Membeli Oleh-Oleh di Pasar Bengkel

  • Whatsapp

Membeli Oleh-Oleh di Pasar Bengkel merupakan tempat wisata kuliner sebagai Pusat Oleh-oleh di Serdang Bedagai. Ciri khas berkunjung ke suatu tempat, selain mengunjungi tempat-tempat wisatanya, memborong oleh-oleh adalah suatu hal yang tidak boleh dilupakan. Oleh-oleh inilah yang menjadi buah tangan ataupun kenang-kenangan dari tempat yang kita kunjungi. Kalau pulang ke kota asal tanpa membeli oleh-oleh, sudah pasti rasanya ada yang kurang. Selain foto dan cerita, harus ada bukti fisik kedatangan kita ke sana, itulah anggapan banyak orang jika kita berkunjung ke suatu tempat.

Pasar Bengkel

Read More

Pasar Bengkel, Pusat Oleh-oleh di Serdang Bedagai

Kalau kamu sedang pergi ke Serdang Bedagai, salah satu daerah di Sumatera Utara, jangan lupa mampir ke Pasar Bengkel. Jangan tertipu dengan namanya ya. Memang jika dimaknai dari nama pasarnya, tergambar sebuah pasar yang dipenuhi dengan bengkel motor atau mobil dan toko-toko perlengkapan kendaraan. Jauh dari nama pasar ini, ternyata Pasar Bengkel merupakan sebuah tempat berkumpulnya para pedagang yang menjajakan oleh-oleh khas dari kabupaten Serdang Bedagai. 

Pasar Bengkel ini terletak di kawasan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Posisi tepatnya berada di desa Bengkel, kabupaten Perbaungan, kabupatena Serdang Bedagai, propinsi Sumatera Utara. Jadi nama pasar itu ternyata diambil dari nama desanya. Sedangkan nama Bengkel itu ternyata diambil dari sejarah masa lalu. Di tempat ini ternyata dulunya tumbuh pesat usaha perbengkelan. Karena lokasinya yang begitu strategis, maka usaha yang dirintis di sana mengalami kemajuan pesat. Lokasi ini menjadi begitu maju karena dulunya menjadi tempat berkumpulnya orang-orang sebelum pergi menuju kota Perbaungan. Walaupun usaha bengkel itu lambat laun menghilang, tapi karena sudah dikenal sejak lama, akhirnya nama itu tetap bertahan hingga sekarang.Lokasi pasar ini tidak terlalu jauh dari kota Medan. Hanya membutuhkan perjalanan selama satu jam, kita sudah bisa sampai di pusat oleh-oleh terkenal ini. 

Pasar Bengkel menjual berbagai macam oleh-oleh khas dari Serdang Bedagai. salah satu oleh-oleh khas dari kabupaten ini adalah dodol. Bahkan hampir semua pedagang di pasar ini menjual dodol selain beberapa oleh-oleh lainnya. Maka beberapa orang mengatakan tempat ini sebagai Pasar Dodol karena oleh-oleh yang dijual mayoritas adalah dodol. Selain dodol, kita juga bisa menemukan oleh-oleh lain seperti kerupuk, aneka keripik, beberapa minuman khas dan jajanan lainnya. 

Masuk ke pasar Bengkel, kita akan menjumpai begitu banyak kios. Kios-kios itu hampir semua dagangan yang dijual sama antara satu kios dengan kios lainnya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, oleh-oleh yang dijual adalah dodol, aneka keripik, kerupuk dan beberapa jajanan lainnya. Dodol menjadi idola di tempat ini. Maka tak heran jika banyak sekali dodol yang dijajakan kepada para pembeli.

Meskipun dodol dapat ditemukan di berbagai daerah, dodol khas Serdang Bedagai ini memiliki perbedaan. Rasa adalah salah satu hal yang membedakan. Meskipun terlihat sama, rasa menjadi pembeda yang tidak dapat dipalsukan. 

Dodol yang dijajakan di Pasar Bengkel juga memiliki varian rasa yang bermacam-macam. Sama halnya dengan yang dapat kita jumpai di lokasi wisata lainnya. Varian rasa dodol itu adalah rasa original, rasa kacang, rasa pandan, rasa vanilla dan rasadurian. Dodol dengan rasa kacang dan durian inilah yang jarang ditemui di daerah lain. Durian sebagai salah satu buah yang tumbuh subur di sana, mampu diolah menjadi makanan lain yang tentunya telah menjadi ciri khas dari kabupaten Serdang Bedagai. Jadi kalau sedang mampir di kota ini, jangan lupa berkunjung ke Pasar Bengkel untuk mendapatkan oleh-oleh dodol khas Serdang Bedagai.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *