Cara Sehat Ala Dr. Oz

  • Whatsapp

Cara Sehat Ala Dr. Oz – Siapa yang tidak kenal dengan program Dr. Oz? Dokter yang terkenal di seluruh dunia ini mampu menjelaskan masalah kesehatan dengan cara yang mudah. 

Dr. Oz adalah dokter bedah jantung asal Amerika Serikat keturunan turki, pembawa acara dan juga seorang penulis.

Read More

Beberapa penjelasan pada artikel kesehatan Cara Sehat Ala Dr. Oz berikut ini sangat bermanfaat seputar cara hidup sehat, pengetahuan penyakit, dan pengobatan alternatif dari alam. Untuk selanjutnya Cerita Medan memberikan beberapa langkah sehat  ala Dr. Oz. Tentunya mudah untuk diikuti siapapun.

Cara Sehat Ala Dr. Oz

Tertawalah! 

Tertawa tidak hanya meredakan stres,  mempererat ikatan sosial, dan menurunkan tekanan darah, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda.  Jadi mulai sekarang , jangan lupakan humor dalam kehidupan Anda. 

Sarapanlah! 

Sarapan bukan sekedar makan lho. Makan kaya serat  di pagi hari berarti Anda akan mengurangi kelaparan sepanjang hari. Sarapan juga akan menjaga metabolisme Anda lebih aktif sepanjang hari. 

Cukup Tidur

Tidur selama tujuh jam di malam hari akan membantu Anda hidup lebih lama, karena tidur cukup membantu menurunkan kadar stres, mempertajam memori  dan memperlancar metabolisme tubuh. 

Perhatikan BAB Anda 

Terkadang kita tidak pernah melihat bahkan kerap jijik melihat BAB kita. Tapi ternyata, kesehatan usus Anda bisa dilihat dari kotoran yang dikeluarkannya. BAB yang baik itu haruslah berbentuk S dan halus sebagaimana bentuk usus besar kita. Jika terlalu kental dan berbentuk seperti kelereng, itu tandanya Anda sembelit. Sebaliknya jika terlalu encer, Anda tentu tahu bahwa ada masalah dalam usus Anda.

Jangan Anggap Sepele Sakit Pinggang 

Saat membungkuk pinggang Anda  terasa sakit. Biasanya Anda akan segera merebahkan badan dan beristirahat. Padahal berdasarkan penelitian terbaru, istirahat malah akan melemahkan otot, membuat yang buruk menjadi lebih buruk. Pria menikah mungkin akan lebih menderita dibandingkan yang tidak menikah, karena banyak yang memanjakannya.Solusi terbaiknya adalah bangun, minum pereda nyeri dan beraksi.

Makan Makanan Aneka Warna 

Makanan yang berwarna terang, bukan sekedar enak dipandang tetapi juga mengandung flavonoid dan karotenoid, senyawa kuat yang mengikat radikal bebas yang merusak dalam tubuh Anda, menurunkan peradangan. Makan sembilan segenggam buah-buahan dan sayuran berwarna setiap hari dan Anda akan menuai keuntungan. 

Sikat Gigi Saja Tidak Cukup 

Jika Anda berencana untuk tetap dapat menikmati makanan kesukaan Anda lebih lama, mungkin Anda harus segera berinvestasi pada benang gigi (dental floss). Tidak peduli seberapa lama dan menyeluruhnya Anda menyikat gigi, itu semua tidaklah cukup. Menyikat gigi yang terlalu lama malah akan mengikis kandungan permukaan gigi. Sementara jika Anda mengabaikan benang, malah akan lebih berbahaya. Bakteri yang berlama-lama di dalam mulut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tarik Napas Panjang 

Lakukan ini di mana saja, kapan saja.  Menghisap udara melalui hidung sampai paru-paru penuh, lalu menghembuskannya keluar secara perlahan. Udara yang dihirup akan mengisi pembuluh darah dengan oksida nitrat, bahan kimia yang ditemukan di bagian belakang hidung Anda yang membuka pembuluh darah. Dosis oksigen akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih waspada.  

Bergabung dengan Yoga Kelas 

Yoga menekan stres, menurunkan tekanan darah, memperlambat detak jantung, dan meningkatkan fleksibilitas. Dan tidak ada yang mistis tentang hal itu. Mengendur otot Anda akan membuat mereka lebih mudah beradaptasi, sehingga Anda akan memperkecil kemungkinan Anda terluka saat berolahraga. Tentu, beberapa pose mungkin terlihat konyol, tapi itu untuk alasan Anda akan belajar cukup cepat. Yoga dapat mencapai otot-otot yang diabaikan selama olahraga rutin dan kehidupan sehari-hari bekerja. 

Berbagilah

Pernah bertanya-tanya mengapa wanita hidup lebih lama daripada pria? Salah satu alasan utamanya adalaha, wanita selalu membentuk jaringan dan saling berbagi mengenai masalah yang dialaminya. Jika Anda menghadapi tekanan hidup sendirian, Anda akan membuat diri Anda lebih tua. Dengan cinta dan dukungan orang lain, bahwa penuaan batin dapat dikurangi. Jangan lupa untuk menjangkau teman-teman Anda ketika Anda membutuhkannya. 

Hindari Diet Berlebihan

Rahasia untuk menurunkan berat badan bukanlah menghindari karbohidrat, lemak, makanan kuning, makanan padat, atau makanan yang dimulai dengan huruf G. Trik sebenarnya adalah untuk menurunkan asupan harian Anda dengan sekitar 100 kalori. Pembatasan kalori telah membuktikan dapat memperpanjang hidup (pada tikus dan monyet). 

Jadilah Pasien Cerdas 

Dokter Anda dapat membantu Anda tetap dalam kesehatan yang baik, tetapi tanggung jawab akhirnya jatuh pada Anda. Mencari pendapat kedua sebelum menjalani prosedur apapun adalah yang perlu dilakukan. Karena berdasarkan penelitian,pendapat kedua 30 persen dapat mengubah diagnosis dan rencana.

Kecilkan Ukuran Perut

Ambil meteran dan lingkarkan pada perut Anda. Angka lingkar perut Anda itu haruslah kurang dari setengah dari tinggi badan Anda. Bayangkan-Anda akan dapat  menghindari serang jantung dan diabetes  serta mengenakan bikini Anda dengan menjaga lingkar perut Anda.

Go Green 

Mengonsumsi teh hijau tiga kali sehari dapay mengurangi kemungkinan terkena kanker. Ini dikarenakan kandungan polifenol dalam teh hijau lebih tinggi daripada yang dikandung teh hitam. (polifenol akan hilang saat teh difermentasi). Teh hijau juga menghasilkan peningkatan kewaspadaan, teh hijau bahkan dapat melawan ketombe, meskipun hanya jika Anda tuangkan langsung ke kulit kepala Anda.

Berkeringatlah

Aktifitas mengeluarkan keringat satu jam saja dalam satu minggu, Anda akan dapat mengurangi risiko serangan jantung, suasana hati yang lebih baik, dan menurunkan tekanan darah. Otot-otot Anda akan menjadi lebih efisien, sehingga Anda akan memiliki lebih banyak stamina untuk kegiatan yang lebih menyenangkan sampai keringat. 

Menabunglah

Uang bagi kebanyakan orang menjadi pemicu stres. Biasanya karena ketidakmampuan finansial. Stres  Stres tidak hanya memperpendek umur, juga mendorong orang untuk kebiasaan seperti merokok, minum, atau makan sebanyak-banyaknya. Simpan uang di rekening bank khusus, aman dari nafsu Anda untuk menghabiskannya dan Anda akan membangun zona kenyamanan emosional  yang bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Bercintalah Sesering Mungkin 

Seorang wanita berusia 50 tahun yang melakukan aktifitas seksual sebanyak 700 kali setahun, akan mengurangi stres dan membuatnya merasa lebih muda. Seks yang sehat akan membuat tubuh menjadi lebih bugar. 

Dapatkan angka terbaik Anda 

Apakah ingatan Anda masih bisa mengingat nomor telepon salon kecantikan Anda? Atau berapakah angka tanda-tanda vital Anda? Ini termasuk tekanan darah (yang idealnya harus di bawah 115 /75), kolesterol LDL (di bawah 100), denyut jantung istirahat (di bawah 70), dan gula darah puasa (di bawah 100). Jika angka anda tidak ideal, Anda harus mengubah diet Anda sampai angka-angka tersebut menjadi stabil. 

Lakukan Latihan Beban

Hanya 30 menit dua kali seminggu  melakukan latihan beban, dapat membangun massa otot yang signifikan. Cobalah untuk mengangkat beban perlahan lalu ditingkatkan hingga dua kali berat tubuh Anda.Pelatih pribadi Oprah,  Bob Greene, menunjukkan  mengangkat beban seberat dua kali berat tubuh Anda akan membuat Anda berpikir dua kali sebelum menyantap donat. 

Konsumsi Kacang-Kacangan 

Kacang adalah salah satu sumber terbaik lemak sehat dan protein. Kacang-kacangan mengandung omega 3 yang dapat meningkatkan kekuatan otak Anda. Makan segenggam kacang sebelum makan makanan berat akan membuat Anda mengurangi hingga setengah dari ukuran makan Anda.

Menarilah 

Teka-teki silang dan permainan kartu bukan satu-satunya cara untuk menjaga kemampuan otak Anda. Ternyata  setiap jenis menari dengan gerakan kompleks mampu merangsang neuron Anda lebih aktif. Bahkan gerakan sederhana pun dapat  memberikan efek yang sama dengan menari yang berat. So let’s dance! 

Belajar Masak 

Apakah Anda tahu berapa banyak mentega yang dimasukkan ke dalam kentang tumbuk pesanan Anda di restoran. Anda mungkin bisa mengurangi setengah mentega yang bisa dimasukkan ke dalam kentang tumbuk, jika Anda memasaknya sendiri. Memasak sendiri makanan Anda bukan hanya lebih hemat tetapi juga dapat membuat Anda mengontrol apa saja yang akan Anda konsumsi. 

Konsumsi Suplemen Yang Pas

Kehidupan modern membuat kita  lebih memilih berada di dalam ruangan dengan segala fasilitas yang Anda ketimbang di luar ruang. Akibatnya kita akan kekurangan vitamin D yang diberikan oleh matahari. Vitamin penting ini dapat membantu dalam melawan kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Konsumsi vitamin D sebesar  1.000 IU setiap pagi adalah keharusan bagi Anda.

Baca Juga : Gaya Hidup Sehat Bagi Yang Suka di Depan Komputer

Demikianlah artikel mengenai Cara Sehat Ala Dr. Oz, semoga para pembaca portal Cerita Medan dapat menjadikan informasi diatas sebagai bacaan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *