membaca sebuah bab dari sebuah novel untuk anak yang lebih tua adalah momen penting. 

Rahasia 6: Dahulukan Keluarga

“Dalam keluarga bahagia, keluarga  adalah yang utama dibandingkan teman.” Memang akan ada masa dimana anak-anak akan lebih mementingkan teman ketimbang keluarga, namun dengan dasar yang kuat, orangtua harus mampu memberikan pernyataan bahwa dibandingkan teman, keluarga adalah yang utama. Caranya? Tiimbulkan kedekatan dengan keluarga sejak dini.

Rahasia 7: Batasi Kegiatan Luar Sekolah Anak

Hari ini, semakin banyak anak-anak secara berlebihan  berpartisipasi dalam enam atau tujuh kegiatan setelah jam sekolah per minggu. Sang ibu menjadi sopir dan anak-anak tidak pernah pulang pada waktu yang sama. Ini bukan resep untuk keluarga bahagia. “ Kegiatan ekstra sepulang sekolah memang penting tapi sediakan juga waktu untuk berkegiatan bersama keluarga. Bersepeda bersama, berenang dan sebagainya bisa menjadi perekat keluarga.”

Rahasia 8: Bangun Ritual Keluarga

“Keluarga perlu ritual. Ritual ini bisa seperti beribadah bersama dan sebagainya,” kata Barbara Fiese, PhD, profesor dan ketua psikologi di Syracuse University di New York. Akan menjadi hal yang menarik bagi keluarga Anda jika memiliki ritual seperti shalat berjamaah, atau makan pizza bersama di malam minggu dan sebagainya. Ritual cenderung untuk membawa anggota keluarga dekat bersama-sama karena mereka berulang dari waktu ke waktu.” 

Rahasia 9: Rendahkan Suara Anda

Ingatlah bahwa anak-anak berkembang pada stabilitas. “Harus ada lingkungan yang tenang di rumah. Bicaralah dengan anak-anak Anda, memberi mereka aturan yang ketat, dan menghukum anak bila diperlukan, tetapi tidak kehilangan kontrol dan berteriak. Jika Anda berteriak pada anak-anak, yang menunjukkan Anda berada di luar kendali dan Anda menciptakan lingkungan  tidaknyaman.” 

Rahasia 10: Jangan Bertengkar di depan anak 

Jika ingin beradu argumen yang cukup panas, sebaiknya Anda dan pasangan mencari tempat yang jauh dari mata dan telinga anak. Jika memang terpaksa dilihat atau didengar anak, segera minta maaf kepada mereka dan katakana bahwa semuanya baik-baik saja. Hal ini akan membantu anak tetap nyaman di rumah.

Rahasia 11: Jangan bawa pekerjaan ke rumah

Jika Anda pergi sepanjang waktu dan tidak memprioritaskan anak-anak Anda, anak-anak Anda akan menginternalisasi perasaan tidak aman. Mereka akan mulai percaya bahwa mereka tidak cukup berharga.  Karenanya hindari membawa pekerjaan ke rumah, jika memang tidak bisa, kerjakan pada waktu anak-anak sudah beristirahat.

Rahasia 12: Hindari Persaingan Antar Saudara

Persaingan antar saudara bisa memecah belah. “Saya mencoba untuk berbicara dengan anak-anak saya tentang betapa beruntungnya mereka memiliki saudara kandung,” kata Boteach. 

Rahasia 13: Ciptakan Tawa Dalam Keluarga 

Lelucon dan julukan melambangkan kedekatan dalam keluarga. Berusahalah selalu menciptakan tawa dalam hubungan dengan anggota keluarga lain, agar kedekatan semakin bertambah.

Rahasia 14: Fleksibel

Bersikaplah fleksibel menerima perubahan dalam anggota keluarga. “Ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan,” kata Fiese. “Tapi dengan sifatnya, keluarga berubah sehingga Anda harus terbuka untuk perubahan dalam keanggotaan dan usia,” kata Fiese. Seseorang menikah, seseorang meninggal, seseorang menikah lagi dan remaja adalah anak-anak tidak lagi dan orang dewasa muda remaja lagi, tetapi mereka semua masih bagian dari keluarga.

Rahasia 15: Jaga Komunikasi

Rose J. Perkins, EdD, profesor psikologi di Stonehill College Easton, Mass., mengatakan bahwa keluarga bahagia berkomunikasi dengan satu sama lain. “Perbanyaklah membuka percakapan dengan anggota keluarga lainnya. Jangan lewatkan hari tanpa menanyakan kabar antar anggota keluarga.” 

Dalam keluarga bahagia, “semua anggota unit keluarga dapat berkomunikasi secara terbuka,” katanya.

Demikianlah artikel mengenai 15 Rahasia Keluarga Bahagia seperti yang disadur dari webmd.com, semoga para pembaca Cerita Medan mendapat informasi berguna.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *