10 Kebiasaan Makan Sehat

  • Whatsapp

Makan makanan yang sehat sangat penting, bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi untuk menjaga kesehatan tubuh. Penelitian menunjukkan, pola makan yang sehat mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi. 

10 Kebiasaan Makan Sehat

Read More

10 Kebiasaan Makan Sehat

Makan sehat juga menyediakan lebih banyak bahan bakar untuk tubuh Anda, mengurangi resiko terkena kekurangan vitamin atau mineral.

Kunyah dengan seksama

Mengunyah makanan Anda secara menyeluruh memberikan tubuh Anda kesempatan untuk bersiap menerima makanan, mengurangi jumlah udara yang mungkin ikut masuk saat Anda menelan dan memberi waktu bagi  otak Anda untuk mengenali bahwa tubuh Anda sudah kenyang.

Ambil porsi kecil

Mengambil dalam porsi kecil akan membuat tubuh Anda memiliki waktu untuk mencerna kebutuhan akan makanan.  Ini juga akan mengurangi godaan atau tekanan untuk makan berlebihan hanya karena sayang membuang makanan.

Mintalah ‘Doggy Bag’

Saat makan direstoran, jangan memaksakan diri untuk menghabiskan semua makanan yang Anda pesan. Jika Anda tidak lapar lagi, lebih baik berbagi makanan dengan teman atau membawanya pulang untuk sisa hari berikutnya.

Makan Cukup

Anda membutuhkan kalori dan nutrisi bahkan disaat diet. Jika Anda mengalami diet yoyo, tubuh bukan hanya kesulitan mencerna makanan tetapi juga membuat Anda kekurangang vitamin atau mineral. Tubuh Anda mungkin benar-benar mengurangi tingkat metabolisme untuk bertahan hidup, sehingga sulit bagi Anda untuk menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

Manjakan Diri

Memanjakan diri Anda sesekali dengan makanan yang Anda sukai, patut dicoba. Setelah Anda berdiet dengan benar, sesekali Anda harus memanjakan diri dengan hadiah yang luar biasa bagi diri. Memakan makanan yang manis boleh saja, asalkan dalam kapasitas yang seharusnya dan tidak berlebihan.

Minimalisir Konsumsi Lemak

Setiap gram lemak mengandung Sembilan kalori , dua kali lebih banyak dari kalori yang dihasilkan oleh satu gram protein atau karbohidrat. Itulah alasan yang baik untuk memotong lemak sebanyak mungkin dalam menu Anda.

Pengganti Dari Pada Menghilangkan

Diet sehat tidak harus merasa seperti hukuman penjara. Alih-alih menghilangkan semua makanan favorit Anda, menemukan cara untuk membuat mereka lebih sehat adalah yang paling baik. Misalnya menambahkan sayuran ke dalam hidangan macaroni keju kesukaan Anda, menggunakan sedikit mentega dan menggunakan keju yang lebih ringan.

Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan cenderung tinggi kalori, mengandung pengawet dan rendah nutrisi. Lebih baik membuat sendiri makanan olahan Anda dan menggantinya dengan bahan-bahan yang baik.

Fokus

Anda mungkin harus multitasking dalam pekerjaan Anda, namun tidak Anda mungkin harus multi-tugas untuk melewati hari, tapi membuat makan aktivitas tunggal-tasking. Sebagai Pusat Pengendalian Penyakit dan Pencegahan titik keluar dalam artikel “Ukuran porsi,” itu mudah untuk makan berlebihan tanpa disadari jika Anda berfokus pada sesuatu yang lain. Matikan televisi, meletakkan buku Anda, dan fokus pada menikmati setiap makanan ringan atau makan.

Ngemil

Ahli rekomendasi tentang seberapa banyak makanan yang harus Anda makan sepanjang hari bervariasi. Tapi jika Anda benar-benar lapar – bukan hanya mengalami keinginan makanan – tubuh Anda membutuhkan bahan bakar. Membiarkan diri Anda camilan sehat di antara waktu makan, seperti pre-cut sayuran atau buah, bisa membantu Anda melalui hari merasa puas. Anda akan cenderung untuk mengambil camilan yang tidak sehat atau makan berlebihan saat makan berikutnya putus asa belaka. (anggraini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *