Komunitas Pendonor Apheresis Medan

  • Whatsapp

Komunitas Pendonor Apheresis Medan merupakan komunitas yang berdiri pada tanggal 3 November 2013 ini bermula dari rasa keprihatinan para anak muda Kota Medan terhadap keadaan adik-adik pengidap kanker. Para adik-adik ini mereka nobatkan dengan para “Pejuang Kanker.” Pejuang-pejuang kanker ini sangat memerlukan darah, khususnya trombosit untuk dapat bertahan hidup melawan kankernya. 

Read More

Komunitas Pendonor Apheresis Medan

Tujuan komunitas ini didirikan yakni, untuk menjadi wadah atau jembatan bagi para pasien dalam mendapatkan pendonor sukarela dan bagi para anak muda yang ingin berbagi terhadap sesama. Selain itu, komunitas ini juga untuk memudahkan melakukan pendataan dan koneksi bagi sukarelawan yang bersedia melakukan donor apheresis maupun donor whole blood. Pendonoran ini tidak hanya diperuntukkan bagi adik-adik pejuang kanker saja, melainkan juga bagi seluruh pasien yang membutuhkan.

Visi dan Misi Komunitas Pendonor Apheresis Medan :

Visi : membantu para pejuang kanker khususnya dan para pasien kurang mampu yang membutuhkan secara SUKARELA

Misi : 

1. Mengumpulkan relawan-relawan untuk bersedia menjadi pendonor siaga untuk adik-adik pejuang kanker.

2. Menjadi sarana/jembatan penghubung antara pendonor dan pasien kanker.

3. Memberi dukungan moril dan materiil bagi adik-adik pejuang kanker.

Komunitas Pendonor Apheresis Medan ini tidak memiliki struktur kepengurusan, bagi mereka komunitas ini keluarga kedua di hidup mereka. ”Karena kami ingin menciptakan kehangatan saling berbagi kak,”  ungkap Famita Destyana Utari, selaku penggagas dari Komunitas Pendonor Apheresis Medan.

Saat ini Komunitas Pendonor Apheresis Medan sudah memiliki 450 anggota dan pendonor siaga sekitar 200 orang. Tidak ada jadwal rutin untuk melakukan donor darah, hanya saja mereka akan siap sedia ketika adik-adik pejuang kanker membutuhkan transfusi darah. Aktifitas donor darah biasanya dilakukan langsung ke RS. Adam Malik Medan, dimana para pendonor dapat langsung bertemu dengan para pasien. 

Famita mengungkapkan juga bahwa tidak ada jadwal rutin mereka berkumpul, hanya saja setiap kali mereka kangen sama adik-adik, biasanya mereka langsung main ke RS. Adam Malik Medan. Namun, Famita mengakui kalau setiap minggunya mereka pasti ada kunjungan ke rumah sakit, dan itu biasa dilakukan pada akhir pekan.

Apa itu apheresis?

Aferesis adalah donor trombosit (keping darah). Trombosit adalah salah satu komponen darah yakni keping-keping darah atau sel pembekuan darah. Fungsi trombosit yaitu :

1. Trombosit memiliki fungsi utama membekukan darah sehingga tidak banyak darah yang terbuang percuma saat terjadi pendarahan.

2. Trombosit mudah pecah dan akan mengeluarkan enzim trombosit atau tromboplastin. Enzim ini berperan dalam proses pembekuan darah. Trombosit juga berfungsi untuk mendorong respon daya tahan tubuh. Dengan kata lain, trombosit juga berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh.

3. Pada saat terjadi luka, maka trombosit berkumpul pada luka dan membeku sehingga luka akan tertutup. Kemudian, trombosit tersebut mengarahkan bakteri ke limpa. Selanjutnya, bakteri tersebut ‘dikepung’ oleh sel-sel dendritik yang berfungsi sebagai sel daya tahan tubuh. Maka respon daya tahan tubuh itulah yang menghabisi bakteri

Mengapa harus donor trombosit (apheresis)?

Anak-anak penderita kanker umumnya hanya membutuhkan donor trombosit daripada donor darah biasa (full blood) seperti yang biasa lakukan banyak orang. Jadi ketika kita menyumbang darah biasa (full blood) sebagian komponen darah lainnya akan terbuang. Dan hal ini sangat kurang efektif. Selain mubajir, butuh banyak kantong darah karena perlu hingga 10 kantung darah biasa untuk mnghasilkan 1 kantong trombosit. 

Itu Artinya, kalau DONOR DARAH BIASA butuh 10 kantung darah (10 PENDONOR) untuk menghasilkan 1 kantong trombosit dan hanya bisa menolong 1 PENDERITA KANKER sedangkan melalui AFERESIS, satu PENDONOR bisa langsung menghasilkan 1-3 kantung trombosit dan bisa menolong (1-2 PENDERITA KANKER).

Dan lebih tidak efektifnya lagi donor darah biasa (Full Blood) hanya bisa dilakukan lagi setelah 3 bulan dari masa donor sebelumnya. Sedangkan Aferesis bisa dilakukan 2 minggu setelah donor aferesis yang sebelumnya  karena jumlah trombosit akan pulih kembali 100% dalam waktu 2×24 jam.

Siapa yang memerlukan trombo apheresis?

Pasien yg terganggu sistem pembekuan darahnya karena sering mendapatkan pengobatan dengan radiasi, kemoterapi/cangkok stem cell, leukemia, kanker, kelainan darah serta Demam Berdarah Dengue (DBD).

Berikut beberapa kenangan dan kegiatan yang mereka lakukan :

Komunitas Pendonor Apheresis Medan

Alm. Audrey Fajrin (kiri) dan alm. Aqila (tengah) yang baru saja pergi Ramadhan lalu.

Komunitas Pendonor Apheresis Medan

Salman Al Farisi (4 tahun, retinoblastoma), pejuang tertangguh yang hampir tiga tahun berjuang bersama retinoblastoma (kanker mata). Salman juga idola para seluruh relawan sebab ia bijak dan semangat.

Beberapa Relawan Siaga

Kita satu keluarga besar, saling menyemangati, dan saling menginspirasi. Bagi relawan, kebersamaan dengan adik-adik pejuang kanker memberikan banyak hal, arti rasa syukur, kesabaran dan ketangguhan. Semoga kebersamaan ini selamanya. Terima kasih Tuhan mempertemukan kami semua. Yuk! bergabung para relawan baru dan tidak ada syarat untuk anda bisa berbagi dengan para adik-adik pejuang kanker.

Contact :

Phone : 0857 6391 1118 (Mita) / 0813 6193 0081 (Heru)

FB : Komunitas Pendonor Aferesis Medan

Email : apheresiscommunity@gmail.com

Website : www.apheresiscommunity.wix.com/apheresiscommunity 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *