1st Anniversary Toyota Avanza Club Indonesia

  • Whatsapp

1st Anniversary Toyota Avanza Club Indonesia – Driving with Manner. Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) adalah sebuah klub pengguna Toyota Avanza yang dideklarasikan di Jakarta pada tanggal 1 September 2013. Sebuah kesamaan visi dan misi yang dimiliki oleh 9 (sembilan ) Founders TACI merupakan pemersatu tekad yang kemudian terus berkembang diseantero Indonesia. Sampai saat ini member TACI sudah mencapai lebih dari 300 member yang tersebar dipulau Sumtera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Read More

1st Anniversary Toyota Avanza Club Indonesia


Komunitas Otomotif TACI 

TACI Medan sudah tidak hanya berfokus di Kota Medan saja melainkan sudah menjadi TACI Sumatera Utara. “Dan ini bukan chapter melainkan wilayah yang memang otoritasnya masih bergantung ke pusat,” ungkap Mardani Sirait selaku Humas di TACI Medan. Dirinya juga mengakui, kedepannya TACI pusat sudah ada berencana untuk membuat chapter di setiap regionalnya. Saat ini TACI Medan beranggotakan 15 member, yaitu dari Medan, Siantar, Balige dan Binjai. Anggota merupakan mahasiswa dan pekerja, baik anak muda, dewasa, dan dewasa atas. 


Ide awal TACI terbentuk dari beberapa Founder yang ingin memperkenalkan Avanza sebagai mobil keluarga atau Family Racing. Mobil keluarga identik dengan mobil yang sederhana tanpa ada modifikasi lebih seperti yang dimiliki komunitas otomotif pada umumnya. “Biasanyakan klub mobil itu identik dengan knalpot racing, harus diceperin, sehingga ketika mereka hanya mempunyai mobil yang benar-benar standar, mereka gak punya wadah dan merasa minder,” papar Mardani Sirait yang akrab dipanggil Dani. Oleh karena itu, TACI terbentuk untuk mewadahi para penikmat otomotif yang memiliki mobil standar keluarga, khususnya Avanza.

Dani juga menambahkan bahwa semua tipe Avanza bisa menjadi bagian dari anggota TACI, sebab klub ini memang bertujuan untuk mewadahi para penikmat otomotif yang ingin eksis dengan mobil standar yang mereka miliki, tanpa harus ada rasa minder. “Siapa yang senang kecepatan, senang audio, semua bisa gabung di TACI. Bahkan mobil standar pun tanpa ada modifikasi, bisa juga ikut gabung ke TACI,” lugas Dani.

1st Anniversary Toyota Avanza Club Indonesia1st Anniversary Toyota Avanza Club Indonesia


Disela-sela keramaian perayaan 1st Anniversary Toyota Avanza Club Indonesia (TACI), Dani memaparkan beberapa syarat untuk bisa bergabung di TACI, diantaranya: Mempunyai komitmen untuk mentaati peraturan club. Memiliki mobil Avanza tipe apapun. Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), Kartu Tanda Pengenal (KTP) dan surat lengkap kepemilikan mobil. 


Mengapa SIM dan KTP wajib? Hal ini yang membuat klub ini terlihat unik dari komunitas lainnya, sebab mereka memiliki tagline Driving with Manner. Dimana berkendara dengan mematuhi peraturan yang memang sudah menjadi ketetapan kita sebagai pengemudi. Jadi, setiap anggota TACI yang baru bergabung selalu diedukasi dan dibina untuk berkendara dengan baik dimana pun berada, baik di jalan raya maupun saat berada di komunitas.

Kegiatan TACI hampir sama dengan komunitas otomotif lainnya. Mereka memiliki jadwal kopi darat (kopdar) pada Jumat malam dengan titik kumpul di beberapa cafe yang ada di Kota Medan. Namun, Dani mengakui bahwa mereka sering melakukan kopdar di MIC Cafe, yang saat ini sebagai tempat mereka merayakan 1st Anniversary Toyota Avanza Club Indonesia (TACI).

1st Anniversary Toyota Avanza Club Indonesia

1st Anniversary Toyota Avanza Club Indonesia

1st Anniversary Toyota Avanza Club Indonesia

1st Anniversary Toyota Avanza Club Indonesia


Selain kopdar TACI juga sudah menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) dengan anak panti pada Juli silam, tepatnya bulan Ramadhan. TACI melakukan konvoi dengan titik kumpul di Kota Siantar. “Jadi anggota dari masing-masing kota berangkat sendiri, bertemu dan berkumpul di Islamic Center yang berada di Siantar. Di sana kami berbagi sendal dan sepatu kepada anak-anak panti,” ungkap Dani. 


Selain itu, TACI juga pernah menggelar kegiatan Safety Riding yang disponsori oleh pihak Toyota. Dan TACI juga pernah menggelar Gathering Club dengan komunitas otomotif lainnya. Dani juga mengakui kalau TACI belum begitu aktif menggelar kegiatan selain kopdar, sebab TACI Medan baru terbentuk di Januari 2014 dan aktif di bulan Maret 2014. 


Kegiatan 1st Anniversary Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) 1 September 2014 dilakukan serentak di 10 kota yakni, Jakarta, Medan, Bandung, Palembang, Sukabumi, Lampung, Cirebon, Jogja, Surabaya dan Tegal berupa Pereayaan ini mereka gelar dengan jadwal menghitung mundur yang di mulai serentak pada pukul 20.59 WIB. Target pencapaian mereka setahun kedepan, yakni :

  • Menumbuhkembangkan rasa persaudaraan diinternal Klub 
  • Mengenalkan member TACI pada mitra kerja 
  • Memupuk rasa soliditas sebagai sebuah Klub  yang mengedepankan kualitas 

Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) merupakan klub yang berada di bawah naungan empat brand yakni, Toyota, Garda Oto, GT Radial dan ACC. Keempat brand ini memang sudah menjadi sponsor resmi dan tetap di setiap kegiatan yang dilakukan oleh TACI, dan ini memang keputusan yang dibuat oleh TACI Jakarta sehingga memudahkan mereka untuk membuat kegiatan regular. 


Dani juga menyampaikan bahwa TACI adalah komunitas otomotif yang selalu eksis di social media, karena mereka sadar bahwa mereka merupakan komunitas binaan dari empat brand tadi sehingga mereka berinisiatif untuk mempublikasikan segala kegiatan melalui social media, baik Facebook maupun Twitter. “Yah begitulah bentuk feedback yang bisa kami berikan kepada mereka, sebabkan kami juga mendapat benefit juga. Jadi semacam promosi juga sih untuk mereka,” jelas Dani.


Selain itu, Dani juga mengakui kalau mereka aktif di forum yahoo. Setiap informasi dan perkembangan TACI selalu mereka bagi di sana sehingga seluruh TACI yang berada di 10 kota tadi saling terkoneksi. Dan melalui forum ini juga TACI Medan selalu mendapatkan informasi mengenai penambahan anggota baru. “Hampir setiap hari Sabtu, ada saja penambahan anggota. Dan keanggotaan TACI secara nasional sudah lebih dari 300 orang,” ungkap Dani lagi.

TACI juga mencoba menawarkan sebuah konsep baru sebuah club yakni memberikan benefit bagi member serta berguna bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, di ulang tahun pertamanya ini TACI mencoba untuk terus meningkatkan silaturahmi di internal mereka, serta menapak tilas tujuan dari pembentukan TACI itu sendiri. Dengan demikian harapan kedepannya TACI tumbuh menjadi sebuah komunitas otomotif yang solid dan kental dengan persaudaraan.

Contact :

Twitter : @AvanzaClub_ID

Yahoo : avanzaclub_id@yahoogroups.com

Facebook : avanzaclub.id

Website : www.taci.or.id

Sekian informasi mengenai 1st Anniversary Toyota Avanza Club Indonesia, semoga bisa menjadi informasi bagi Anda para pembcara Cerita Medan dimanapun berada.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *