Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

  • Whatsapp

Tips Mendaki Gunung untuk PemulaMountaineering atau dikenal dengan aktivitas mendaki gunung, olahraga fisik bagi pecinta alam yang biasanya banyak melakukannya. Selain menjadi kegiatan dalam mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan menikmati keindahan alam yang tersaji di depan mata, kegiatan ini juga sebagai salah satu wahana melatih fisik. Mendaki gunung memang sebuah aktivitas fisik yang memerlukan fisik prima sebelum memulainya. Jalan terjal dan terus menanjak yang akan dilalui, sudah pasti memerlukan ketahanan tubuh normal. 

Perlu skill khusus agar bisa sukses melakukan pendakian. Kemampuan fisik itu dapat kita dapatkan dengan banyak berlatih dengan mendaki gunung-gunung yang ada. Jika kondisi fisik yang lemah dan tidak memiliki skill mumpuni, bisa jadi aktivitas untuk refreshing ini berujung dengan hilangnya nyawa. Meskipun terlihat mengerikan, bukan berarti aktivitas mountaineering itu sulit dilakukan. Mereka yang sudah memiliki jam terbang tinggi dalam menaklukkan ketinggian sebuah gunung, pastinya dimulai dari bawah juga. Jadi mereka yang sudah senior itu, pasti dulunya pernah menjadi seorang junior.

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Cara Mudah Mendaki Gunung

Bagi kamu yang ingin mencoba aktivitas mendaki gunung, yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan, perlu sebuah latihan dan persiapan matang. Nah, agar memudahkan kamu mempersiapkan segalanya, di bawah ini sudah kami rangkum beberapa tips cara mudah mendaki gunung untuk pemula.

Tips pertama, rencakanan pendakianmu. Karena berpengaruh dengan beberapa urusan di belakangnya, rencakanan kapan, di mana dan berapa lama waktu untuk kegiatan pendakianmu. Perkirakan juga kondisi cuaca yang memungkinkan untuk mendaki. Sebagai permulaan, pilihlah gunung yang tidak terlalu tinggi. Sebagai permulaan, jangan terlalu berambisi untuk bisa mengalahkan para senior. Nikmati saja perjalanan ini agar kamu bisa mendapatkan fisik yang diinginkan. Jangan lupa juga untuk ijin ke orang tua dan pacar. Doa restu mereka perlu lho agar pendakian berjalan lancar.

Tips kedua, persiapkan fisik dan mental. Dengan jalur terjal dan terus menanjak di ketika berangkatnya, kita harus mempersiapkan fisik dan juga mental. Perjalanan itu akan terasa lebih berat karena kamu juga membawa peralatan di punggung. Jadi sebelum melakukan proses pendakian, gunakan waktu sebaik-baiknya untuk melatih fisik. Berlari bisa menjadi salah satu cara melatih kekuatan kaki. Olahraga secara rutin akan membuat otot-otot di tubuh kita terlatih. Sehingga ketika diajak mendaki, otot tidak kaget yang bisa mengakibatkan kram otot.

Tips ketiga, ajak teman yang menguasai rute pendakian. Rute pendakian tidak sama dengan jalanan yang ada di kota. Kalau sudah tersesat, bisa jadi kita akan kesulitan untuk kembali. Kalau sudah begitu nyawa bisa menjadi taruhannya. Jadi minimal ajaklah 2 temanmu yang sudah menguasai rute perjalanan agar kamu terhindar dari kemungkinan tersesat.

Tips keempat bawahlah perlangkapan lengkap tapi secukupnya. Karena kita tidak akan menemukan toko atau warung makan di atas, maka kita harus membawa perlengkapan sendiri sebelum mendaki. Bawalah perlengkapan yang disesuaikan dengan lokasi, rute, jangka waktu, jumlah pendaki dan cuaca yang akan dihadapi. Setelah semuanya lengkap, tatalah dengan baik perlengkapan itu di dalam tas. Agar tidak memberatkan, letakkan barang-barang ringan di bagian bawah dan barang-barang berat di bagian atas. Dengan teknik ini maka beban tas akan berada di pundak. Sehingga kita tidak mudah lelah. Jangan lupa membungkus baju dengan plastik agar tidak basah. Letakkan juga jas hujan di bagain atas sehingga jika hujan melanda kita dapat mengamankan diri dengan cepat. 

Tips terakhir, sebelum mendaki laporlah ke pos pendakian. Selain meminta ijin ke orang tua dan pacar, laporan ke pos penjagaan itu penting. Dengan melaporkan diri di pos pendakian, maka jika terjadi apa-apa, bisa ditangani dengan cepat. Ketika selesai pendakian jangan lupa untuk melaporkan diri sebagai bukti bahwa kamu sudah turun dengan selamat.

Demikianlah artikel mengenai Tips Mendaki Gunung untuk Pemula, semoga dapat menjadi informasi berguna bagi Anda para pembaca Cerita Medan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *